membuat thumbnail youtube

Thumbnail YouTube sangat penting, lho. Kenapa? Karena thumbnail YouTube ini yang pertama kali diliat oleh penonton ketika ingin menonton sebuah video. Biasanya, thumbnail YouTube dibuat begitu menarik. Penasaran cara membuatnya gimana? Okay, tak usah lama-lama, simak sampai kelar yuk 8 Cara Membuat Thumbnail YouTube Unik dan Menarik untuk Pemula

Apa Itu Thumbnail Youtube

Thumbnail Youtube adalah gambar kecil yang dipasang di bagian awal video. Alasan gambar tersebut disebut thumbnail adalah karena ukurannya yang kecil, hampir hanya sebesar kuku ibu jari manusia. Meski begitu, thumbnail memiliki peran yang penting untuk video Youtube milik kalian. Manfaat dari adanya thumbnail ini sangat penting untuk konten video yang diunggah ke Youtube. Bisa juga si thumbnail ini disebut cover video.

Thumbnail Youtube merupakan hal pertama yang dilihat oleh penonton saat menjelajahi saluran YouTube. Thumbnail dianggap sebagai kilasan dari keseluruhan isi video dan menjadi faktor utama dalam menentukan apakah penonton akan menontonnya atau tidak. Oleh karena itu, dalam pembuatannya thumbnail juga harus dibuat semenarik mungkin.

Berdasarkan laporan Youtube, 90% video yang memiliki kinerja terbaik pasti memiliki thumbnail khusus dan menarik. Sehingga, ketika para kreator atau pembuat video tidak menggunakan thumbnail youtube, ya mereka akan kehilangan peluang besar untuk mendapatkan perhatian dari penonton.

Nah, ada dua jenis thumbnail yang bisa dipilih, nih. Pertama, default atau automatic thumbnail. Default thumbnail akan muncul ketika kalian selesai mengunggah video, kalian akan mendapatkan tiga pilihan thumbnail yang secara otomatis diambil dari bagian video yang diunggah. Kedua, custom thumbnail adalah gambar yang kalian buat sendiri dan diunggah untuk menggantikan pilihan custom thumbnail.

Ukuran Thumbnail Youtube

Untuk ukuran thumbnail Youtube sendiri memang kecil. Jadi, buat kalian yang tertarik untuk membuat custom thumbnail, perlu memperhatikan ukurannya agar sesuai dengan standar Youtube yang telah diberikan.

Merujuk pada rekomendasi dari Youtube Studio App Help Center, berikut penjelasan detail soal ukuran thumbnail youtube:

  • Resolusi gambar 1280×720 dengan lebar minimum 640 pixels
  • Format gambar yang bisa diunggah hanya JPG, GIF, BMP, atau PNG
  • Ukuran maksimal file gambar adalah 2MB
  • Gambar memiliki aspek rasio 16:9
  • Dilarang mengandung SARA

Fungsi dan Manfaat Thumbnail Youtube

Fungsi dan manfaat thumbnail Youtube pastinya untuk memikat daya tarik penonton untuk menonton video yang kalian unggah. Apalagi ketika kalian memilih thumbnail youtube dengan wajah atau muka yang penuh ekspresif. Tentu saja ekspresi wajah itu dapat membuat orang penasaran tentang alasan di balik ekspresi yang dipancarkan. Lalu, apa yang terjadi? Hal itu akan menggugah penonton untuk memutar video yang kalian unggah.

Oia, selain itu, kalian bisa menambahkan tulisan pada thumbnail Youtube. Tak hanya gambar yang ditampilkan, teks juga memiliki peran untuk mendeskripsikan isi video kalian kepada penonton, lho. 

Kalian ya bisa saja memilih dan menggunakan kata yang mudah diingat atau bahkan hanya berisi judul video itu sendiri. Pada dasarnya, penonton lebih cenderung membaca teks pada gambar thumbnail daripada teks dalam kolom deskripsi yang biasanya ada di bawah video Youtube yang diunggah.

Selanjutnya, thumbnail Youtube juga bisa membantu penonton untuk memahami sekilas terkait video yang diunggah. Bagi mereka yang malas untuk membaca atau menonton video terlalu lama, mereka akan lebih memilih melihat thumbnail youtube itu dulu.

Cara membuat Thumbnail Youtube

Bagaimana sih cara membuat thumbnail youtube yang tidak membosankan dan membuat penonton langsung klik sejak pertama melihatnya? Okay, simak caranya yuk!

1. Usahakan Menggunakan Gambar Wajah yang Ekspresif

Penonton akan lebih tertarik ketika melihat gambar wajah yang terlihat di layar handphone atau laptopnya. Selain penasaran, ekspresi wajah ini dapat membuat penonton ‘jatuh cinta pada pandangan pertama’ terhadap video yang diunggah. Biasanya cara membuat thumbnail youtube ini banyak dipakai oleh beberapa Youtuber yang ingin mendapatkan banyak klik pada videonya.

Catatan bagi yang ingin memberikan gambar wajah yang ekspresif buat thumbnail Youtube, gambar latar belakangnya tak harus berupa wajah yang close-up. Bisa saja kalian menggunakan gambar yang sesuai dan menarik berdasarkan video yang kalian buat. 

2. Tambahkan Tulisan dan Background yang Menarik

Cara membuat thumbnail youtube yang tak boleh ketinggalan dalam membuat thumbnail YouTube, yakni menambahkan tulisan dan background yang menarik. Kalian bisa memilih font yang tebal dan warna yang kontras dari foto yang akan digunakan nantinya. 

Selain itu, teks juga jangan terlalu panjang karena semakin singkat justru akan semakin baik. Namun, jika kalian memilih menggunakan foto tanpa background, kalian bisa menambahkannya sendiri dengan warna atau pattern yang menarik.

3. Pastikan Teks Mudah Dibaca

Langkah ini bisa dianggap penting karena ketika teks yang kalian buat sulit terbaca maka penonton akan malas untuk melihatnya. Silakan pilih font dari teks yang tidak begitu rumit atau jangan memberikan teks terlalu panjang dengan pilihan kata yang berbelit-belit. Cara membuat thumbnail youtube terbaik lainnya adalah kalian bisa konsisten dengan gaya font yang sama dan warna yang memberi kesan menarik.

4. Tambahkan Efek Stiker Agar Lebih Menarik

Selanjutnya, kalian bisa menambahkan efek stiker. Fungsinya adalah agar thumbnail yang kalian buat lebih menonjol sehingga seolah-olah efek tersebut adalah sebuah stiker. Hal ini juga menciptakan desain yang kuat untuk thumbnail youtube di video yang diunggah.

Caranya adalah kalian bisa menghapus background asli dari foto atau gambar yang ingin digunakan untuk thumbnail youtube. Kalian bisa menggunakan Automatic Background Removal tool yang tersedia di Picmaker. Lalu tambahkan border atau garis luar berwarna putih. Ternyata, banyak juga content creator yang menggunakan efek ini agar dirinya terlihat pop up di thumbnail video.

5. Terapkan Teknik Kontras Ketika Membuat Thumbnail Youtube

Memberikan teks sebagai judul video adalah penting. Lalu, bagaimana jika penonton tidak bisa membacanya? Apakah masih berguna? Nah, di sinilah teknis kontras dalam desain thumbnail memberikan peran penting.

Terdapat banyak jenis kontras yang berbeda-beda, yang paling utama untuk menjadi pertimbangan adalah kontras warna. Hal ini menjadi teknik dasar yang bekerja secara efektif dan digunakan oleh banyak Youtuber atau content creator saat membuat thumbnail yang clickable.

Aplikasi untuk Membuat Thumbnail Youtube

Berikut ini ada beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mempercantik thumbnail Youtube. Berikut ini ada tujuh aplikasi untuk membuat thumbnail youtube:

1. Canva

Canva seringkali menjadi rekomendasi untuk memudahkan dalam desain grafis. Canva juga bisa lho digunakan untuk membuat thumbnail Youtube. Ada banyak template sederhana dan menarik yang Canva sediakan. Kalian bisa memilih kategori Youtube Thumbnail jika ingin membuatnya di Canva. Tak hanya itu, perpaduan warnanya juga nyaman dilihat mata sehingga tak akan kehabisan referensi.

Di Canva juga bisa mengubah beberapa bagian dari templatenya sesuai yang diinginkan. Canva juga menyediakan banyak referensi template.

2. Background Eraser

Aplikasi ini sangat berguna terutama untuk menghapus latar belakang dari sebuah gambar. Dengan aplikasi ini, bisa dengan mudah menghapus dan mengarahkan kursor untuk menghapusnya. Selain itu, aplikasi ini memberikan jarak antara jari dan kursor penghapus sehingga bagian yang ingin dihapus tidak tertutup oleh jari. 

Jika kalian membutuhkan sedikit bagian dai gambar, background eraser juga bisa kalian gunakan. Misalnya, bisa lebih rapi saat memotong bagian background foto kalian untuk disisipkan di thumbnail youtube.

3. PicsArt

Aplikasi ini sudah banyak digunakan tentunya, terutama dalam membuat thumbnail youtube. Di PicsArt kalian bisa mengatur rasio sesuai keinginan atau standar dari Youtube, yakni 16:9. Selain itu, juga bisa menambahkan foto sebanyak-banyaknya, mengatur latar belakang thumbnail, dan menambahkan tulisan atau sedikit deskripsi menarik soal video yang akan kalian unggah. Oia, ada juga fitur seperti stiker yang bisa digunakan untuk dimasukkan ke dalam desain thumbnail.

4. Photoshop

Kalian bisa gunakan photoshop untuk membuat thumbnail youtube, lho. Ya karena kalian tak perlu memindahkan file thumbnail youtube yang telah jadi dari smartphone ke komputer. Caranya, pertama pastikan sudah menginstall photoshop versi berapapun, lalu klik file dan pilih new. Selanjutnya, insert ukuran 1280×720 pixels dengan resolusi 300. Terakhir, kalian klik OK. Sekarang, kalian cukup menambahkan foto atau gambar yang ingin dijadikan thumbnail youtube.

5. Cover Photo Maker

Cover Photo Maker juga dikenal sebagai aplikasi yang bisa membuat thumbnail youtube. Ketika membuka aplikasi ini maka layar tampilan gadget atau smartphone akan berubah menjadi horizontal atau landscape. Aplikasi ini terbilang cukup sederhana karena menu pilihannya jelas. Ada menu create cover photo, my designs, my covers, dan sebagainya. Untuk fungsinya sendiri, my designs dan my covers hampir sama, yakni untuk menyimpan desain atau cover yang sudah dibuat.

Untuk membuat thumbnail youtube, cukup klik menu cover photo maker dan pilih background. Background juga bisa dipilih dari gambar yang kalian punya. Selanjutnya, pilih ukuran sesuai kebutuhan kalian. Cover Photo Maker menyediakan ukuran desain yang bisa digunakan untuk Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, LinkedIn, Twitch, dan lain-lain. Setelah memilih ukuran, kalian bisa menyesuaikan tampilan thumbnail dengan tambahan teks, stiker, efek atau tambahan gambar lainnya.

6. Thumbnail Maker For Youtube Videos

Aplikasi selanjutnya adalah Thumbnail Maker for Youtube Videos. Kalian tak perlu repot untuk mendapatkan aplikasi ini karena kalian bisa mengunduhnya di handphone Android kalian. Aplikasi ini memiliki pilihan fitur yang berbayar. 

Ketika membuka aplikasinya, kalian akan mendapatkan menu, seperti thumbnail maker, channel art maker, cover maker, dan my projects. Jika ingin membuat thumbnail youtube, kalian harus memilih dan mengklik thumbnail maker.

Nanti akan ada dua pilihan, yang pertama menggunakan satu latar belakang dan kedua menggunakan dua latar belakang yang berbentuk seperti collage. Setelah memilih latar belakang, nantinya akan muncul fitur tambahan yang kurang lebih sama seperti Cover Photo Maker. Tambahan fiturnya adalah kuas yang terdiri dari berbagai warna pilihan untuk mempercantik thumbnail youtube kalian.

7. Ultimate Thumbnail Maker For Youtube

Aplikasi ini seringkali digunakan untuk membuat banner. Ketika membuka aplikasi ini, kalian akan menemukan desain yang cukup sederhana untuk dilihat dan ada beberapa menu, seperti create thumbnail, readymade thumbnail, my save image, my edit thumbnail, dan guide for add thumbnail.

Ultimate Thumbnail Maker memiliki menu guide for add thumbnail yang berfungsi untuk mengingatkan apa saja syarat dasar saat membuat thumbnail. Seperti, resolusi thumbnail yang harus berukuran 1280×720, format JPG atau PNG, besarnya di bawah 2MB, dan memiliki ratio 16:9.

Ketika kalian memilih create thumbnail maka kalian harus memilih terlebih dahulu ukuran yang diinginkan. Setelah itu, kalian bisa menambahkan hal-hal lainnya untuk mempercantik thumbnail youtube kalian.

8. YouTube Studio 

Kalian juga bisa membuat thumbnail youTube menggunakan YouTube Studio. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat thumbnail youTube menggunakan YouTube Studio: kalian buka aplikasi YouTube Studio, tap Menu lalu Video. Setelah itu select video yang ingin diedit untuk thumbnail. Kalian Tap Edit, Tap Edit Thumbnail kemudia Select thumbnail kalian. Lalu konfirmasi pilihan thumbnail kalian dan tap Select dan Tap Save.

Okay, jadi itulah beberapa cara membuat thumbnail youtube yang wajib kalian pahami sebelum menjadi seorang Youtuber terkenal. Oia, sebelumnya kalian juga perlu menyiapkan hal-hal utama ya, seperti handphone, kamera, laptop atau komputer, dan tripod untuk membuat video. Intinya, silakan kalian sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kalian saja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan paket VPS.

Have a lovely day 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “8 Cara Membuat Thumbnail YouTube Unik dan Menarik untuk Pemula”

  1. […] Baca juga: 8 Cara Membuat Thumbnail YouTube Unik dan Menarik untuk Pemula […]

    1. silvia Avatar

      makasih udah berkunjung ke blog kami 🙂

Leave a Comment