Kenapa Email Masuk Spam?

Bagikan

Pada panduan kali ini, kami akan membagikan 12 alasan email Anda mengapa bisa masuk spam,

Kenapa Email Masuk Spam?

Secara global, email memiliki tingkat penempatan ke kotak masuk sekitar 83%, Itu berarti kira-kira 1 dari 6 email dikirim yang di kirimkan akan masuk ke bagian spam email. Dan di bawah ini adalah alasan mengapa Pesan-pesan tersebut bisa di anggap spam oleh gmail

1. Anda Tidak Memiliki Izin untuk Email Subscribers

Salah satu Aturan pertama pada email marketing adalah layanan Subscribers email, Jika anda menggunakan aplikasi atau tool tertentu untuk mengirimkan email, namun email yang anda tuju belum melakukan Subscribers pada Web atau aplikasi yang anda miliki maka secara otomatis email akan masuk pada bagian SPAM.

2. Alamat IP Anda Sedang atau Pernah Digunakan untuk Spam

Meskipun Anda sendiri tidak pernah mengirim spam, email tetap dapat ditandai jika alamat IP Anda pernah digunakan untuk spam di masa lalu.

Jika Anda mengirim email melalui layanan email marketing, email Anda dikirim melalui server mereka. Jadi, bahkan jika satu pelanggan lain mengirim spam, itu juga dapat memengaruhi pengiriman.

Untuk itu pastikan bahwa layanan email marketing yang anda gunakan memiliki reputasi pengiriman email yang cukup bagus.

3. Memiliki Tingkat Kredibilitas pengiriman email Rendah

web penyedia Email teratas telah menyatakan bahwa mereka melihat berapa banyak email yang dibuka dan berapa banyak yang dihapus sebagai faktor dalam keputusan pemfilteran spam.

Jadi, jika Anda memiliki rasio buka atau rasio baca yang rendah, maka email Anda berisiko lebih tinggi ditandai sebagai spam.

4. Anda Memiliki Penggunaan Mailbox yang Rendah

Dalam algoritma pemfilteran spam, penyedia layanan email melihat rasio akun email aktif dan tidak aktif di daftar kotak masuk. Akun email yang tidak aktif adalah akun yang sudah lama tidak digunakan atau jarang digunakan.

Jika Anda mengirimkan email campaign ke sejumlah besar alamat email yang tampaknya tidak aktif, maka itu adalah tanda bahaya untuk filter spam.

5. Menggunakan Kata-kata Pemicu Spam

Beberapa filter spam dipicu oleh kata-kata tertentu di baris subjek atau body email. Beberapa kata pemicu spam adalah:

  • kekerasan
  • Pornografi
  • Phising
  • Ini Bukan Spam
  • Menangkan
  • Judi
  • Dan hal ilegal lain yang di larang negara.

kata-kata pemicu di atas adalah contoh umum yang biasa di gunakan, jadi bisa saja penyedia email sudah memiliki filter sendiri untuk beberapa kata.

Cara Mengatasi Email Masuk ke Spam

Bagi anda penggunaan layanan shared hosting dan menggunakan fitur emailnya, akan dihadapkan pada masalah seperti email yang masuk ke spam. Apa penyebabnya email masuk spam ini?Ini bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain :

  • Layanan email digunakan secara bersamaan dengan user lain.
  • Konten atau isi email mengandung spam.
  • Pengguna terinjeksi malware/virus yang mengirimkan email spam.

Dikarenakan penggunaannya bersamaan, ini berimbas pada reputasi IP Address hosting yang digunakan. Jika pengguna banyak melakukan spam (baik disengaja maupun tidak) maka IP address akan turun reputasinya, email anda akan tetap terkirim, namun akan masuk ke spam folder. Nah di bawah ini adalah langkah Cara Mengatasi email masuk ke spam

  1. Hapus tanda spam di email penting anda. Klik tanda “Report as not spam”
  2. Cara diatas bisa anda gunakan untuk teman atau kolega anda, namun bagaimana jika anda melakukan pengiriman banyak atau email marketing? Anda bisa gunakan layanan ke tiga seperti mailchimp, mailgun, atau mailjet.
  3. Gunakan layanan addon kami, Spamexpert Outgoing Filtering. Layanan ini memastikan email anda terfilter bersih dari spam dan sampai di inbox penerima email anda. Anda bisa gunakan layanan ini dengan harga Rp 25.000 per bulan untuk 1 domain (tidak dibatasi jumlah akun per domainnya). Order di : https://client.jetorbit.com/cart.php?gid=34

Dengan ini anda telah mengetahui, alasan email anda masuk ke spam. Jika ada pertanyaan terkait ini, jangan sungkan untuk menghubungi kami 😉

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *