belajar bisnis online

Belajar bisnis online bisa menjadi salah satu langkah yang kalian tempuh guna menambah sumber pendapatan kalian. Belajar bisnis online memang memiliki berbagai tantangan. Kalian mungkin akan kesulitan bahkan terjatuh. Namun, seperti konsep bisnis pada umumnya, kalian tak perlu khawatir untuk mulai mencoba lagi. Yuk siapkan diri kalian untuk belajar bisnis online di Cara Belajar Bisnis Online yang Efektif untuk Pemula

Belajar Bisnis Online yang Efektif untuk Pemula

Kemajuan teknologi yang membuat kita hidup di era digital seperti sekarang memberi berbagai kemudahan, termasuk untuk belajar bisnis online. Saat belajar bisnis online kalian harus memperhatikan beberapa langkah untuk memulainya.

Berikut beberapa langkah belajar bisnis online yang perlu diketahui oleh pemula:

Temukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Produk menjadi hal utama dan paling vital dalam bisnis online. Upayakan untuk menjajakan produk yang sesuai kebutuhan pasar sehingga punya potensi untuk memenangkan pasar.

Jadi, ketika memulai bisnis online jenis bisnis apapun itu, yang pertama kali harus kalian pikirkan adalah apakah produk kalian dibutuhkan pasar? Apakah produk kalian bisa menyelesaikan masalah konsumen?

Setelah mengidentifikasi masalah yang dihadapi pasar, langkah belajar bisnis online berikutnya adalah memilah masalah yang bisa berpotensi menjadi bisnis karena tidak semua masalah punya potensi untuk dijadikan bisnis online.

Melakukan Riset Pasar

Setelah memilah masalah yang memiliki potensi, langkah belajar bisnis online selanjutnya adalah melakukan riset pasar tentang bidang yang kalian cari sebelumnya. Kalian membutuhkan data yang objektif sebagai pondasi bisnis online yang kuat.

Melalui riset pasar ini, kalian bisa mendapatkan data-data tersebut. Oleh karena itu, kalian bisa mengambil keputusan yang didasari data-data objektif, bukan sekadar asumsi dan opini.

Untuk melakukan riset pasar kalian bisa mencoba mencari keyword. Maksudnya adalah kalian bisa melakukan riset tentang apa yang dicari orang ketika mencari masalah tersebut. Dari hasil ini kalian bisa menemukan solusi yang konsumen butuhkan.

Kalian juga bisa memeriksa tren di media sosial termasuk menemukan review produk atau layanan. Dalam belajar bisnis online, kalian juga bisa bergabung dengan forum atau grup untuk membahas produk yang konsumen gunakan.

Analisis Kompetitor

Langkah belajar berikutnya adalah melakukan analisis kompetitor. Untuk bisa mengalahkan kompetitor, kalian harus mempelajari mereka terlebih dahulu. Apa kelebihan mereka, bagaimana cara mereka mendekati konsumen, sampai poin kekurangan mereka.

Dengan informasi-informasi tersebut, kalian bisa membuat produk yang bisa bersaing dengan kompetitor. Kalian bisa mengelompokan kompetitor dalam beberapa kategori, seperti kompetitor utama, sekunder, dan tersier.

Untuk menganalisis, kalian juga bisa mengidentifikasi website atau lapak online kompetitor kalian, loh. Di sana kalian bisa melakukan identifikasi seperti apa foto produk mereka, bagaimana mereka menampilkan produk dan detailnya, apa isi deskripsi produknya, dan sedetail apa sih informasi yang mereka berikan.

Apakah mereka punya blog? Jika iya, seperti apa konten blognya? Apakah mereka menampilkan testimoni konsumen di website, metode pembayaran apa saja yang mereka tawarkan, hingga metode pengiriman barang yang mereka sediakan.

Hal serupa bisa dipraktikan saat menganalisis media sosial kompetitor, kalian bisa mengidentifikasi mulai dari media sosial apa yang mereka gunakan, seberapa aktif mereka memposting di media sosial, apakah mereka responsif terhadap konsumen, hingga konsep postingan yang mereka gunakan.

Cari Model Bisnis

Langkah belajar bisnis online selanjutnya adalah mencari model bisnis. Kalian perlu memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan karena meski kalian menjual produk yang sama, cara menjualnya bisa berbeda-beda, kan.

Sebagai contoh, kalian tertarik untuk menjual alat kesehatan. Jika kalian memiliki modal yang cukup, kalian bisa menyetok beberapa produk fisik untuk dijual di website atau marketplace atau media sosial.

Namun, jika kalian belum memiliki modal, kalian bisa bekerja sama dengan agen yang menjual alat kesehatan lalu menjual produk tersebut melalui toko online atau media sosial lainnya. Dengan cara ini, kalian tak perlu khawatir dengan stok produk dan lainnya.

Bandingkan Harga Kompetitor

Langkah berikutnya dalam belajar bisnis online adalah membandingkan harga dengan produsen lain. Pasalnya, harga masih menjadi salah satu faktor terpenting yang dipertimbangkan konsumen ketika membeli sebuah produk.

Tidak sedikit konsumen menganggap harga sebagai salah satu faktor utama ketika membeli sebuah produk. Oleh karena itu, Anda harus membandingkan harga produk semua kompetitor Anda sehingga bisa menemukan berapa rata-rata harga produk yang sama di pasaran dan di angka berapa para konsumen mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk tersebut.

Tentukan Target Pasar

Langkah berikutnyaadalah menentukan target pasar. Hal ini bertujuan untuk menentukan sekelompok orang yang sama kemungkinannya untuk membeli produk yang kalian buat. Setiap produk punya pasarnya masing-masing. Misalnya, meski sama-sama produk sepatu olahraga, merek A dan B punya target pasar yang berbeda.

Dengan target pasar yang lebih spesifik, kalian bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, kalian juga akan lebih mudah dalam menyusun strategi penjualan yang lebih efektif.

Setidaknya kalian perlu mengelompokan target pasar berdasarkan dua faktor, yaitu demografi dan psikografi. Demografi didasarkan pada umur, lokasi, gender, pendapatan, tingkat pendidikan, hingga pekerjaan. Sementara psikografi didasarkan atas ketertarikan, hobi, dan nilai-nilai yang dianut oleh konsumen.

Produk yang Akan Kalian Jual Secara Online

Setelah melakukan riset pasar, analisis kompetitor, dan penentuan target pasar, kini kalian tinggal menentukan produk yang akan dijual. Nah, produk apa sih yang bisa kalian jual secara online?

Pertanyaan itu tentu hanya bisa dijawab berdasarkan data dari riset pasar, analisis kompetitor, dan target pasar kalian. Pastikan produk yang kalian buat sesuai dengan kebutuhan target pasar.

Berikut adalah beberapa contoh jenis produk yang biasa dijual secara online:

  • Produk fisik atau digital: handphone, furniture, snack, alat kesehatan, oleh-oleh, ebook, atau software.
  • Jasa: pemesanan tiket, booking hotel, pengiriman barang, atau layanan online marketing.

Buat Website

Kenapa harus website? Mengapa harus membuat website untuk bisnis online kalian? Karena pelanggan yang menginginkannya. Menurut survei Verisign, sebanyak 56 persen orang tidak percaya pada bisnis online yang tidak punya website.

Jika pelanggan tidak percaya pada bisnis online kalian, mereka mencari alternatif lain. Ingat, ada banyak kompetitor di luar sana yang bisa merebut pelanggan kalian. 

Jika kalian tidak ingin pelanggan lari ke kompetitor, kalian harus meyakinkan mereka bahwa bisnis online kalian benar-benar ada dan bukan tipu-tipu belaka. Nah, salah satu cara paling efektif untuk meyakinkan pelanggan adalah dengan mempunyai website resmi. 

Membuat website untuk bisnis online pun mudah. Caranya adalah kalian bisa menggunakan WordPress untuk membuat website toko online.

Pasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat

Pemasaran bisnis online tidak bisa asal-asalan. Kalian butuh strategi yang tepat untuk bisa memasarkan bisnis online ke target pasar yang tepat dengan pesan marketing yang sesuai.

Strategi pemasaran bisnis online yang bisa kalian terapkan adalah dengan memanfaatkan Google Bisnisku, maksimalkan media sosial, dan optimasi SEO.

Pertahankan Pelanggan Setia

Kalian bisa saja selalu menargetkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Namun jangan lupa, pelanggan lama juga sama pentingnya.

Justru membuat promosi untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mahal ongkosnya. Apalagi jika dibandingkan dengan merawat pelanggan lama kalian . Ongkos untuk mendapatkan pelanggan baru bahkan bisa mencapai 25 kali lipat dibandingkan dengan merawat hubungan dengan pelanggan setia. Seperti Jetorbit yang memberikan promo domain dan hosting kepada para pelanggannya.

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian tentunya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment