Pengertian Analisis SWOT, Cara Membuat, dan Cara Menggunakannya

Sharing is caring!

Saat mau memulai bisnis, tentunya kalian membutuhkan perencanaan terlebih dulu. Nah, selain menentukan produk, nama brand, serta budget, ada baiknya jika kalian juga memperkirakan di mana posisi kalian jika dibandingkan dengan para kompetitor kalian. Oia, di antara kalian tentu tak asing lagi dengan teknik analisis SWOT. Okay, kita simak bersama yuk tentang SWOT di artikel Pengertian Analisis SWOT, Cara Membuat, dan Cara Menggunakannya

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode analisis sederhana tetapi memiliki peran besar dalam mengembangkan strategi bisnis yang menguntungkan.

pengertian-analisis-SWOT-1

SWOT itu sendiri adalah singkatan dari strength, weakness, opportunity, dan threat. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek utama dari sebuah bisnis yang meliputi keunggulan, kekurangan, kesempatan, dan ancaman.

Manfaat Analisis SWOT untuk Bisnis

Secara umum manfaat analisis SWOT adalah untuk mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dalam sebuah bisnis atau usaha.

Berikut manfaat analisis metode SWOT secara lebih terperinci:

  • Mengoptimalkan keunggulan (strength) sebuah bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal
  • Mengatasi kelemahan (weakness) yang dapat mengurangi keuntungan bisnis
  • Mengidentifikasi peluang (opportunities) yang dapat meningkatkan keuntungan bisnis.
  • Mengantisipasi dan mencegah terjadinya kerugian atau kendala bisnis yang disebabkan oleh ancaman (threats).

Komponen SWOT

Analisa SWOT terdiri dari empat komponen yang terbagi dalam dua kategori, yaitu faktor internal (strength dan weakness)dan faktor eksternal (opportunity dan threat).

Strength

Komponen ini mencerminkan kekuatan yang terdapat dalam instansi atau perusahaan. Strength membahas tentang keuntungan dalam perusahaan, baik berupa sesuatu yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Perusahaan tentunya akan mendapat keuntungan apabila memiliki poin strength yang lebih menonjol daripada weakness. Contoh elemen strength adalah sumber daya manusia, manajemen tim, kerjasama tim, skema kerja, dan lain-lain. 

Weakness

Elemen weakness mencerminkan kelemahan perusahaan. Kelemahan dapat berupa hal-hal yang tidak dimiliki perusahaan atau belum dilakukan dengan baik oleh perusahaan. Penting bagi pelaku bisnis untuk menyadari kelemahan yang ada agar dapat memperbaiki atau mengisi hal yang masih kurang dalam pengembangan bisnis. Contoh elemen weakness adalah kurangnya tenaga kerja, kurangnya modal, sistem bisnis yang kurang efektif, dan lain-lain.

Opportunity

Dukungan eksternal, seperti bantuan pemerintah, regulasi, kebutuhan masyarakat, perubahan demografi, atau perkembangan teknologi bisa menjadi elemen peluang bagi bisnis untuk berkembang. 

Threat

Elemen ini merupakan faktor eksternal yang dapat menghambat perjalanan dan perkembangan bisnis. Ancaman bisa mencakup munculnya kompetitor, perubahan regulasi pemerintah, dan penurunan nilai ekonomi.

Strategi Kombinasi Komponen SWOT

Terdapat beberapa kombinasi elemen yang dapat dijadikan bagian dari perencanaan perkembangan bisnis, yaitu:

Strategi S-O

Strategi ini adalah strategi gabungan dari komponen strength dan opportunity yang berarti menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang.

Strategi S-T

Selain untuk memanfaatkan peluang, kekuatan perusahaan juga dapat dimanfaatkan untuk menghindari ancaman.

Strategi W-O

Selanjutnya, apabila kalian telah menyadari peluang yang muncul, silakan manfaatkan peluang tersebut untuk mengatasi kelemahan.

Strategi W-T

Kombinasi elemen terakhir adalah antara weakness dan threat yang berarti upaya untuk meminimalisir kelemahan dan menghindari ancaman.

Pertanyaan Analisis SWOT

Okay, inilah saatnya kalian mulai merancang analisis terhadap bisnis kalian. Tak hanya perlu memahami fungsinya lho, kalian juga perlu mengerti apa saja yang harus ditulis dalam analisis kalian.

Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang sebaiknya bisa kalian jawab untuk menganalisis bisnis kalian:

Strength

  • Apa yang membedakan bisnis kalian dengan bisnis lain?
  • Keunggulan apa yang dimiliki bisnis kalian dibanding yang lain?
  • Apa yang akan dilihat oleh konsumen sebagai suatu kelebihan?

Weakness

  • Faktor apa yang membuat kompetitor lebih unggul daripada bisnis kalian?
  • Apa saja kelebihan kompetitor yang tidak sesuai dengan prinsip bisnis kalian?
  • Apakah keunikan bisnis buatan kalian sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan ideal?

Opportunity

  • Kesempatan apa yang bisa diraih saat ini?
  • Apakah perkembangan tren saat ini sesuai dengan bisnis kalian? Jika ya, bagus. Jika tidak, mungkin kalian perlu meningkatkan brand awareness atau lakukan improvisasi sehingga brand kalian yang menjadi pelopor suatu tren (menjadi trendsetter).

Threat

  • Apa yang dipikirkan oleh kompetitor?
  • Hambatan apa saja yang berkemungkinan akan menghambat bisnis kalian?
  • Adakah aturan pemerintah yang akan memperlambat perkembangan bisnis?

Contoh Analisis SWOT

Meski analisis SWOT dapat membantu pelaku bisnis dalam menyadari elemen-elemen penting dalam pengembangan bisnis namun upaya pengembangan bisnis tidak berhenti di tahap itu, lho.

Perlu adanya upaya yang tepat dalam menerapkan analisis yang telah dibuat. Langkah selanjutnya dari pembuatan analisis SWOT adalah menyusun strategi sebenarnya berdasarkan analisis tersebut.

Bisa dimulai dengan membuat produk dengan nilai yang tepat sesuai analisis SWOT. Selain itu, silakan siapkan rencana kerja, alokasi sumber daya, serta tentukan target yang ingin dicapai.

Gojek

Layanan penyedia jasa ojek online karya anak bangsa ini merupakan salah satu perusahaan unicorn start-up di Indonesia. Keberhasilan Gojek tak lepas dari tujuan bisnisnya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. 

Analisis SWOT Gojek:

Strength

  • Penting dalam menunjang pergerakan aktivitas masyarakat sehari-hari dan selalu dibutuhkan.
  • Sangat efisien digunakan bagi masyarakat.
  • Layanan yang beragam. Selain opsi transportasi, pengguna bisa memesan makanan, belanja, dan mengirim barang dengan Gojek.
  • Jumlah mitra pengemudi (driver) yang banyak.
  • Membuka banyak lapangan pekerjaan.

Weakness

  • Harus memiliki akses internet yang memadai untuk menggunakannya.
  • Perusahaan sangat bergantung pada mitra pengemudi.
  • Kejahatan dari oknum mengatasnamakan perusahaan dapat berpengaruh besar kepada kepercayaan pelanggan menggunakan transportasi online Gojek.

Opportunity

  • Memberi peluang untuk meningkatkan taraf hidup mitra pengemudi.
  • Dapat mengembangkan layanan ke daerah-daerah lainnya.
  • Berpeluang merambah ke sektor bisnis lainnya, contoh adanya Gopay.

Threat

  • Regulasi hukum yang mengatur transportasi online bisa berubah di kemudian hari.
  • Kompetitor yang memberi tarif dan penawaran dengan harga yang lebih bersaing dapat membuat pelanggan beralih ke jasa transportasi online yang lain.
  • Adanya larangan di beberapa daerah tertentu yang tidak mengizinkan transportasi online beroperasi. Hal ini bisa menjadi salah satu hambatan bagi Gojek dan mitra pengemudi.

Gimana, mudah kan menggunakan analisis SWOT, Guys? Sekarang kalian bisa mempraktikkan analisis ini ke bisnis kalian, deh! Oia, selain menggunakan analisis metode SWOT, jangan lupa ya untuk membangun image dan profil bisnis yang berintegritas serta kredibel agar lebih mudah untuk menemukan pelanggan.

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Good luck!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Analisis SWOT, Cara Membuat, dan Cara Menggunakannya
Artikel
Pengertian Analisis SWOT, Cara Membuat, dan Cara Menggunakannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Di antara kalian tentu tak asing lagi dengan teknik analisis SWOT. Baca yuk Pengertian Analisis SWOT, Cara Membuat, dan Cara Menggunakannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment