Cara Mengatur Plugin SEO Yoast WordPress untuk Pemula

Cara Mengatur Plugin SEO Yoast WordPress untuk Pemula

Jika kalian adalah pemilik situs WordPress maka kesempatan kali ini sangatlah tepat karena kami akan memberi tahu kalian Cara Mengatur Plugin SEO Yoast WordPress. Tak usah berlama-lama, langsung simak saja yuk Cara Mengatur Plugin Yoast SEO WordPress untuk Pemula

Seperti yang kalian tahu, plugin Yoast SEO menawarkan solusi komprehensif untuk situs WordPress kalian. Tak seperti plugin lain, plugin ini memungkinkan kalian untuk menambahkan judul posting khusus dan peta situs XML dengan satu klik.

Saat ini, Yoast adalah plugin SEO terbaik di pasar yang mana membantu mengoptimalkan situs web kalian. Selain itu, plugin ini memungkinkan kalian untuk mengimpor pengaturan dan data dari plugin lain.

Plugin ini membantu dalam pratinjau tampilan pencarian Google dan bantuan pengoptimalan kata kunci. Kalian juga dapat menautkan dan memverifikasi situs kalian dengan alat webmaster Google.

Okay, mari kita pahami lebih dalam dan memahami proses pengaturan dan instalasi plugin Yoast.

Bagaimana Cara Menginstall Plugin Yoast?

Okay, ini adalah langkah pertama untuk menggunakan plugin. 

  1. Buka dashboard WordPress kalian, klik opsi plugin.
  2. Ketik Yoast SEO di kotak pencarian dan klik opsi install.
  3. Saat kalian menginstal plugin, kalian akan mendapatkan opsi baru di menu WordPress kalian. Nah, akan ada logo Yoast di atasnya.

Setelah kalian menginstall dan mengaktifkan plugin, inilah saatnya untuk mengatur plugin.

Cara Mengatur Plugin SEO Yoast WordPress 

Jika kalian telah menginstal plugin Yoast maka langkah selanjutnya ada Cara Mengatur Plugin SEO Yoast WordPress. 

1. Impor data kalian

Jika kaliam membuat blog baru, kalian mesti melewati langkah berikut ini:

  • Untuk situs yang sudah mapan, kalian perlu memastikan bahwa semua data kalian sebelumnya telah ditransfer ke plugin sebelum dinonaktifkan.
  • Kalian dapat menggunakan plugin pengangkut data SEO untuk ini. Hal ini membantu kalian untuk mengangkut data antara plugin SEO.

2. Pengaturan umum

Ketika kalian mengklik ikon, kalian akan mendarat di pengaturan. Beralih ke tab umum di pengaturan. Ada opsi untuk membuka wizard konfigurasi.

3. Fitur

Plugin Yoast hadir dengan banyak fitur dan sangat penting untuk mengaktifkan fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan situs web kalian, ya. Namun, secara default, semua opsi diaktifkan di fitur ini. Fitur yang harus kalian ketahui sebagai berikut:

  • Readability analysis – menunjukkan skor keterbacaan konten kalian.
  • SEO analysis – memberi tahu kalian tentang skor SEO.
  • Text link counter – memberi tahu kalian tentang jumlah tautan teks ke dan dari situs.
  • Cornerstone content – memungkinkan kalian menandai dan memfilter konten landasan situs.
  • Admin bar menu – menampilkan Yoast SEO di bilah alat admin.
  • XML sitemaps – membantu membuat peta situs XML.
  • Usage tracking – memungkinkan penulis untuk melacak data penggunaan.
  • Security: no advanced or schema settings for authors – menyembunyikan pengaturan SEO dari penulis untuk meningkatkan keamanan.
  • REST API: Head endpoint – memungkinkan kalian atau orang lain untuk mengambil data API.
mengatur plugin yoast seo 1

Klik pada opsi simpan pengaturan setelah kalian mengaktifkan fitur.

4. Integrasi

Integrasi bawaan menjadikan Yoast SEO alat paling populer.

  • SEMrush adalah alat terbaik karena membantu kalian menemukan kata kunci terkait sehingga kalian dapat meningkatkan konten kalian.
  • Kalian dapat berintegrasi dengan Ryte untuk memeriksa kemampuan indeks situs web.

5. Alat webmaster

Dengan Yoast SEO, kalian dapat memverifikasi situs kalian dengan semua mesin pencari teratas. Namun, kalian harus mendaftar ke program alat webmaster. Setelah itu, kalian akan diminta untuk menambahkan metatag untuk memverifikasi situs web kalian. Hal tersebut memungkinkan kalian menambahkan kode meta, yakni kode yang kalian terima dari mesin telusur berbeda di masing-masing bidang.

6. Penampilan

Tampilan pencarian membantu untuk mengontrol bagaimana situs web kalian akan muncul di hasil pencarian.

  • General 

Kalian dapat menggunakan tanda hubung sebagai pemisah antara judul dan itu adalah simbol paling umum untuk situs WordPress.

  • Content Types

Hal ini memungkinkan kalian memilih judul dan deskripsi SEO untuk setiap halaman web. Kalian juga dapat mengatur template otomatis dengan opsi.

  • Ini memungkinkan kalian untuk mengatur tampilan pencarian dan mengatur kotak meta SEO untuk setiap jenis konten. Setelah itu, kalian dapat mengatur template SEO dan deskripsi meta.
  • Dianjurkan untuk mengubah judul SEO. Ini memungkinkan plugin untuk menghasilkan deskripsi dari baris posting kalian.
  • Media

WordPress membuat halaman untuk setiap opsi media atau gambar yang kalian lampirkan ke halaman dan posting kalian meskipun halaman terlampir berkualitas rendah.

Yoast SEO membantu memperbaikinya dengan mengarahkan pengguna ke file terlampir alih-alih halaman terlampir. Kalian dapat mengatur YA secara default dan kalian tidak perlu mengubahnya.

  • Taxonomies 

Dengan tab, kalian dapat mengonfigurasi judul, tag, dan taksonomi khusus. Selain itu, variabel template default berfungsi untuk sebagian besar situs.

  • Archives

Opsi ini memungkinkan kalian untuk mengontrol opsi tampilan pencarian untuk penulis, pencarian, tanggal dan kesalahan 404, dan lain-lain. Namun, jika kalian menjalankan blog penulis tunggal, kalian harus menonaktifkan halaman dari mesin pencari.

  • Breadcrumbs 

Breadcrumbs menentukan jalur yang jelas atau jejak ke halaman web. Selain itu, mereka muncul di hasil pencarian memberikan keuntungan ekstra. Pastikan kalian mengaktifkan opsi ini untuk membuatnya lebih terlihat dengan tema kalian.

  • RSS

Umpan RSS digunakan oleh pengikis konten untuk menyalin konten. Plugin ini memungkinkan kalian untuk menambahkan tautan balik ke situs web kalian untuk setiap posting di umpan RSS.

mengatur plugin yoast seo 2

Kalian bisa mendapatkan lebih banyak backlink dari situs dan mesin pencari akan tahu bahwa kalian adalah sumbernya. Ini memberi kalian opsi untuk menambahkan tautan penulis, tautan blog, dan deskripsi blog.

7. Sosial

Yoast SEO memiliki banyak fitur yang terintegrasi dengan platform sosial untuk mengoptimalkan situs kalian. Mengklik tautan sosial di bawah menu SEO akan memungkinkan kalian berintegrasi dengan berbagai situs media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest.

mengatur plugin yoast seo 3
  • Accounts 

Ini adalah tab pertama di bawah akun sosial. Itu memungkinkan plugin Yoast untuk memberi tahu Google tentang profil sosial kalian.

  • Facebook

Ini memungkinkan opsi meta data grafik terbuka di bawah Facebook. Selain itu, memungkinkan kalian untuk menambahkan metadata Facebook grafik terbuka.

  • Twitter 

Ini memungkinkan kalian untuk menambahkan Twitter card di bagian situs. Kalian dapat memilih jenis card dengan summary.

  • Pinterest

Kalian perlu menambahkan kode verifikasi situs yang disediakan oleh Pinterest. Tambahkan kode ke setelan untuk memverifikasi situs kalian. Kalian juga dapat menambahkan meta tag dalam opsi ini.

8. Tools 

Yoast SEO hadir dengan banyak alat bawaan yang membantu kalian melakukan tugas-tugas lanjutan.

  • Import and export

Jika kalian menggunakan tema WordPress dengan fungsi SEO bawaan, silakan gunakan fitur tersebut untuk mengimpor data kalia.

  • File editor 

Plugin Yoast SEO memungkinkan kalian untuk mengedit file Htaccess dan Robots.txt langsung dari area admin WordPress.

  • Kalian juga dapat menambahkan alat edit massal untuk menambahkan judul dan deskripsi SEO untuk posting blog kalian.
  • Di bawah tab judul, kalian dapat menemukan bidang kosong untuk menambahkan judul baru. Jangan lupa untuk mengklik tautan simpan untuk menyimpan perubahan. Untuk menambahkan deskripsi baru, alihkan ke tab deskripsi.

9. Mengoptimalkan halaman dan postingan dengan Yoast SEO

Dengan Yoast SEO, kalian dapat menyesuaikan halaman web berdasarkan posting. Cukup gunakan opsi editor posting di bawah halaman posting. Di sini kalian akan melihat kotak meta di bawah editor pos. Mulailah dengan menambahkan kata kunci fokus (pengguna akan masuk ke mesin pencari untuk menemukan posting).

Setelah ini, Yoast SEO akan memeriksa konten posting dan analisis keterbacaan. Kalian dapat melihat laporan analisis untuk meningkatkan artikel kalian. Terkadang, judul posting dan judul SEO mungkin berbeda sehingga tulislah deskripsi khusus.

Okay Guys, jadi Plugin Yoast SEO tersedia dalam versi premium juga lho, yang menawarkan fitur tambahan, sepertisaran tautan internal, kata kunci fokus ekspor, pengaturan pengalihan, dan tutorial video. Silakan kalian install plugin Yoast SEO dan manfaatkan alat serta fitur bawaannya untuk mengoptimalkan situs WordPress kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like