optimasi-seo-on-page

Cara Mengoptimasi SEO On-page pada Website WordPress

Sharing is caring!

WordPress merupakan platform SEO friendly yang luar biasa. Namun  untuk visibilitas mesin pencari yang lebih baik lagi, Anda perlu mengoptimalkan SEO setiap halaman yang Anda publikasikan secara online. Ketahui lebih lanjut yuk di artikel Cara Mengoptimasi SEO On-page pada Website WordPress.

Sebelum melakukan SEO untuk postingan Anda, Anda harus meninjau dan memastikan bahwa on-page Anda juga dioptimalkan.

Hal ini penting, terutama untuk situs perusahaan atau toko online karena on-page dapat memberikan banyak informasi kepada mesin pencari tentang situs dan tujuannya. Hal ini juga berdampak pada performa SEO halaman lain di situs Anda.

Cara Optimasi SEO On-page pada WordPress

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait optimasi SEO On-page di WordPress adalah sebagai berikut:

  • Optimasi URL

Hal pertama yang perlu Anda periksa adalah WordPress diatur untuk menggunakan URL yang SEO friendly. URL yang ramah SEO memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Memiliki makna dan menjelaskan terkait halaman atau posting tersebut.
  • Memiliki ‘-‘ untuk memisahkan setiap kata yang membentuk URL.
  • Tidak termasuk karakter yang memang tidak perlu dan tidak terlalu panjang.

Berikut ini contoh URL dengan format yang baik dan yang buruk.

Format baik

https://www.reliablesoft.net/what-is-seo

Format buruk

  • http://www.reliablesoft.net/sessionid=123&var=1&content=SEO

WordPress memiliki sejumlah opsi untuk mengkonfigurasi URL Anda (disebut dengan Slugs) dan Anda dapat menemukannya di menu SETTINGS.

optimasi-seo-on-page-1

Seperti yang Anda lihat pada screenshot di atas, ada sejumlah pengaturan yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat Anda pilih tetapi Anda juga dapat memilih “custom structure” dan menentukan struktur URL Anda sendiri.

Lalu bagaimana pengaturan permalink terbaik untuk tujuan SEO itu sendiri? Tentunya dengan memiliki URL secara langsung setelah nama domain maka itu adalah pilihan terbaik. Anda pun tidak harus menggunakan tanggal di URL.

Apa yang akan terjadi jika Anda mengubah pengaturan permalink untuk situs WordPress yang sudah ada?

Biasanya WordPress akan menangani perubahan secara otomatis dengan menambahkan kode yang dibutuhkan di file .htaccess Anda sehingga Anda tidak perlu melakukan apapun.

Untuk menguji apakah semuanya baik-baik saja dan apakah peringkat SEO Anda tidak akan terpengaruh adalah dengan cara membuka jendela browser lalu mengetikkan URL lama Anda. Jika halaman dialihkan ke URL baru maka semuanya baik-baik saja, jika tidak maka Anda mungkin harus memeriksa izin Anda dan kembali ke halaman pengaturan permalink  dan klik tombol Save Changes lagi.

  • Optimasi Judul Halaman

Menggunakan judul yang SEO Friendly merupakan salah satu faktor SEO on-page terpenting dari apapun yang dipublikasikan secara online. Search engine saat melakukan proses crawling halaman, menelusuri kode HTML untuk menemukan dan menafsirkan <title> tag.

Apa yang mereka temukan di judul menyatakan topik tentang halaman tersebut. Memang ada banyak sinyal lain yang merupakan bagian dari algoritma peringkat mereka tetapi judul memainkan peran yang penting.

Saat memikirkan tentang judul, pertimbangkan hal berikut ini:

  • Panjang judul yang bagus adalah antara 45 – 60 karakter karena mesin pencari menampilkan sekitar 60 karakter di SERPS.
  • Judulnya harus menarik.
  • Judul harus mendeskripsikan konten halaman secara akurat.
  • Konsistensi dalam judul dan konten diperlukan untuk kesuksesan SEO.
  • Tambahkan keyword dalam judul Anda.

Ingatlah bahwa judul posting (atau halaman) mungkin berbeda dari H1 tag dari halaman.

Contoh Optimasi Judul Halaman

Berikut ini contoh yang sangat bagus tentang bagaimana mendekati pengoptimalan judul Anda yang diberikan oleh Google AdSense.

optimasi-seo-on-page-2

Jika Anda memeriksa dengan cermat judul yang digunakan oleh AdSense di homepage mereka. Anda akan melihat bahwa 50 karakter pertama dari judul tidak menyebutkan merek, yaitu Google atau AdSense. Namun justru mencakup beberapa keyword, seperti make money online dan website monetization.

  • Elemen Media SEO

Halaman lebih menarik dan lebih mudah dibaca jika memiliki gambar, screenshot, video, dan elemen media lainnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Terlalu banyak elemen media akan meningkatkan loading time situs dan tentunya tidak bagus, terutama bagi pengguna seluler.
  • Jika Anda memiliki video, maka silahkan upload ke layanan video streaming, seperti YouTube dan sematkan di situs Anda. Menghosting video di server Anda sendiri bukanlah ide yang bagus.
  • Gunakan ALT Text untuk gambar dan skema yang tepat untuk Video.

  • Optimasi Pengenalan Halaman

Konten yang ditemukan di bagian atas halaman manapun sangatlah penting untuk SEO. Google selalu berasumsi bahwa bagian halaman yang paling berguna adalah yang semakin lebih dekat ke atas. Untuk memanfaatkan poin ini, pastikan bahwa:

  • Anda memiliki konten teks sedekat mungkin dengan bagian atas halaman.
  • Beberapa baris pertama harus mendeskripsikan halaman secara akurat.
  • Sertakan keyword yang konsisten dengan judul halaman.

Anda juga dapat menggunakan 150 karakter pertama dari pendahuluan Anda sebagai meta description tag pada halaman.

optimasi-seo-on-page-3
  • Optimalkan Subheadings Anda (H2, H3)

Terbukti bahwa posting blog yang panjang (lebih dari 1500 kata) berkinerja lebih baik dalam SEO. Hal tersebut berarti halaman tentu menjadi lebih panjang dan lebih sulit untuk dibaca. Agar pembaca tetap tertarik, Anda harus mencoba memecah konten menjadi beberapa bagian dan menggunakan subheadings untuk menjelaskan setiap bagian.

Subheading memang bagus untuk SEO dan juga berguna bagi orang yang menggunakan skimming saat membaca. Ibaratnya, judul halaman adalah bab buku Anda dan sub judul halaman adalah isi bab.

Dalam SEO teknis, judul halaman harus memiliki <H1> tag (dan Anda hanya boleh memiliki satu H1 perhalaman) dan subheadings bisa <H2> atau <H3>.

  • Pemformatan Konten (Content Formatting)

Selain subheadings, gunakan opsi pemformatan lain untuk membuat halaman Anda lebih menarik untuk dilihat, seperti bold text, italic, dan paragraf kecil. Banyak orang berpikir bahwa hal-hal tersebut tidak terlalu penting karena crawler mesin pencari tidak dapat benar-benar ‘melihat’ halaman seperti halnya manusia, tetapi ini anggapan yang salah.

Crawlers dapat mengetahui apakah pemformatan telah dilakukan di halaman namun yang terpenting adalah jangan lupa bahwa pengalaman pengguna merupakan poin paling penting.

Buatlah pengguna Anda merasa senang sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktu di halaman Anda, terlibat dengan konten Anda, dan kembali lagi ke situs Anda.

  • Memanfaatkan Internal Link 

Salah satu alat paling ampuh yang Anda miliki saat mengoptimalkan halaman untuk SEO adalah internal link. Tautan internal hanyalah tautan yang menunjuk ke halaman atau posting di domain yang sama.

Internal link memiliki empat tujuan utama:

  • Membantu pengguna terkait cara mudah untuk membaca lebih lanjut tentang topik tertentu.
  • Bertindak sebagai petunjuk ke mesin pencari sehingga melakukan crawling dan menemukan lebih banyak halaman dari situs Anda.
  • Teks tautan dari tautan internal digunakan oleh mesin pencari sebagai panduan terkait laman tautan tersebut membahas apa.
  • Cara terbaik untuk membuat mesin pencari membedakan laman penting dari situs Anda dari yang lain. Hal ini berguna jika Anda ingin meningkatkan peringkat halaman untuk keyword tertentu.

Praktik terbaik saat menggunakan tautan internal

  • Gunakan tautan internal hanya jika memang berguna bagi pengguna. 
  • Jangan takut untuk memiliki keyword di anchor text Anda untuk tautan internal.
  • Variasikan teks tautan.
  • Jangan hanya menautkan ke posting lama dari posting baru tetapi mencoba untuk kembali dan mengedit posting lama serta menambahkan link ke posting baru.

  • Content SEO 

Jangan salah, kualitas konten merupakan faktor SEO terbesar dari semuanya. Bisa dikatakan bahwa situs dengan konten bagus akan berkinerja baik dalam peringkat pencarian dengan atau tanpa SEO, situs dengan konten hebat dan SEO bagus akan berkinerja hebat dalam penelusuran.

Lalu, apa maksud dari konten yang bagus? Konten yang bagus adalah konten yang ingin dibaca pengguna. Mesin pencari telah berubah menjadi sangat cerdas terkait cara mereka dalam menafsirkan perilaku pengguna dan mereka dapat mengidentifikasi apa yang disukai serta tidak disukai pengguna.

Tambahan terbaru dari Google pada algoritma peringkat (RankBrain) merupakan bukti bahwa mesin mampu memahami dan memuaskan maksud pengguna.

Jika dari sudut pandang penerbit, bagaimana Anda bisa membuat konten yang akan membuat pembaca dan mesin pencari senang? Di sinilah konten SEO berperan. Pedoman terpenting adalah sebagai berikut:

Keunikan Konten

Konten apapun yang Anda publikasikan di situs Anda harus unik. Unik berarti bukan salinan yang persis dari yang telah diterbitkan secara online.

Konten yang Masih Fresh

Orang-orang suka membaca konten terbaru dan mesin pencari pun ingin menawarkan informasi terbaru kepada penggunanya tentang suatu topik. Oleh karena itu, sering memperbarui situs Anda dengan konten baru merupakan bagian penting dari SEO.

Konten Harus Cukup Panjang untuk Menarik Perhatian Pengguna dan Bot

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konten yang panjang dan terperinci berkinerja lebih baik dalam pencarian dan lebih sering dibagikan di media sosial.

Situs yang konsisten menerbitkan artikel panjang (lebih dari 1500 kata), telah mengalami lebih banyak pertumbuhan lalu lintas organik dibandingkan dengan situs yang menerbitkan artikel pendek.

Apa hubungan antara konten dan pengoptimalan posting serta halaman WordPress Anda? Bagian dari proses pengoptimalan pada halaman adalah meninjau halaman atau konten posting Anda serta memastikan kalau memiliki karakteristik yang telah ditentukan di atas, yaitu unik, fresh, dan cukup lama (bergantung pada sifat situs Anda).

  • Berilah Keterangan pada Konten Anda dengan Skema

Saat mengoptimalkan posting atau halaman WordPress Anda, Anda perlu memastikan bahwa skema yang relevan telah diterapkan di halaman Anda.

  • Buatlah External Link yang Berkualitas Tinggi

Tautan yang mengarah ke situs atau laman web dianggap oleh mesin pencari sebagai sumber terpercaya dan hal ini bekerja dengan cara yang positif ketika mencapai peringkat yang lebih tinggi. Tautan yang bagus adalah yang berasal dari situs terkait dan dipercaya oleh Google.

Hal tersebut segera mengecualikan tautan yang dibeli (purchased links), pertukaran tautan (links exchanges), tautan dari jaringan blog, tautan dari direktori artikel, low-quality forums, komentar spam, dan apapun yang tidak memberikan kontrol dengan baik tentang bagaimana tautan diberikan.

Lalu, bagaimana Anda bisa mendapatkan tautan yang bagus?

Hal ini mungkin terdengar klise tetapi satu-satunya cara yang aman untuk mendekati link building adalah menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik untuk menautkan ke konten Anda.

Anda bisa mendapatkannya dengan cara menargetkan mereka di media sosial (melalui iklan berbayar) atau terhubung dengan mereka melalui email.

Pada umumnya adalah Anda harus menampilkan konten Anda ke hadapan orang-orang yang kemungkinan besar tertaut ke konten tersebut secara alami.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Mengoptimasi SEO On-page pada Website WordPress
Artikel
Cara Mengoptimasi SEO On-page pada Website WordPress
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
WordPress merupakan platform SEO friendly yang luar biasa. Ketahui lebih lanjut yuk di Cara Mengoptimasi SEO On-page pada Website WordPress.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo