apa itu content marketing

Ada yang sedang cenat-cenut mikirin konten? Konten memang hal penting yang bisa menyampaikan informasi ke orang-orang yang melihat. Apalagi saat ini, internet makin mudah diakses sehingga content marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang terbilang ampuh. Tak usah lama-lama, simak sampai tuntas yuk Apa Itu Content Marketing, Manfaat Bagi Bisnis, dan Contohnya

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan berbagai jenis konten, baik itu gambar, video, suara, maupun tulisan. 

Konten yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran pun tak terbatas pada dunia digital saja, ya. Media konvensional seperti baliho, poster, atau brosur juga masih bisa dimanfaatkan, loh. Ingat ya, konten yang kalian sajikan harus unik! 

Salah satu contoh strategi pemasaran konten ini adalah iklan biskuit Nestle pada gambar berikut, yang mana seakan-akan para burung membawa terbang biskuit tersebut.

apa itu content marketing

Jadi, ruang untuk mengolah kreativitas kalian dengan konten sebenarnya sangat terbuka. Maka, silakan maksimalkan strategi content marketing kalian dengan strategi pemasaran konten yang bisa kalian coba.

Manfaat Content Marketing Bagi Bisnis

Singkatnya, tujuan content marketing adalah untuk mempromosikan bisnis kalian melalui konten yang dikelola dengan baik sehingga bisa meningkatkan exposure dan engagement.

Jika diuraikan, ada beberapa poin yang perlu diketahui mengenai tujuan dan manfaat content marketing.

Berikut tujuan content marketing bagi bisnis kalian:

1. Menciptakan Persona Bisnis Profesional

Bisnis yang memiliki konten yang menarik, tentu akan menciptakan kesan bahwa bisnis tersebut sungguh-sungguh serius menjalankan bisnisnya. Calon pelanggan pun bisa melihat bahwa bisnis kalian dikelola dengan baik.

Nah, pelanggan yang merasakan kesan ini saat kali pertama membaca atau menyimak konten kalian pasti akan menaruh kepercayaannya pada bisnis kalian. Mereka pun akan kembali melihat konten kalian, yang pada akhirnya bisa turut serta meningkatkan konversi.

2. Brand Akan Semakin Dikenal

Setelah pelanggan mendapatkan kesan pertama yang bagus dan menaruh kepercayaan pada bisnis kalian, mereka pun akan dengan senang hati melakukan promosi secara sukarela.

Mereka berkenan memperkenalkan bisnis kalian kepada kawan, keluarga maupun kolega, baik secara langsung dan tidak langsung. Hingga akhirnya, proses ini terjadi berulang-ulang dan bisnis kalian pun makin dikenal secara luas.

3. Menghasilkan Traffic yang Lebih Tinggi

Masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya, jika bisnis kalian semakin dikenal maka otomatis traffic yang masuk ke website pun akan meningkat. Tentu ini menjadi keuntungan sendiri bagi kalian, kan? Sebab, traffic yang tinggi tentu saja akan mendatangkan lebih banyak pemasukan.

Selain itu, kalau kalian juga menerapkan content marketing strategy melalui website atau blog, peringkatnya juga akan meningkat di Google terkait SEO.

4. Meningkatkan Angka Penjualan

Seiring dengan meningkatnya traffic ke website kalian, peluang konversi juga bertambah dong, ya. Dengan konten yang berkualitas, kalian bisa membujuk pengunjung untuk membeli produk kalian.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk memaksimalkan konten dari berbagai sisi, baik konten gambar, copywriting, maupun video di berbagai channel bisnis kalian yang bisa dijangkau calon pengunjung.

5. Mempertahankan Tingkat Retensi

Pelanggan yang menyukai konten, dijamin akan terus kembali mengunjungi website atau media yang kalian gunakan untuk berbagi konten. 

Jika bisa mempertahankan kualitas konten, orang-orang akan follow akun kalian dan tetap mengikuti konten yang kalian upload

6. Memperluas Jaringan Partnership

Bagi kalian yang memiliki bisnis, tentu saja salah satu tujuan dan manfaat content marketing adalah mengembangkan relasi dan partnership dengan bisnis lainnya.

Dengan menerapkan strategi content marketing bagi bisnis, kalian juga bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan lain hingga akhirnya melakukan perluasan bisnis. 

Contoh Content Marketing dan Penerapannya

Berikut ini beberapa content marketing strategy yang akan membantu pertumbuhan bisnis kalian.

Beberapa contoh yang bisa dicoba untuk content marketing adalah:

1. Content Marketing di Website

Content marketing menggunakan website ini umumnya menggunakan copywriting atau teks pemasaran. Website umumnya menjadi jembatan pertama antara bisnis kalian dengan para pelanggan di internet.

Kalian harus memiliki website agar pelanggan bisa menjangkau bisnis kalian dari mana saja. Kalau belum punya website, jangan khawatir karena kami memiliki panduan mudah tentang langkah-langkah membuat website.

Website juga umumnya menggunakan halaman statis, yang biasanya tidak terlalu sering berubah. Oleh karena itu, penggunaan copywriting yang asik serta menarik akan membuat pengunjung betah menjelajahi website kalian.

2. Menulis Content Marketing di Blog

Strategi content marketing di blog bisa kalian lakukan dengan tulisan yang lebih bebas. Kalian bisa memperbaruinya setiap saat atau memposting artikel pemasaran konten setiap hari.

Kalau kalian menggunakan copywriting di website, lain halnya dengan tulisan yang dibuat di blog.

Dengan blog sebagai media content marketing ini, kalian bisa menulis artikel yang lebih panjang lebar dan jelas. Misal, kalian membuat artikel yang di dalamnya bisa dikaitkan dengan deskripsi produk kalian lalu kalian menambahkan pesan ajakan kepada pembaca untuk membeli produk kalian.

3. Merekam Video dan Menguploadnya

Video juga merupakan konten yang bisa dimanfaatkan untuk content marketing. Kalian bisa menguploadnya di berbagai platform yang memiliki banyak audiens. Misal, dengan cara promosi bisnis di TikTok, YouTube, Facebook, atau Instagram.

apa itu content marketing

Pastikan membuat konten yang sesuai dengan ketentuan setiap platform. Di TikTok atau Instagram misalnya, cukup unggah video singkat dengan format portrait dan kualitas yang bagus karena kedua platform ini merupakan platform mobile yang tidak memiliki tampilan landscape.

Lain halnya dengan YouTube, kalian bisa mengunggah video yang lebih panjang dengan format landscape.

4. Menyusun E-book

Berikutnya, kalian bisa menulis panduan atau tutorial lalu mengunggahnya di website kalian atau mempromosikannya melalui email marketing yang dikirimkan kepada subscriber.

Untuk mengunduh e-book yang kalian buat, pelanggan bisa memasukkan alamat email mereka, yang selanjutnya bisa kalian masukkan ke mailing list bisnis kalian untuk mengirimkan promosi berikutnya.

5. Mendesain Infografik yang Menarik

Selain tulisan dan video, kalian juga bisa memanfaatkan infografik sebagai strategi content marketing yang akan turut mengembangkan bisnis kalian. Saat ini, konten-konten berupa audio dan visual sedang banyak sekali diminati user, khususnya di Indonesia.

Kalian bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat konten pemasaran berupa infografik. Gambar yang dibuat harus jelas, tanpa terlalu banyak tulisan, dan tentunya mudah dipahami dalam sekilas.

Kalian bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis guna mengunggah infografik yang menarik untuk pemasaran konten, misalnya di Instagram atau Twitter.

6. Membuat Podcast di Platform Streaming

Menjamurnya platform streaming berlangganan meningkatkan minat masyarakat akan konten digital seperti film dan lagu. Bahkan, beberapa platform streaming lagu juga menyediakan ruang untuk podcast bagi para content creator yang senang berbagi cerita melalui suara.

Pendengar podcast di Indonesia sendiri lumayan banyak, loh. Kalian bisa memanfaatkan media ini untuk membuat konten pemasaran, baik membuat channel sendiri sesuai niche kalian maupun bekerja sama dengan content creator lainnya di niche yang sama.

7. Partnership dengan Influencer

Nah, strategi pemasaran konten yang satu ini merupakan gabungan dari semua hal di atas. Kalian bisa menggunakan copywriting, audio, video, maupun artikel blog. Poin yang membedakannya adalah konten tersebut digunakan untuk partnership dengan influencer.

Namun, ada satu hal yang harus kalian ingat, ya. Meski influencer yang kalian ajak bekerja sama sudah memiliki pengaruh kuat, jika kualitas content marketing kalian tidak dimaksimalkan maka kecil kemungkinan konten kalian akan memberikan impact yang signifikan.

Oia, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment