media-sosial-untuk-riset-kata-kunci

Media sosial menawarkan banyak data yang dapat dimanfaatkan oleh para ahli SEO, salah satunya ialah menggunakan media sosial untuk riset kata kunci. Okay, yuk baca Cara Menggunakan Media Sosial Untuk Riset Kata Kunci

Guys, kalau kalian merasa bosan menggunakan kata kunci yang sama seperti orang lain, inilah saatnya untuk menggali media sosial. Media sosial bisa menjadi sumber yang luar biasa untuk long-tail keywords dan lalu lintas yang tinggi.

Alasannya adalah rerata orang menghabiskan hampir tiga jam sehari mereka di media sosial dan platform sosial terus mengumpulkan informasi tentang apa yang kita lakukan, siapa yang kita sukai, ke mana kita pergi, dan jenis konten apa yang membuat kita mengklik.

8 Cara Menggunakan Media Sosial Untuk Riset Kata Kunci

Mari kita lihat delapan cara yang dapat kalian manfaatkan dari media sosial untuk mengungkap kata kunci untuk menginspirasi konten, menargetkan iklan PPC, atau untuk SEO.

Gunakan Opsi Penargetan Iklan Facebook Untuk Mengintip Perilaku Audiens

Jika kalian berani bilang bahwa kalian nih tahu siapa audiens target kalian, tetap ada kemungkinan yang besar bahwa kalian tidak tahu segalanya tentang mereka.

Platform sosial adalah tempat sebagian besar dari kita berbagi detail tentang kehidupan kita, pekerjaan kita, acara apa yang kita sukai, topik apa yang kita minati, dan produk apa yang kita beli.

Facebook mengumpulkan semua data itu untuk penargetan iklan. Nah, ini juga dapat digunakan untuk riset kata kunci dan menemukan topik terkait.

Dengan menggunakan opsi penargetan Facebook, kalian dapat mempelajari tentang audiens kalian:

  • Lokasi.
  • Usia.
  • Jenis kelamin.
  • Minat.
  • Status hubungan.
  • Bahasa.
  • Tingkat Pendidikan.
  • Di mana mereka bekerja.

Tips: Grup Facebook adalah sumber hebat lainnya untuk istilah-istilah kunci. Cari “topik populer” di grup industri untuk ide kata kunci, seperti halny gambar di bawah ini:

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-1

Fungsi Pencarian Twitter

Tidak seperti platform lain, yang mana konten mungkin tetap segar selama beberapa jam (atau bahkan beberapa hari), tren Twitter bergerak hampir secara real-time. Hal itu membuat Twitter ideal untuk menemukan istilah kunci tepat waktu.

Untuk menemukan topik menarik, buka bagian “explore”

Kalian akan melihat beberapa opsi dan berikan perhatian khusus pada topik “for you” dan “trending”. Ini adalah topik yang dibicarakan orang-orang di area dan industri kalian.

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-2

Satu-satunya kelemahan dari strategi ini adalah tidak berguna jika kalian belum aktif di Twitter. Namun, Twitter bisa dikatakan sebagai harta karun untuk ide topik dan long-tail keywords yang dapat digunakan dalam SEO.

Cari Tagar Instagram Untuk Menemukan Konten yang Relevan

Buka Instagram dan cari istilah kunci yang ingin kalian targetkan, lalu lihat tagar lain yang ditambahkan pengguna ke postingan.

Katakanlah kalian ingin memposting tentang konten SEO. Cari #SEO, lalu lihat hashtag yang digunakan posting terbaru.

Gambar di bawah ini merupakan contoh dari hasil jika menggunakan tagar tersebut:

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-3

Ditemukan banyak istilah long-tail dan related key yang dapat digunakan untuk pembuatan konten, penargetan SEO, bahkan iklan berbayar. Mencari setiap hashtag tersebut akan memberi kalian lebih banyak kata kunci.

Kalian juga dapat menggunakan fitur autocomplete untuk riset kata kunci.

Katakanlah kalian ingin mencari konten yang berkaitan dengan pemasaran B2B.

Instagram dengan ramah menunjukkan kepada kalian topik lain yang diminati oleh pengguna. Kalian dapat menggunakan tagar tersebut di konten Insta kalian untuk meningkatkan jangkauan kalian atau menambahkannya ke daftar istilah long-tail key kalian.

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-4

Gunakan Fungsi Pencarian YouTube Autocomplete 

YouTube ini sebenarnya adalah mesin pencari paling populer kedua (menempati peringkat ke-2 di belakang Google.)

Untuk menemukan istilah kunci terkait, ketik istilah utama dan lihat apa yang diberikan YouTube:

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-5

Ya memang, tidak semua istilah akan berguna tetapi masih merupakan sumber yang bagus untuk ide topik dan kata kunci SEO, kan.

Tren Pencarian di Pinterest

Pinterest juga dapat membantu untuk menggali long-tail keywords yang mungkin tidak kalian pikirkan sendiri.

Seperti mesin telusur lainnya, Pinterest mengembalikan hasil berdasarkan konten yang dianggap paling mungkin berinteraksi dengan pengguna.

Misalnya, pencarian [riset kata kunci] menghasilkan banyak konten tentang cara menganalisis kata kunci, menggunakan alat gratis, dan penelitian khusus untuk lalu lintas organik.

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-6

Itu semua adalah long-tail keywords yang dapat kalian targetkan untuk SEO atau pembuatan konten.

Autocomplete Pinterest memberikan lebih banyak ide dengan menyarankan penambahan pencarian ke kata kunci inti:

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-7

Dengarkan Apa Kata Influencer di Linkedin

Linkedin adalah rumah bagi lebih dari 722 juta pengguna dan juga bisa melihat level rekor keterlibatan.

Jika kalian berada di B2B, penjualan, pemasaran, atau menargetkan pembuat keputusan high-level, Linkedin harus menjadi rumah baru kalian, nih.

Ada beberapa cara menggunakan Linkedin untuk riset kata kunci, termasuk mengikuti apa yang dibicarakan oleh influencer.

Cari kata kunci lalu pilih orang untuk menemukan influencer, lalu klik See all activity di profil mereka. Ini akan menunjukkan post apapun yang mereka bagikan dalam 90 hari terakhir.

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-8

Cari tagar, ide konten, dan grup tempat mereka berinteraksi.

Seperti YouTube dan Instagram, kalian juga dapat menggunakan fitur autocomplete Linkedin untuk menemukan istilah terkait:

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-9

Gunakan BuzzSumo

BuzzSumo merupakan alat media sosial yang dirancang untuk membantu kalian untuk menemukan topik yang paling menarik, terhubung dengan influencer, dan memantau topik populer.

Alasannya adalah Buzzsumo melihat konten yang paling menarik di berbagai platform sosial, yang berarti dapat didengarkan di mana saja.

Berikut ini contoh hasil untuk ” b2b sales”

media-sosial-untuk-riset-kata-kunci-10

Coba kalian perhatikan! Itu menunjukkan konten yang paling menarik di Facebook, Twitter, Pinterest, dan Reddit.

Selain itu, kalian dapat menggunakan filter untuk mengurutkan berdasarkan lokasi, jenis konten, jumlah kata, dan reaksi mendominasi.

Jelajahi Alat Social Listening Kalian

Jika kalian sudah menggunakan social listening tool, seperti Awario dan Mention, mereka adalah sumber lain yang kuat untuk kata kunci.

Alat-alat ini melakukan yang terbaik untuk kalian dengan cara mengumpulkan semua topik utama yang dibicarakan orang di satu tempat. Ini tentunya akan menghemat waktu kalian karena kalian tidak perlu menggali beberapa alat.

Anyway, kalian juga dapat menyaring “too much” sehingga kalian dapat fokus pada kata kunci yang penting bagi merek dan industri kalian saja.

Gunakan untuk melacak nama merek kalian, mengikuti tren industri, dan menemukan influencer.

Media sosial dan pencarian memang tidak terpisah. Tentunya, media sosial bukanlah faktor peringkat langsung tetapi mereka saling melengkapi. Media sosial dapat membantu kalian agar lebih memahami topik apa yang diminati audiens kalian, apa yang mereka posting, dan di mana mereka paling aktif. Ibaratnya seperti susu dan kue, media sosial dan SEO lebih baik jika mereka bersama!

Have a good day



Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment