medium vs wordpress

Di antara kalian pasti ada yang suka utak-atik blog. Iya, kan? Anyway, kalian pakai WordPress atau Medim nih? Atau, masih ada yang bingung dalam menentukan mau pakai Medium atau WordPress sebagai platform blogging? Jika kalian ingin mempromosikan bisnis agar lebih efektif maka membuat blog adalah pilihan yang tepat. Tak usah lama-lama, simak sampai kelar yuk Mana yang Terbaik untuk Memulai Blog: Medium vs WordPress?

Apa Itu WordPress?

WordPress sendiri memiliki dua versi, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. 

apa itu wordpress

WordPress.com berfokus pada penyediaan platform blog yang sepenuhnya dihosting dengan berbagai opsi harga. Jika kalian menggunakan WordPress.com, kalian akan menggunakan subdomain WordPress.com, yang pada dasarnya akan membuat alamat website blog. Contohnya blogku.WordPress.com yang memberi akses yang relatif lebih sederhana ke audiens kalian.

Sedangkan versi kedua yaitu WordPress.org, memiliki harga nominal yang mengharuskan kalian untuk men-download file open source dan menyimpannya di server website. Kalian harus tahu bahwa platform yang di hosting sendiri jauh lebih dari sekedar tempat untuk blog.

Untuk menentukan platform blogging yang terbaik bagi kalian, di sini kita akan lebih fokus pada WordPress.org serta bagaimana membandingkan dengan Platform Medium.

Apa Itu Medium?

Dibanding dengan WordPress, Medium mungkin kurang memiliki keanekaragaman. Medium menggabungkan blogging dan media sosial dengan memperkenalkan kemudahan penggunaan. Menjadikannya sebagai perbaikan secara cepat bagi siapa saja yang ingin berbagi cerita maupun membuat merek pribadi secara online.

apa itu medium

Sejak didirikan pada lima tahun lalu kini telah menikmati pertumbuhan yang luar biasa, yaitu dapat mencapai peringkat alexa 382 serta membangun pengikut di berbagai negara.

Kini Medium telah menjadi jaringan media sosial yang cukup digemari untuk membantu penggunanya meletakkan pondasi bagi merek pribadi mereka. Halaman Medium mengklaim bahwa platform mereka merupakan “tempat di mana setiap orang memiliki cerita untuk dibagikan dan terbaik yang di sampaikan kepada kalian”.

Pada dasarnya, kesederhanaan serta desain yang indah di Medium yang terus memunculkan daya tarik di kalangan blogger. Platform ini membuat mudah bagi blogger untuk berhasil membagikan konten serta membangun pembaca. 

Hal tersebut karena Medium menggunakan algoritma yang mempelajari analis rasio pembaca dan popularitas pada setiap postingan untuk menentukan konten mana yang mendapatkan manfaat dan visibilitas terbanyak.

4 Alasan Mengapa Harus Memilih Platform WordPress

Berikut ini beberapa keunggulan WordPress yang wajib kalian ketahui:

1. Kalian Dapat Memiliki website Sendiri

Apabila kalian memilih WordPress sebagai platform blogging kalian maka kalian akan memiliki website sendiri dan semua konten yang diterbitkan. Kalian dapat menerbitkan konten semau kalian dan dan dapat untuk monetisasi. Dengan WordPress, kalian akan lebih mudah untuk menghasilkan uang dari blog yang diterbitkan di website kalian.

Keuntungan memiliki website sendiri yaitu:

  • Tidak akan pernah ada yang bisa menutup akun kalian atau mengeluarkan kalian dari platform, kecuali jika kalian telah melakukan pelanggaran.
  • Kalian dapat secara bebas melakukan perubahan apapun di website kalian sendiri.
  • Data dan konten yang kalian buat di website kalian menjadi milik kalian 100% selamanya. Kalian dapat dengan mudah untuk mengedit atau menambahkan konten semau kalian.

2. Mudah untuk Mengubah Fitur dan Mengubah Tampilan Website

Keuntungan selanjutnya adalah kalian dapat dengan bebas mengubah fitur dan mengubah tampilan website kalian. Kalian dapat menggunakan plugin yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas website kalian dan dapat menggunakan tema untuk mempercantik tampilan website kalian.

WordPress menyediakan ribuan pilihan tema yang dapat membantu mempercantik website kalian. WordPress juga menawarkan berbagai plugin yang dibutuhkan untuk membantu website semakin menarik bagi mesin pencari dan pengguna.

Kalian dapat menggabungkan kedua jenis ekstensi tersebut untuk membuat website kalian terlihat menarik dan berfungsi dengan baik. Inilah alasan mengapa banyak orang lebih memilih WordPress untuk platform blogging mereka. Sebab, mereka dapat dengan mudah dan bebas menggunakan tema dan fitur yang mereka inginkan.

3. Pembuatan Konten Tidak Terbatas

Mungkin di Medium pembatasan konten tidak terlalu memberatkan tapi tetap saja akan ada beberapa batasan pada jenis konten yang bisa kqalian buat di Medium. Jika kalian tidak mengikuti peraturan dari Medium maka kalian dapat berakhir dengan penutupan akun Medium kalian. Sedangkan dengan WordPress tidak ada batasan untuk membuat konten, kalian dapat membuat konten sebanyak yang kalian nmau dan semampu kalian.

4. WordPress dapat Monetisasi

Jika kalian membangun blogging dengan tujuan untuk menghasilkan banyak uang maka kalian wajib memilih WordPress daripada Medium. Meski Medium memiliki program mitra yang dapat menjadikan seseorang menghasilkan uang dari konten mereka tapi itu tidak menghasilkan uang yang banyak. Itu sebabnya banyak orang yang lebih memilih WordPress untuk menghasilkan lebih banyak uang dari konten yang mereka buat.

Dengan WordPress kalian juga mendapatkan paket komplit, yaitu:

  • Dapat menjalankan iklan. Semakin baik iklan yang kalian jalankan maka semakin besar peluang bagi kalian untuk menghasilkan lebih banyak uang.
  • Bisa menerima sponsor.
  • Dapat menggunakan program afiliasi.
  • Dan apapun yang ingin kalian hasilkan lebih banyak uang.

Banyak dari perusahaan besar yang menggunakan WordPress untuk membantu mereka menghasilkan lebih banyak pendapatan. Jadi, apabila kalian ingin memiliki platform blogging yang dapat menghasilkan uang, kami sarankan untuk menggunakan WordPress.

3 Alasan Memilih Medium untuk Blogging 

Berikut beberapa area yang mana Medium lebih unggul dari WordPress:

1. Medium Sangat Sederhana dan Mudah Digunakan

Jika kalian tidak berniat untuk memiliki website sendiri dan tidak ingin menambahkan fitur serta tema sesuai dengan keinginan kalian maka Medium adalah jawabannya.

Alasannya adalah kalian dapat dengan mudah untuk membangun dan berjalan dengan blog. Dengan menggunakan Medium untuk blog, kalian tidak perlu khawatir dalam hal manajemen.

Cara mendaftarnya pun sangat mudah dan sederhana. Kalian cukup login menggunakan login sosial untuk mulai menulis postingan pertama kalian. Medium juga memiliki aplikasi seluler yang dapat memudahkan pembaca artikel menggunakan perangkat mobile mereka sehingga pembaca bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

2. Memiliki Pemirsa Internal

Jika dengan menggunakan WordPress, memungkinkan kalian untuk membangun audiens target kalian sendiri. Kalian perlu kerja keras untuk mendatangkan pengunjung potensial ke website kalian. Namun, dengan Medium kalian tak perlu melakukannya.

Keunggulan lain dari Medium adalah pemirsa dan lalu lintas bawaannya. Dengan menggunakan Medium, kalian tidak harus memasarkan blog kalian karena Medium memiliki sekelompok besar pembaca yang datang ke Medium khusus untuk membaca konten orang lain. Apabila kalian memiliki konten yang berkualitas tinggi maka kalian dapat menjangkau orang-orang yang tergabung di Medium.

3. Memiliki Komponen Sosial

Poin yang lebih menguntungkan dari Medium adalah memiliki elemen sosial yang sulit didapatkan di situs WordPress. Mungkin WordPress memiliki fungsionalitas yang cukup mudah tapi komunitasnya sedikit sulit untuk dibangun.

Di Medium, artikel kalian dapat dengan mudah untuk dikomentari, dibagikan atau mendapatkan tepuk tangan oleh pengguna lain.

Selain itu, di Medium kalian juga dapat dengan mudah mengikuti akun medium milik orang lain. Selain itu, sistem notifikasi yang mirip seperti Facebook, yang mana semua orang dapat mengetahui pembaruan konten dan artikel terbaru.

WordPress vs Medium

Untuk menentukan platform bloging yang terbaik untuk kalian, di sini kita akan lebih fokus pada WordPress.org serta bagaimana membandingkan dengan Platform Medium.

Kemudahan Pengguna

Jika kalian masih bingung tentang perbedaan antara WordPress.org dan Medium, mari kita dalami lebih dalam tentang ini. Mari kita coba klarifikasi platform blog mana yang tepat untuk kalian, dimulai dengan kemudahan pengguna dan aksesibilitas masing-masing.

Kita semua tahu bahwa pengguna internet setiap tahunnya meningkat dengan pesat. Maka, tentu semakin banyak pengguna internet memanfaatkan internet untuk mendidik diri mereka sendiri. Caranya dengan mengikuti perkembangan berita dunia serta berkomunikasi secara bebas menggunakan kata-kata, video maupun suara.

Dapat dikatakan bahwa WordPress.org merupakan evolusi. WordPress.org telah merevolusi cara individu dan bisnis kecil membuat konten untuk konsumsi online. Hal ini berlaku di seluruh dunia karena platform ini memiliki total terjemahan sebanyak 72 yang tersedia untuk pengguna.

Kini, lebih mudah dan murah memiliki website untuk bisnis ataupun blog dengan menggunakan WordPress.org. Sekarang ada banyak kesempatan bagi siapa saja untuk membuat website bisnis maupun blog pribadi. Aksesibilitas platform secara global memungkinkan WordPress.org untuk mendominasi dunia kata-kata yang ditulis secara digital. Tentu poin ini membuat semua orang mudah untuk membagikan cerita online kepada audiens di seluruh dunia.

Untuk dapat mengakses WordPress.org kalian harus mengunduh perangkat lunak open source yang terafiliasi. Namun, untuk mempublikasikan konten akan sedikit menyita waktu apabila kalian memilih untuk mengatur Meta deskripsi dan Tag.

Sedangkan Medium menawarkan platform yang tidak terlalu rumit dan dapat diakses secara instan. Ini juga memungkinkan penulis yang sama untuk membuat dengan cepat dan berbagi dengan mudah di seluruh jaringan pembaca yang terintegrasi.

Medium juga memungkinkan bagi siapa saja untuk memulai blog pertama mereka dengan cepat dan membagikannya ke seluruh situs. Sementara tag dapat digunakan untuk kategori konten kalian dan membuatnya terlihat oleh orang lain. Sudah banyak orang yang telah menggunakan Medium untuk membangun merek pribadi mereka dan membagikan cerita mereka kepada khalayak luas.

Sederhananya: bahwa WordPress.org merupakan Content Management System yang bisa diakses secara global dan tersedia dalam berbagai bahasa. Meski tidak sama dengan WordPress.org namun Medium jauh lebih mudah digunakan.

Fitur & Fleksibilitas

Jika dari segi kemudahan pengguna, Medium memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan dengan WordPress.org. Namun, ini tidak serta-merta membuat Medium lebih unggul karena WordPress.org juga menawarkan berbagai fitur yang jauh lebih lengkap dan berkontribusi terhadap website yang bisa disesuaikan, terukur, dan mudah dikelola.

WordPress.org mungkin paling baik digambarkan sebagai Content Management System.

Tak hanya itu, WordPress.org juga menawarkan banyak tema bahkan lebih dari ribuan tema dan Template elegan yang tersedia. Selain itu, terdapat ribuan plugin gratis dan berbayar yang bisa kalian gunakan. Tentu ini menambah keragaman ke website kalian dengan menggabungkan elemen perangkat lunak yang tersedia. 

Sederhananya: inilah perbedaan besar pada kedua platform ini. Medium telah membuat langkah besar dalam meningkatkan integrasi media sosial, analisis website, dan juga responsive di berbagai perangkat. Namun, Medium memiliki kekurangan dalam fleksibilitas yang mendukung tugas manajemen konten. Bahkan, Medium mempertahankan fokus pada sumber daya blogging yang efektif tetapi tidak memiliki keragaman atau fleksibilitas yang asli.

Tujuan untuk Merek Pribadi atau Bisnis?

Satu pertanyaan penting! Apa tujuan kalian meluncurkan blog? Apakah kalian ingin blog kalian hanya untuk memberikan cerita atau blog kalian bertujuan untuk menawarkan produk atau layanan. Intinya, ada dua kata yang dapat membantu kalian memilih WordPress atau medium, yaitu pribadi dan merek.

Saat ini hampir semua orang menggunakan internet untuk menciptakan merek profesional maupun pribadi mereka sendiri. Caranya dengan menerapkan kata-kata yang disertakan gambar untuk berbagi cerita yang menarik.

Jika kalian ingin menciptakan merek pribadi atau membagikan cerita kalian dalam bentuk blog, apapun topiknya maka Medium adalah tempat yang sangat tepat untuk memulainya. Platform ini cocok untuk pemula karena kemudahan menggunakannya.

Namun, jika kalian adalah seorang pebisnis yang ingin memiliki blog untuk menciptakan merek bisnis kalian atau ingin memiliki blog untuk keperluan kustomisasi, formulir opt-in, SEO dan toko online maka WordPress.org adalah satu-satunya pilihan yang tepat. Selanjutnya kalian harus menentukan interaksi platform yang kalian ingin akses yang tentunya tergantung pada kebutuhan kalian yang tepat dengan tujuan blogging kalian.

Kalian dapat menggunakan platform Medium untuk:

  • Memulai blog pertama
  • Bicara tentang masalah yang penting
  • Cepat untuk membangun merek pribadi
  • Membagikan keahlian menulis kalian dengan orang lain

Kalian dapat menggunakan platform WordPress untuk:

  • Mengembangkan blog
  • Membuat website untuk bisnis
  • Untuk menghasilkan uang dari blog
  • Serius dengan merek bisnis kalian
  • Menambahkan e-commerce

Sederhananya: perbedaan yang sangat jelas dari WordPress.org dan Medium, yaitu menciptakan manfaat variabel di setiap platform tersebut. Oleh karena itu, tugas kalian di sini adalah untuk menentukan dengan jelas apa kebutuhan kalian sehingga kalian dapat membuat pilihan yang tepat. Jika hanya untuk menciptakan merek pribadi, kalian bisa memanfaatkan Medium untuk pertama memulai. Sedangkan bagi pemilik bisnis, akan lebih menikmati manfaat jangka panjang dengan menggunakan WordPress.

Harga WordPress vs Medium

Pada akhirnya pilihan akan dijatuhkan pada harga. Apabila kalian ingin menghosting sendiri website WordPress kalian dapat mengunduh versi terbaru dari WordPress.org. Jika kalian sudah mengunduhnya lalu kalian bisa menghostingnya di manapun kalian suka, memiliki struktur URL sendiri, dan mengontrol konten kalian.

Sedangkan Medium menawarkan layanan gratis di seluruh papan. Poin ini merupakan satu-satunya downside, tidak seperti situs website WordPress self-host, kalian tidak memiliki kendali atas konten kalian maupun struktur URL kalian.

Sederhananya: ketika kalian mempertimbangkan tool dan fitur yang bisa kalian sesuaikan, kalian bisa mendapatkan melalui WordPress.org. Pada umumnya, WordPress dan Medium sering dibandingkan karena kedua platform ini memiliki daya tarik tersendiri bagi komunitas blogging.

Kalian harus tahu bahwa pada kenyataannya kedua platform ini melayani tujuan yang berbeda. Medium sangat cocok bagi blogger yang mungkin telah memiliki pengikut yang banyak dan kuat di Facebook atau Twitter. Dari Facebook dan Twitter, blogger dapat menarik penggemarnya ke akun Medium miliknya, di situlah mereka mulai membangun reputasi di dalam komunitas medium yang ada.

Sedangkan WordPress sangat ideal bagi bisnis yang ingin meluncurkan blog resminya. WordPress menawarkan fungsionalitas yang luar biasa, ditambah lagi dengan daftar plugin dan integrasi yang tidak akan pernah ada habisnya untuk menjaga blog tetap fresh dan fleksibel.

Okay, jadi itulah penjelasan terkait platform Medium dan WordPress, silakan kalian manfaatkan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan terkait dengan kebutuhan kalian, ya. 

Oia, ada sesuatu yang spesial nih dari Jetorbit, yakni Paket Website Toko Online. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian tentunya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment