Pengertian Sidebar dan Jenis Sidebar Terbaik untuk Website

Pengertian Sidebar dan Jenis Sidebar Terbaik untuk Website

Ada yang tahu komponen penting saat akan membuat membuat website apa saja? Salah satu komponen pentingnya adalah sidebar. Memang tak wajib ada sih di setiap website namun jika bisa memanfaatkan dengan optimal, bisa sangat membantu meningkatkan nilai website. Tak usah lama-lama, ketahui detailnya yuk tentang apa itu sidebar!

Pengertian Sidebar

Sidebar website adalah sebuah kolom atau area yang berada di kanan atau atau kiri konten utama. Elemen tersebut bisa terdiri dari menu utama, widget, hingga navigasi ke halaman lain. Jadi, tidak hanya sebatas informasi pendukung, ya.

Seiring dengan perkembangan trend web design, peletakkan sidebar juga bervariasi, bisa di sisi kiri atau kanan website, bergantung dari desain dan fungsionalitasnya. 

4 Manfaat Sidebar untuk Website

Ada beberapa manfaat sidebar untuk website kalian:

1. Meningkatkan engagement

Manfaat pertama adalah meningkatkan engagement. Sidebar merupakan salah satu area yang cukup menonjol pada situs makanya kalian bisa menavigasikannya ke halaman lain atau menyisipkan link sosial media.

2. Merapikan tampilan website

Jika situs kalian penuh dengan konten, tentu tidak mungkin menampilkan semua postingan pada satu halaman, kan? Sidebar dapat membantu mengelompokkan konten, seperti related posts, kolom pencarian, dan sebagainya sehingga tampilan web akan lebih rapi.

3. Meningkatkan konversi

Di sidebar, kalian dapat membuat banyak hal, seperti call-to-action, form subscribe, dan lain-lain. Dengan begitu, pengunjung akan terarahkan dan konversi website akan naik.

4. Mengoptimalkan ruang promosi

Sidebar juga bisa sebagai salah satu ruang untuk promosi, loh. Tampilkan postingan terbaru kalian, konten terbaik, atau channel sosial media yang kalian miliki. Jika kalian punya promosi menarik atau event yang akan diselenggarakan, tampilkan saja. 

Jenis-Jenis Sidebar Website

Berikut ada beberapa jenis sidebar website yang bisa kalian buat pada situs kalian.

Profil Pemilik Website

Pada jenis sidebar ini, kalian bisa memasukkan informasi berupa sekilas tentang diri kalian, keahlian, serta menjelaskan tentang apa yang akan dibagikan pada web.

Dengan adanya sidebar, profil author dapat menjadi media untuk lebih mendekatkan diri pada audiens sehingga mereka juga dapat merasa lebih akrab dengan kalian Jenis tersebut cocok digunakan pada web atau blog pribadi serta website portfolio.

Rekomendasi plugin profile: Simple Author Box, Molongui Author Box, dan sebagainya.

Breadcrumb merupakan elemen website untuk menunjukkan lokasi halaman web yang sedang dikunjungi pembaca saat itu. Jika ingin menampilkan elemen seperti itu, kalian bisa menambahkan pada sidebar.

Dikarenakan kolom sidebar pada kanan dan kiri konten termasuk yang mudah dilihat oleh audiens sehingga dengan adanya breadcrumb ini, mereka akan tahu saat ini sedang berada di halaman apa.

Rekomendasi plugin breadcrumb: Breadcrumb NavXT, Flexy Breadcrumb, dan lain-lain.

Testimoni Pelanggan

Testimoni atau review dari pelanggan merupakan hal penting bagi sebuah bisnis. Apabila website kalian merupakan website bisnis yang menjual produk, kalian bisa tambahkan hasil testimoni dari pelanggan.

pengertian sidebar

Nah, nantinya kalian bisa menambahkan informasi lain ya untuk lebih meyakinkan calon pelanggan, seperti nama pelanggan, gambar profil atau media sosial mereka.

Rekomendasi plugin testimoni: Strong Testimonials, Real Testimonials, dan sebagainya.

Filter Produk

Ketika pelanggan sedang mencari produk, mereka tentu ingin mencari produk yang sedang dibutuhkan dengan mudah. Demi kemudahan pelanggan, kalian bisa menambahkan sidebar berupa filter produk pada website toko online kalian.

pengertian sidebar

Pada filter produk, kalian bisa memasukkan beberapa jenis filter, seperti kategori produk, warna, harga, hingga ukuran.

Rekomendasi plugin filter produk: WOOF – Products Filter for WooCommerce, YITH WooCommerce Ajax Product Filter, dan lain-lain.

Shopping Cart

Jika kalian ingin pelanggan lebih cepat melakukan transaksi produk pada website, kalian bisa menambahkan sidebar website shopping cart.

shopping cart

Pada sidebar tersebut, kalian dapat menampilkan ikon keranjang yang berisi jumlah item yang sudah dipilih mereka. Oia, alasan kenapa harus diletakkan pada kolom sidebar adalah karena kolom kanan dan kiri website sering dilihat oleh pelanggan.

Rekomendasi plugin shopping cart: WooCommerce Cart Abandonment Recovery, Ecwid Ecommerce Shopping Cart, dan sebagainya.

Akun Media Sosial

Biarkan audiens tetap terhubung dengan kalian melalui sosial media, yuk. Jadi tidak berakhir pada website kalian saja. Ini merupakan salah satu ajang untuk promosi channel Youtube, akun Instagram, Facebook, atau media sosial lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu perlu mengarahkan mereka ke sana dengan bantuan sidebar media sosial atau plugin media sosial. Jika tertarik, mereka akan langsung mengklik ikon tersebut dan terhubung dengan kalian.

Rekomendasi plugin media sosial: Simple Social Icons, Easy Social Share, dan lain-lain.

Popular, Latest, Related Post

Ketika audiens berkunjung ke website kalian, tentu ingin dong ya agar mereka bisa betah di sana, salah satunya dengan memberikan rekomendasi konten lain yang bisa dibaca.

Nah, untuk menarik perhatian pengunjung, kalian dapat meletakkan postingan tersebut di bagian sidebar. Sidebar jenis ini juga dapat membantu meningkatkan traffic website kalian.

Rekomendasi plugin: WordPress Popular Posts, Recent Posts Widget Extended, dan sebagainya.

Tombol Sharing

Kalian ingin konten kalian bisa dibaca oleh lebih banyak orang? Tenang, kalian bisa menambahkan fitur share berupa ikon media sosial pada sidebar. Melalui ini, apabila pengunjung berpikir bahwa konten kalian bermanfaat, mereka bisa membagikannya melalui media sosial.

tombol sharing

Tampilannya mirip seperti ikon media sosial tapi bedanya adalah tombol sharing ini mengizinkan pengunjung untuk langsung membagikan konten yang sedang dilihat ke sosial media mereka masing-masing, misal lewat Twitter, Facebook, LinkedIn, atau yang lain.

Rekomendasi plugin social share: Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons, AddToAny Share Buttons, dan sebagainya.

Progress Bar

Apakah kamu ingin memiliki website dengan tampilan full screen serta sederhana namun tetap bisa menyampaikan informasi atau pesannya? Solusinya adalag silakan gunakan progress bar. Dengan progress bar, halaman website akan terlihat lebih luas.

Progress bar bisa diletakkan di pinggir kiri atau kanan dalam bentuk dots yang merujuk ke setiap halaman. Jenis sidebar progress bar biasanya lebih cocok diterapkan pada website yang tidak terlalu kompleks, contohnya web portofolio.

Rekomendasi plugin progress bar: Reading Progress Bar, Progress Bar & Skill Bar, dan sebagainya.

Pada sebuah situs tentu ada banyak konten dan informasi untuk pembaca, misalnya konten artikel. Dengan banyaknya konten, tidak mungkin audiens akan mencari satu persatu, kan.

search box

Oleh sebab itu, untuk memudahkan mereka, kalian bisa menambahkan sidebar search box atau kolom pencarian. Search box cocok diletakkan pada sidebar karena tempatnya yang strategis dan mudah ditemukan pembaca.

Rekomendasi plugin search box: Search Box, SearchWP Live Ajax Search, dan lain-lain.

Tombol Berlangganan/Newsletter

Sidebar website terakhir yaitu untuk menambahkan tombol berlangganan atau newsletter. Setelah pembaca mengunjungi website kalian, di lain waktu tentu kalian ingin mereka datang lagi, kan?

Nah, untuk mengajak mereka agar mau kembali ke website kalian, kalian dapat menawarkan opsi berlangganan atau newsletter. Sehingga, ketika ada update terkait website atau konten, otomatis akan masuk pada email mereka.

Rekomendasi plugin newsletter: Newsletter, Subscribe 2 – Form, Email Subscribers & Newsletter, dan sebagainya.

Jadi, sidebar adalah salah satu elemen penting untuk tingkatkan nilai website kalian. Nah, dengan berbagai jenis sidebar yang sudah disampaikan, silakan kalian bisa menerapkan ke website kalian dan tentunya disesuaikan dengan jenis website kalian, ya.

Untuk menunjang performa website yang maksimal, tentu pemilihan web hosting sangat berperan penting. Sebuah website yang bagus berawal dari hosting yang berkualitas. Gunakan hosting Jetorbit yang aman dan bisa kalian nikmati mulai dari Rp 12.000an saja perbulan!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like