Trik Membuat Copywriting untuk Meningkatkan Konversi dari Email Marketing

Trik Membuat Copywriting untuk Meningkatkan Konversi dari Email Marketing

Copywriting Email marketing merupakan proses dari penulisan email yang memiliki berbagai goal yang diinginkan oleh pengirim. Goal-nya dapat berupa sign up, link click, dan blog visit. Membuat email marketing yang bisa mencapai goal tersebut dibutuhkan teks email yang menarik dan persuasif agar penerimanya dapat melakukan tindakan. Cari tahu selengkapnya yuk Trik Membuat Copywriting untuk Meningkatkan Konversi dari Email Marketing.

Pengertian Copywriting Email Marketing

Copywriting Email marketing adalah suatu proses yang dilakukan pada saat kalian menulis email campaigns. Hal ini dilakukan mulai dari penulisan baris subjek yang perlu kalian tulis sebaik mungkin dan isi email itu sendiri. Melakukan copywriting bisa dibilang tricky karena kalian harus memikirkan bagaimana caranya membuat tulisan yang singkat, ringkas, dan menjual.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara kerjanya adalah kalian perlu menulis baris subjek yang menarik agar penerimanya tertarik untuk membuka email kalian. Subjek email merupakan gambaran dari isi email yang dikirim. Subjek yang menarik akan mendorong penerimanya untuk membuka email kalian. Selanjutnya, kalian juga peru menulis isi email yang ringkas, singkat, dan menjual.

Teks merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan dalam pengiriman email. Jika kalian tidak memperhatikan tata bahasa, tanda baca, dan hal lainnya yang berkaitan dengan penulisan dengan baik maka email kalian akan membosankan. Oleh karena itu, mulailah melakukan copywriting untuk email marketing kalian.

Tips Copywriting Dalam Email

Dibutuhkan kemampuan menulis singkat yang baik untuk dapat menggunakan email marketing yang baik. Menulis singkat tidak hanya bagaimana caranya menulis secara pendek tapi juga harus bisa membuat pembacanya langsung paham dengan makna dari pesan yang kalian kirimkan tersebut.

Hal ini sama seperti judul pada postingan blog atau website yang memberikan judul menarik untuk mendorong pembacanya untuk mengklik judul tersebut.

Dengan copywriting email marketing, kalian juga dapat melakukannya melalui email subject line tapi ada trik lainnya untuk dapat membuat strategi ini untuk meningkatkan konversi. Simak yuk triknya!

Tentukan Tujuan Kalian

Sebelum kalian memulai copywriting email marketing, kalian perlu menentukan tujuan kalian. Apakah tujuan dari pengiriman email untuk meningkatkan sales, brand awareness, undangan event, atau hal lainnya yang berkaitan dengan brand kalian? Sebab tulisan di dalam email harus disesuaikan dengan tujuan kalian.

Tulis Email Semenarik Mungkin

Setelah kalian menentukan tujuan kalian, kalian tentu sudah membayangkan tulisan seperti apa yang dapat menarik pelanggan, kan? Untuk itu, mulailah menulis email draft kalian. Kalian dapat menulisnya secara singkat, ringkas, dan persuasif agar email marketing campaign kalian dapat mendorong pelanggan untuk melakukan sebuah tindakan.

Hati-hati Dalam Pemilihan Kata

Saat penulisan email marketing, baik itu subjek ataupun isi email, kalian perlu berhati-hati dalam pemilihan kata. Subjek email yang terlalu kaku akan membuat pembacanya malas untuk membuka email kalian. Isi email yang terlalu panjang juga akan membuat pembacanya tak tertarik membacanya sampai selesai.

Gunakan CTA Sebaik Mungkin

Selanjutnya, kalian perlu menggunakan CTA sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan CTA Anda dengan benar: gunakan kata-kata aktif; Be specific; identitas brand kalian adalah segalanya. 3 hal di atas adalah hal yang dapat membuat CTA kalian berhasil.

Lakukan Preview Mendalam

Kalian perlu melakukan preview text yang mendalam terhadap email yang sudah kalian buat. Preview berguna untuk memastikan bahwa email marketing yang kalian tulis terbebas dari kesalahan. Jika ada kesalahan, kalian bisa memperbaikinya sebelum mengirimkan email kalian. Ingat ya, kesalahan adalah hal fatal bagi brand kalian.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Trik Ini?

Trik ini dapat digunakan oleh pebisnis, marketer, atau siapapun yang ingin menulis email marketing. Copywriting untuk email marketing memang membutuhkan banyak persiapan. Namun, jika email kalian ditulis dengan baik maka kalian bisa mendapatkan feedback yang baik pula.

Oia, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS, lho

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like