Cara Mematikan Auto Update WordPress

Bagikan

Salah satu masalah utama pada pengguna wordpress yakni adanya auto update otomatis pada Versi wordpress yang telah kita install.

Ini terkadang menjadi suatu masalah karena ketika tidak ingin melakukan update pada Versi wordpress  tetapi wordpress melakukan update otomatis.

Biasanya sebelum Melakukan update kita lebih suka melihat review dan mengetahui apa saja yang baru dari Versi wordpress tersebut,

Jika ada yang tidak cocok maka kita bisa tetap menggunakan versi lama WordPress karena lebih nyaman daripada versi terbarunya.

Jika Anda salah satu dari jutaan situs web yang menggunakan plugin SEO yaitu Yoast SEO WordPress, maka situs Anda secara otomatis diperbarui sekitar seminggu yang lalu tanpa pemberitahuan apapun.

Update otomatis memang bertujuan untuk meningkatkan keamanan WordPress karena banyak pengguna tidak pernah memperbarui plugin atau WordPress yang di install. Namun hal itu dapat merusak situs Anda dan mengakibatkan masalah tanpa sepengetahuan anda sebelumnya.

Oleh sebab itu pada panduan kali ini kita akan membahas beberapa cara untuk mematikan auto update pada wordpress Silahkan bisa disimak :

Mematikan Auto WordPress Update Dengan Kode.

Yang pertama kita bisa menggunakan FTP atau bisa langsung login ke Control Panel anda kemudian edit File wp-config.php Di akun hosting anda.

Sebelumnya anda bisa melakukan backup File tersebut sebelum Di edit, untuk jaga-jaga jika terdapat masalah pada hasil edit. JIka sudah anda bisa menambahkan Kode berikut :

Jika sudah menggunakan kode diatas maka anda tidak akan mendapatkan Otomatis Update versi wordpress yang anda gunakan.

Mematikan Update Otomatis Plugin dan Tema.

Meskipun anda mematikan update otomatis pada inti. namun untuk plugin dan tema akan tetap melakukan update secara otomatis.

Sebelum melanjutkan perlu diingat bahwa wordpress jarang melakukan update terkecuali ada kerentanan pada sistem keamanan mereka.

Ini berarti Anda harus berhati-hati sebelum menonaktifkan pembaruan tema dan plugin otomatis.

JIka tetap ingin melanjutkan maka langsung saja anda simak caranya sebagai berikut :

Untuk mematikan auto update pada tema website maka anda hanya perlu menambahkan kode berikut dalam file functions.php pada tema anda .

Dan untuk mematikan auto update pada Plugin website maka anda hanya perlu menambahkan kode  berikut dalam functions.php pada file plugin anda .

Mematikan Auto Update WordPress dengan Plugin.

Jika anda seorang yang tidak suka mengotak atik kode pada wordpress anda, maka anda bisa menggunakan Plugin untuk memudahkan mematikan Auto update otomatis wordpress. plugin tersebut adalah Easy Updates Manager.

Anda dapat mendownload plugin menggunakan tautan diatas atau dapat langsung menginstalnya melalui dashboard wordpress anda.

Jika sudah anda install dan melakukan activate pada plugin easy update manager, berikutnya anda menuju ke update options di konfigurasi plugin

Sekarang  anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan auto update untuk versi wordpress, tema dan plugin.

Pada General anda dapat Mengaktifkan atau menonaktifkan Auto update WordPress

Dan pada Konfigurasi kedua berguna untuk setting auto update Plugins

Di konfigurasi ketiga anda dapat melakukan setting update pada tema wordpress anda

Cara mematikan Email Notifikasi Update.

Notifikasi email ini biasanya dikirim ketika pembaruan berhasil diselesaikan, ketika WordPress mencoba memperbarui tetapi tidak bisa, atau ketika ada kegagalan kritis.

Namun jika anda tidak ingin menerima Notifikasi ini, anda juga dapat mematikanya berikut panduan nya :

Untuk berhenti menerima email ini, buka file functions.php tema Anda dan tambahkan kode ini:

Untuk membalikkan perubahan seperti semula, ganti kode di atas dengan kode ini:

Kesimpulan

Sebelum anda mematikan auto update atau tidak ingin melakukan update pada wordpress anda silahkan anda pikirkan dua kali, karena semakin jauh versi yang kita gunakan maka semakin rentan pula keamanan dari wesbsite kita.

Pembaruan baik tema maupun plugin juga perlu anda cek terlebih dahulu Fitur-fitur terbarunya, jika tidak cocok anda dapat tidak menggunakan versi terbaru tersebut

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Comment