Contoh Copywriting Yang Memikat Pembaca

Sharing is caring!

Copywriting yang baik tentunya dapat menghipnotis calon pembeli dengan mudah. Setuju dong ya. Hal ini dikarenakan akan membuka peluang yang sangat baik untuk bisnis yang sedang dijalankan. Terlebih bagi kalian pegiat bisnis online, tentunya teknik copywriting merupakan hal yang wajib dipahami dan dilakukan. Okay, yuk baca Contoh Copywriting Yang Memikat Pembaca

Contoh Copywriting untuk Headline Website

Berikut ini beberapa contoh copywriting headline website yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Baiklah, simak sampai selesai ya

Benefit Headline

Sesuai namanya, headline ini berfokus pada benefit atau manfaat yang akan didapatkan pembaca. Oleh karena itu, sangat penting kalian melihat dan memahami terlebih dahulu sudut pandang pembaca. 

copywriting-yang-memikat-pembaca-1

Contoh penggunaan copywriting benefit headline dapat terlihat di Jetorbit Blog. Kami selalu mencoba memberi manfaat kepada pembaca dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat,  seperti terlihat di gambar atas. Headline blog post pun dapat dibuat semenarik mungkin dengan benefit headline. Benefit yang bagi setiap pembaca dapat berbeda. 

News Headline

Saat mendengar kata “news”, kalian pasti langsung terpikirkan ke berita, trending, momen, dan sebagainya. News headline biasanya berfokus pada informasi terbaru atau yang sedang banyak diminati. 

Copywriting news headline untuk website dapat mengacu ke informasi paling up to date dari produk atau layanan kalian.

Namun, dalam strategi copywriting ini kalian harus berhati-hati. Sering kali copywriting berupa news headline terlalu dilebih-lebihkan hingga menjadi clickbait. Clickbait adalah headline yang merayu pembaca agar melakukan klik sebuah artikel. 

Selective Headline

Copywriting jenis ini cocok bagi kalian dengan pangsa pasar tertentu. Gunakan selective headline saat ingin konten kalian dibaca oleh suatu golongan tertentu. 

copywriting-yang-memikat-pembaca-2

Seperti contoh di atas yang menggunakan copywriting, yang mana ditujukan untuk para kreator digital. 

Jika menggunakan copywriting ini untuk headline artikel, kalian dapat lebih menyebutkan hal-hal spesifik terkait persona, waktu, atau produk dan layanan kalian, seperti:

  • Hanya Hari Ini! Daftar Sekarang dan Anda Mendapat Diskon 80%
  • Webinar Gratis Khusus Member Aktif 

Curiosity Headline

Copywriting headline ini cocok untuk bisnis jenis apapun, terutama di bidang travel. Hal ini karena headline semacam ini seolah meningkatkan rasa penasaran pembaca pada destinasi di sekitar. 

copywriting-yang-memikat-pembaca-3

Ciri yang paling menonjol adalah tidak menuliskan secara gamblang isi dari konten tersebut. Curiosity headline lebih menekankan hal yang memicu rasa penasaran pembaca. Semakin misterius maka akan semakin menarik! 

Gimmick Headline

Selanjutnya adalah copywriting dengan memaksimalkan gaya bahasa, permainan bunyi, pengulangan kata, tipuan, bahkan efek terkejut. Banyak yang menggunakan teknik copywriting ini karena dinilai lebih nyaman didengar oleh pembaca. Pemilihan kata yang tepat juga dapat menarik perhatian dan dapat menjelaskan tujuan dari konten kalian.

copywriting-yang-memikat-pembaca-4

Seperti contoh di atas, memaksimalkan pengulangan kata namun tetap relevan dengan dengan tujuan. 

Question Headline

Question headline biasa digunakan untuk menciptakan kedekatan dengan pembaca. Menggunakan copywriting pertanyaan memungkinkan pembaca merasa lebih diperhatikan kebutuhannya. 

Tentunya konten yang kalian buat harus menjawab pertanyaan di headline. Nah, untuk menggunakan jenis copywriting ini, usahakan untuk melihat dari sudut pandang dan kebutuhan pembaca. 

copywriting-yang-memikat-pembaca-5

Seperti contoh di gambar atas, sebelum masuk ke semua fiturnya, pembaca ditanya “mau ke mana?” Sebagai pembaca yang mungkin saja sudah tahu ingin pergi ke mana, akan menjawab dalam hati dan tergerak untuk menjelajahi fasilitas website untuk menjawab “mau ke…”

Quotation Headline

Penggunaan quote memang selalu mengesankan. Kalian juga tentu dapat menggunakan quote untuk headline tapi pertimbangkan juga konteks konten kalian. 

Copywriting dengan quote memang sudah banyak dilakukan. Ada yang menggunakan quote umum dari tokoh ternama. Kalian pun dapat membuat quote untuk produk kalian sendiri. 

copywriting-yang-memikat-pembaca-6

Silakan lihat dulu gambar di atas. Quote yang diusung sangat singkat namun menarik. Quote tersebut memberitahu pembaca bahwa kebodohan tidak akan membantu dalam berkontribusi apapaun, kecuali mau belajar sungguh-sungguh dan menghadapi tantangan selama proses belajar. 

Pada copywriting headline jenis ini, jika digunakan untuk blog post atau artikel, kalian juga dapat mencantumkan kata-kata dari orang lain, kutipan buku, ayat dalam kitab suci, bahkan testimoni dari para pelanggan kalian.

Itulah berbagai contoh copywriting yang perlu kalian ketahui. Semoga bisa memberikan manfaat serta semakin mempermudah kalian untuk menulis copywriting ya 🙂

Good luck, Guys!



Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Contoh Copywriting Yang Memikat Pembaca
Artikel
Contoh Copywriting Yang Memikat Pembaca
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi pegiat bisnis online, teknik copywriting adalah hal yang wajib dipahami dan dilakukan. Yuk baca Contoh Copywriting Yang Memikat Pembaca
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment