Cara Cek Umur Domain Website dan Blog

Umur Domain Website dan Blog faktor yang cukup penting untuk menentukan website Anda mendapatkan peringkat yang baik pada search engine.

search engine web memperhitungkan umur Domain Website dan Blog. Semakin tua web Anda, semakin besar peluangnya untuk muncul di hasil pencarian teratas.

Pada Panduan Kali ini, kami akan Membahas Cara Cek Umur Domain Website dan Blog.

Apa Yang di Maksud Umur Domain Website dan Blog ?

Penting untuk membedakan Domain Website dan Blog. Yang terakhir ini cukup mudah dikenali. Itu dihitung dari saat domain telah terdaftar. Usia Website dimulai setelah indeksasi pertama dari domain tertentu.

Dalam kebanyakan kasus, website jauh lebih tua daripada domainnya karena pemilik situs atau webmaster dapat mengubah domain dan memindahkan web dari satu host ke host lainnya. Itulah mengapa usia web terkadang lebih bermasalah untuk ditentukan.

Orang sering membeli domain untuk menyiapkan situs baru di dalamnya. Menggunakan domain yang relatif lama membantu mendapatkan posisi yang lebih baik saat memberi peringkat dan akan mempromosikan website.

Cara Mengecek Umur Website

Ada banyak cara untuk menentukan umur website. Namun pada panduan kali ini kami akan menggunakan beberapa cara yang paling akurat.

Berikut diantaranya :

  1. Di beberapa web, tahun peluncurannya ditunjukkan di footer. Dalam kebanyakan kasus, ada di Home Page. Ini bisa menjadi opsi anda untuk mengecek Umur Website tersebut.
  2. Temukan salah satu postingan paling awal dan lihat hari penerbitannya. Anda juga dapat menggunakan perintah «NamaWebsite.com:» di pencarian Google. Opsi ini tidak begitu dapat diandalkan, karena banyak pemilik sering menghapus postingan lama, ditambah lagi dapat hilang setelah pindah ke domain lain.
    Selain itu, konten dan desain situs mungkin telah benar-benar berubah sebagai akibat dari rebranding dan semua postingan kemungkinan akan dihapus.
  3. Langkah Berikutya anda bisa langsung menghubungi administrator website tersebut dan menanyakan secara pribadi terkait umur web tersebut.
  4. Langkah yang terakhir adalah menggunakan Tools Archived

Salah satu Tool terbesar di dunia adalah Internet Archive yang berisi data tentang hampir semua Web sejak tahun 1996. Layanan ini dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana sebuah web terlihat pada periode waktu tertentu. Informasi ini akan membantu Anda menentukan umur dengan mudah dan membandingkan kualitas konten saat ini dan sebelumnya.

Sebagai contoh, disini kami mengecek Tampilan website jetorbit pada tahun 2013. dan ini adalah hasilnya :

Cara Cek Umur Domain Website dan Blog

Cara Mengecek Umur Domain

Untuk menentukan Umur Domain lebih mudah dibanding menentukan umur Website. Karena kita cukup mencari tanggal register dari domain tersebut.

Jika anda Sedang mencari domain expired dengan kualitas Bagus, maka anda bisa merujuk pada panduan

Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Perlu anda pahami juga bahwa nama domain cukup berpengaruh pada SEO dan authority domain pada Kedepan nya, Jadi pastikan anda benar dalam menentukan nama domain yang akan di gunakan.

Untuk mengecek Umur domain cukuplah mudah, anda cukup mengakses Website WHOIS domain Tools, Kemudian masukan nama domain yang ingin anda cek umurnya, Setelah itu search dan Informasi umur domain akan tampil disitu.

Cara Cek Umur Domain Website dan Blog

Pada dates, akan tampil Umur domain hingga tanggal register dan Expired domain tersebut.

Kesimpulan

Menentukan umur Website akan jauh lebih sulit, karena kita tidak mengetahui apakah Website tersebut Aktif dari awal register atau sebelumnya telah melakukan rebranding.

Namun untuk mengecek umur domain kita cukup membuka whois domain maka semua informasi seperti Tanggal daftar,expired dan umur domain akan langsung tampil.

Demikian panduan terkait Cara Cek Umur Domain Website dan Blog, Smeoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.