Cara Membuat Dan Install SSL Pada Domain

Bagikan

Banyak dari browser-browser untuk menyarankan Kita untuk menginstall SSL ada website, Lalu apa Sih SSL itu ? Dan pentingkah untuk Website ?

Pengertian SSL (Secure Socket layer).

SSl atau Secure Socket layer adalah sebuah protocol pada layer transport yang menggunakan algoritma berbeda Untuk membentuk keamanan dengan sistem otentikasi menggunakan sertifikat, enkripsi, pemeriksaan integritas, Dan algoritma pertukaran kunci sesi pada jaringan.

Protokol SSL tidak dapat berjalan sendiri dalam mengamankan data melainkan membutuhkan protokol lain, yaitu Protokol HTTPS atau HTTP Secure.

Kelebihan Menggunakan SSL.

Ada beberapa kelebihan ketika kitamenggunakan Koneksi SSL pada website kita yakni diantaranya :

  1. Authentication : sistem ini memungkinkan untuk memastikan pesan yang diterima berasal dari user yang memang tersurat.
  2. Confidentiality : sistem ini memungkinkan untuk dapat melindungi pesan dari orang-orang yang tidak berhak untuk membaca pesan tersebut selama pesan tersebut dikirimkan.
  3. Integrity : sistem ini dapat memastikan bahwa pesan tersebut asli dan tidak mengalami perubahan data selama perjalanan pengiriman.

Fungsi SSL Dalam Website.

SSL berfungsi untuk menyediakan infrastruktur komunikasi standar yang memungkinkan sebuah aplikasi dapat Menggunakan infrastruktur tersebut dengan mudah dan hampir tidak terlihat. SSL juga menyediakan otentikasi Yang sangat aman.

Lebih rincinya SSL akan mengijinkan browser untuk menyimpan data seperti data login maupun data diri seperti Alamat, tanggal dll.

Cara Membuat Dan Install SSL Pada Domain

Berikutnya mari kita bahas cara membuat dan install SSL pada domain, pada panduan kali ini kita akan Memanfaatkan sebuah layanan Bernama SSLFORFREE.COM.

Yakni sebuah penyedia SSL gratis yang bisa kita Gunakan dan manfaatkan secara mudah dan gratis.

Walaupun Gratis, namun sertifikatnya valid dan Legal. jika anda membuat di layanan lain biasanya anda akan di Kenakan biaya Mahal.

Berikut panduan Untuk Install SSL Pada domain menggunakan SSLforfree.com

1. Daftarkan Domain di sslfofree.com.

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan nama domain anda untuk membuat sertifikat SSL Terlebih dahulu, Silahkan anda buka website sslforfree.com

Kemudian anda masukan domain yang akan Anda install SSLnya, Disini saya Contohkan website dengan Domain Minto.id. kemudian klik Create Free SSL certificate.

2. Mendaftarkan Akun Anda.

Berikutnya Maka anda akan disuruh mendaftarkan akun anda, cukup anda masukan email kemudian password Untuk akun anda.

Klik regsiter setelah selesai.

3. Setup Sertifikat SSL

Berikutnya setelah anda mendaftarkan akun maka anda akan ditampilkan setup SSL  seperti validasi domain, CSR& Contact. yang pertama Anda diharuskan validasi Domain. Klik next step jika sudah benar.

Kemudian beriutnya anda pilih Auto generate CSR.

Kemudian di pilihan terakhir akan terdapat banyak paket yang bisa anda pilih beserta spesifkasinya, karena disini Anda ingin menggunakan SSL gratis maka anda pilih paket “free”.

Klik Next step untuk melanjutkan.

4. Verifikasi Kepemilikan Domain.

Langkah ke-4 adalah melakukan verifikasi Domain, terdapat banyak metode untuk melakukan verifikasi Dokumen.namun disini saya menyarankan menggunakan Verifikasi HTTP File Upload karena saya anggap verifikasi ini lebih cepat.

Namun anda juga dapat memilih verifikasi menggunakan DNS maupun Email verfication.

Untuk Step Verifikasi Domain menggunakan HTTP Upload adalah sebagi berikut :

  • Klik “Download Auth File” pada Step 1
  • Kemudian anda buka Control panel hosting anda kemudian menuju ke directory public_html/.well-known/pki-validation/

  • Kemudian anda upload file authentikasi yang tadi anda download.
  • Disini saya menggunakan Control panel cpanel, maka paling tidak prosesnya seperti ini

Disini anda telah selesai melakukan verifikasi domain, klik next step untuk melanjutkan.

Kemudian klik verify domain, untuk melakukan proses verifikasi domain.

Disini anda telah selesai memverifikasi kepemilikan domain.

5. Instalasi SSL DI Domain Anda.

Berikutnya tinggal anda instal SSL pada domain anda ada banyak opsi server type yang dapat anda pilih, karena saya Menggunakan cpanel maka saya memilih cpanel , kemudian klik download certificate :

Setelah anda download sertifikat tersebut maka berikutnya anda login ke cpanel anda. kemudian cari fitur SSL/TLS Pada cpanel kemudian anda pilih “manage SSL Sites”

Sebelumnya file yang tadi anda download ekstrak terlebih dahulu.

Kemudian anda scrool bawah, pIlih domain yang akan anda install SSL. kemudian anda copy dan pastekan sertifikat SSL  (certificate.crt, ca_bundle.crt & private.key) di setiap kolom.

Jika sudah klik “Install Certificate”.

Untuk metode penginstalan lain semisal penginstalan menggunakan linux, nginx maupun plesk dan lainya anda Dapat membuka dokumentasi dari https://zerossl.com/help/installation/

Kesimpulan

Selamat, Anda telah menyelesaikan semua langkah yang diperlukan untuk menginstal sertifikat SSL. Untuk Memeriksa apakah sertifikat Anda telah dipasang , coba akses domain Anda menggunakan HTTPS, contoh https://domain.com.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Comment