cara jualan online di facebook

Hi, Orbiters! Siapa nih yang berjualan di Facebook? Mudah kok caranya. Facebook saat ini juga telah menyediakan fitur marketplace lho, semacam toko online yang berisi penjual dengan berbagai produk. Tentunya, fitur ini memudahkan para pelaku bisnis online. Agar lebih memahaminya, yuk simak sampai selesai Cara Jualan Online Laris di Facebook, Mudah dan Cepat Laku

Apa Itu Facebook Marketplace?

Facebook Marketplace merupakan suatu fitur maka ia terintegrasi dengan Facebook. Maksudnya adalah tidak berupa aplikasi yang berdiri sendiri. Pada fitur tersebut, kalian bisa menjual apapuns secara online selama tidak melanggar kebijakan.

Berikut ini beberapa barang yang tidak diperbolehkan untuk dijual dalam Facebook Marketplace adalah sebagai berikut:

  • Barang fiktif: kalian tidak diperbolehkan menjual benda tanpa bersifat fiktif. Dalam artian, barang yang tidak memiliki bentuk fisik.
  • Tiket acara atau jasa: Facebook tidak memperbolehkan pengguna Marketplace-nya menjual layanan atau tiket acara. Kecuali, jika produk tersebut sudah mendapat izin dari pihak Facebook.
  • Produk yang tidak sesuai dengan gambar: untuk menjaga kredibilitas Facebook Marketplace, setiap penjual harus menjual produk sesuai dengan apa yang mereka tawarkan pada gambar tampilan.
  • Jual beli hewan: kalian tidak diperkenankan untuk menjual ataupun membeli hewan, begitu pula dengan permintaan adopsi hewan.
  • Alat kesehatan: benda-benda yang berkaitan dengan kesehatan juga tidak diperbolehkan untuk dijual dalam Facebook Marketplace.

Cara Jualan Online Laris di Facebook

Berikut ini ada beberapa penjelasan terkait cara jualan online laris di Facebook:

1. Memanfaatkan grup jual beli di Facebook

Facebook adalah platform komunitas sangat luas, cukup mudah bagi kalian untuk menemukan grup jual beli online di sana. Dalam grup tersebut, kalian bisa turut mempromosikan produk jualan agar makin banyak dikenal oleh orang banyak.

2. Memasang gambar produk yang menarik

Gambar adalah hal pertama yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Oleh karena itu, penting untuk memperlihatkan gambar menarik dan usahakan sesuai dengan realita agar tidak disebut sebagai penipu.

3. Berikan deskripsi produk dengan rinci

Agar konsumen tidak perlu banyak bertanya, berikan deskripsi produk dengan lengkap dan terperinci. Konsumen biasanya juga tidak tertarik pada produk tanpa keterangan yang jelas dan membuat mereka tidak langsung mendapat solusi.

4. Mempelajari FB Ads dan Copywriting

Layanan FB Ads perlu  dipelajari  agar para pelaku bisnis bisa mempromosikan usahanya dengan efektif. Layanan ini tidak gratis alias kalian harus membayar sesuai dengan paket yang dipilih. Untuk mengoptimalkan FB Ads, ada baiknya kalian juga mempelajari tentang copywriting.

5. Memberikan pelayanan yang baik

Selain memberikan produk dengan kualitas tinggi, kalian juga harus memaksimalkan pelayanan untuk memuaskan konsumen. Misalnya, membalas chat dengan cepat dan menanggapi keluhan mereka dengan baik.

6. Mengatur teman tertarget

Jika ingin fokus pada bisnis maka kalian bisa memanajemen perkawanan dengan memilih kawan yang memiliki minat pada produk kalian . Untuk menargetkan kawan, kalian bisa membuat semacam voting atau kuisioner.

7. Konsisten menjaga kualitas produk

Cara jualan online laris di Facebook bisa berjalan apabila kalian mampu menjaga kualitas produk. Ketika konsumen sudah menaruh kepercayaan maka jangan coba-coba untuk merubah kualitas produk, ya.

8. Melakukan riset kompetitor

Salah satu pendukung cara jualan online laris di Facebook adalah dengan melakukan riset kompetitor. Lakukan evaluasi dengan melihat apa yang mereka punya dan kalian tidak punya sehingga kalian bisa merancang strategi lebih baik ke depannya.

Cara Bergabung dengan FB Marketplace

Cara jualan online laris di Facebook Marketplace sangat mudah. Syarat utamanya, harus memiliki akun Facebook saja. Nah, berikut ini langkah memulai cara jualan online di Facebook Marketplace.

  • Login ke akun Facebook kalian.
  • Setelah masuk klik Marketplace.
  • Klik “+ Jual Sesuatu.” Kemudian muncul pilihan Jenis Tawaran. Jika produk yang kamu jual bukan kendaraan, rumah, maka pilih kategori Barang Dijual.
cara jualan online di facebook 1
cara jualan online di facebook 2
  • Klik Tambahkan Foto untuk mengunggah foto produk dari PC atau galeri ponsel. Lengkapi deskripsi produk, mulai dari nama, harga, ukuran, kondisi barang, lokasi, dan sebagainya. Di sisi kanan deskripsi terdapat kolom “Pratinjau” untuk memastikan informasi produk sudah lengkap sebelum diposting
cara jualan online di facebook 3
  • Kalian juga bisa menawarkan produk di grup atau komunitas tempat tinggal. Misalnya, Grup Jual Beli Warga Yogyakarta, Jual Beli Semarang, Jual Beli Suarabaya, dan sekitarnya. Hal ini membuat produk dilihat oleh lebih banyak orang. Jika sudah, klik Terbitkan untuk memposting produk kalian.
  • Setelah produk diposting ke Marketplace, kalian hanya perlu menunggu calon pembeli yang tertarik. Biasanya, muncul notifikasi messenger atau pop up chat di bagian bawah beranda Facebook. Pembeli akan bertanya ketersediaan barang dan metode pembayaran. Agar tidak tertipu, kalian juga bisa lho bertukar nomor WhatsApp sebelum menyetujui transaksi.
  • Apabila produk telah habis terjual, kalian dapat menghapusnya dari Marketplace. Klik Tandai Sebagai Habis lalu pilih keterangan yang mana produk tersebut habis dijual lalu klik Selanjutnya. Barang akan otomatis terhapus dan tidak bisa ditemukan oleh pengguna Facebook lagi.

Tips Berjualan di Facebook Marketplace

Kalian pasti mau dong ya barang jualan kalian dilihat oleh banyak orang di Facebook Marketplace? Okay, silakan terapkan beberapa tips di bawah ini:

1. Informasi Produk yang Lengkap

Tulis deskripsi sedetail mungkin agar tidak membingungkan calon konsumen. Mulai dari harga, warna, kondisi, stok barang, dan lain-lain. Kalian juga bisa memasukkan kata kunci di kolom deskripsi yang berhubungan dengan produk kalian. 

2. Foto Produk Asli dan Menarik

Hati-hati sebelum mengunggah foto produk. Facebook bisa mendeteksi jika gambar yang digunakan berasal dari toko lain. Kalau sudah begini, produk kalian tidak akan disetujui untuk dijual di Marketplace. Solusinya, penjual harus menggunakan foto asli. Pelajari teknik fotografi dengan HP, manfaatkan cahaya matahari atau lighting agar objek terlihat jelas. Oia, kalian dapat menambahkan sampai 10 gambar dalam 1 unggahan lho.

3. Responsif dalam membalas chat

Siap-siap membalas pesan dalam jumlah yang banyak. Calon pembeli menyukai seller yang ramah dan fast response, lho. Kuasai teknik copywriting agar mereka tertarik membeli produk kalian. Edukasi mereka dengan kualitas barang yang dijual. Apabila pesan yang masuk semakin menumpuk, silakan manfaatkan aplikasi WhatsApp Business yang memiliki fitur quick replies. Tambahkan nomor ponsel di bagian keterangan produk agar konsumen dapat langsung menghubungi kalian.

4. Tawarkan sistem COD

Facebook Marketplace tidak memfasilitasi sistem pembayaran. Oleh sebab itu, penjual dan pembeli bisa memilih metode transfer atau Cash On Delivery. Namun, terkadang pembeli ragu mentransfer uang dalam jumlah yang besar. Untuk meningkatkan rasa kepercayaan mereka, penjual dapat menawarkan metode pembayaran COD. 

5. Promosi ke Grup Jual Beli

Mulailah bergabung dengan komunitas jual beli di sekitar tempat tinggal kalian. Mempromosikan barang dagangan ke grup jual beli membantu kalian memperoleh lebih banyak calon konsumen. Perlu diingat, setiap grup memiliki aturan yang berbeda, salah satunya batasan unggahan. Jangan terlalu sering mengunggah barang dagangan dalam satu waktu ya sebab akun kalian bisa ditandai sebagai spam.

Wahh, ternyata berjualan melalui Facebook Marketplace tidak sesulit seperti yang dibayangkan, ya. Bagi kalian yang belum mencobanya nih, tertarik untuk mencobanya, kah? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho.

Stay safe and keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment