Pengertian dan Tahapan Perencanaan Pemasaran

Pengertian dan Tahapan Perencanaan Pemasaran

Sharing is caring!

Dewasa ini istilah dalam dunia marketing memang cukup banyak untuk dipelajari. Salah satunya adalah apa yang disebut sebagai marketing plan atau rencana pemasaran. Istilah ini sangatlah umum bagi mereka yang bergelut dalam dunia pemasaran, bisnis, dan dunia dagang. Tak usah lama-lama, simak yuk Pengertian dan Tahapan Perencanaan Pemasaran

Pengertian Perencanaan Pemasaran

Perencanaan pemasaran (marketing plan) adalah sebuah langkah pengelolaan penerapan strategi marketing untuk meraih visi dan misi perusahaan. Pelaksanaan strategi dilakukan secara sistematis yang melibatkan berbagai koordinasi dan keahlian untuk bisa memutuskan rencana yang tepat bagi perusahaan agar mendatangkan keuntungan yang optimal.

Tujuan Perencanaan Pemasaran

Adapun tujuan dari perencanaan pemasaran adalah:

  • Memahami dan juga mencari informasi sebanyak-banyaknya terhadap perubahan pasar maupun kompetitor.
  • Mencari dan menciptakan relasi kerja yang luas dengan banyak perusahaan maupun organisasi lainnya.
  • Melakukan penyesuaian atas segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis.
  • Meningkatkan laba dengan menerapkan usaha yang efektif dan juga efisien.

Manfaat Perencanaan Pemasaran

Membuat rencana pemasaran secara terperinci adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pemasaran sama pentingnya dengan produk atau layanan yang kalian berikan.

Tanpa pemasaran, konsumen dan klien tidak bisa mencari tahu tentang kalian. Jika mereka tidak tahu tentang kalian, mereka tidak dapat membeli apapun dari kalian. Iya, kan?

Adapun manfaat perencanaan pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik.
  • Mengidentifikasi sejauh mana perkembangan perusahaan.
  • Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah.
  • Menjadi alat untuk menghindari konflik terhadap bagaimana perusahaan harus bergerak.
  • Menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui.
  • Menjadi acuan agar manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis.

Tahapan Penyusunan Perencanaan Pemasaran

Dalam menyusun marketing plan, ada beberapa tahap yang harus kalian lalui, yaitu:

1. Mengumpulkan Informasi dan Menganalisis Kondisi

Pada langkah awal, kalian harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk dipakai menganalisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). Dari analisis tersebut, dapat membantu pihak manajer untuk membuat pemetaan terkait peluang, mengatasi kelemahan yang dimiliki perusahaan, dan mencari solusi dari masalah yang terjadi di dalam perusahaan. Setelah itu, manajer dapat menggunakan hasil analisis untuk merancang strategi yang paling sesuai untuk mencapai target.

2. Menentukan Target Pasar

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan target konsumen. Diperlukan koordinasi dengan bagian pemasaran untuk dapat menyasar target pemasaran dengan tepat. Dengan membuat target pasar maka kalian dapat lebih menghemat anggaran sekaligus meningkatkan penjualan.

Untuk bisa menentukan target yang tepat, kalian perlu melihat jenis produk yang kalian tawarkan. Misalnya, kalian menjual produk sepatu. Dari banyaknya jenis sepatu, kalian tentu harus mengkategorikan masing-masing sepatu dari gender, usia, dan kebutuhannya.

3. Mulai Menyusun Strategi

Okay, saatnya kalian mulai menyusun strategi yang sekiranya memiliki potensi besar untuk dapat memenangkan persaingan dengan kompetitor bisnis kalian. Penyusunan strategi harus dipikir sematang mungkin karena umumnya akan digunakan dalam jangka panjang.

Salah satu strategi marketing yang cukup efektif untuk digunakan adalah secara online. Pemasaran online dapat memanfaatkan media sosial, website, marketplace, atau blog. Nah, dengan metode pemasaran ini, kalian mampu menjangkau konsumen hingga seluruh Indonesia. Apalagi pengguna internet di Indonesia juga sudah sangat banyak kan sehingga kemungkinan bisnis kalian suapaya dikenal pun semakin besar.

Selain itu, kalian juga tidak membutuhkan biaya banyak bahkan beberapa di antaranya tidak membutuhkan biaya sama sekali untuk memasang iklan. Manfaatkan saja beberapa platform beriklan di internet, seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.

4. Membentuk Tim Pelaksana

Selanjutnya nih, setelah strategi tersusun dengan matang, saatnya kalian juga perlu membentuk tim yang bertugas untuk melaksanakan strategi pemasaran tersebut. Setiap anggota tim harus berkompeten dan mengetahui dengan baik strategi yang sudah dibuat.

Jika dibutuhkan, tak ada salahnya kan untuk merekrut seorang yang ahli dalam bidang ini. Selain itu, kalian juga perlu mengadakan beberapa kali pelatihan dan menguji tim secara berkala guna meningkatkan kemampuan tim tersebut.

5. Menghitung Anggaran secara Rinci

Langkah terakhir yang tak kalah penting adalah memastikan adanya anggaran untuk melaksanakan perencanaan pemasaran. Lakukan perhitungan secara rinci dan teliti pada setiap dana yang kalian miliki. Jika ada anggaran untuk bagian lain yang bisa dikurangi, kalian bisa mengalokasikannya untuk bagian pemasaran.

Oia, anggaran juga harus disesuaikan dengan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Ingat ya, dalam anggaran kalian perlu memperhitungkan beberapa hal. Di antaranya adalah media pemasaran yang digunakan, menggaji tenaga ahli (jika ada), target pemasaran dalam setahun, dan beberapa program dalam jangka panjang. Selain itu, kalian juga menyediakan dana cadangan apabila ada kenaikan harga secara tiba-tiba.

Okay, jadi bisa disimpulkan bahwa perencanaan pemasaran yang dibuat dengan tepat akan sangat memberikan kalian keuntungan dalam meningkatkan penjualan. Jadi, jika kalian ingin bisnis kalian mengalami perkembangan yang signifikan maka silakan terapkan tahapan-tahapan di atas secara tepat.

Selain itu, kalian juga bisa meningkatkan performa bisnis kalian dengan bantuan Facebook Ads yang terintegrasi dengan WhatsApp bisnis kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian dan Tahapan Perencanaan Pemasaran
Artikel
Pengertian dan Tahapan Perencanaan Pemasaran
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Istilah ini sangat umum bagi yang bergelut di dunia pemasaran, bisnis, dan dunia dagang. Baca yuk Pengertian dan Tahapan Perencanaan Pemasaran
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo