Cara Cek DA PA Blog dan Cara Meningkatkannya

Cara Cek DA PA Blog dan Cara Meningkatkannya

Sharing is caring!

Guys, kalian udah familiar dengan DA dan PA kan, ya? Eiitss, bukan DPA atau dosen pembimbing akademik lho, ya. Jadi, DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) itu merupakan indikator yang berfungsi untuk memudahkan pengguna meninjau performa website secara keseluruhan. Makanya, cek DA PA blog atau website mesti rutin dilakukan. Okay, kita cari tahu yuk Cara Cek DA PA Blog dan Cara Meningkatkannya

Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Domain Authority (DA) merupakan angka atau skor yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi peluang ranking website di mesin pencari. Skala ini terhitung dari angka dari 1 hingga 100. 

Semakin tinggi skor DA pada suatu website maka semakin tinggi kesempatan website tersebut untuk berada di posisi teratas mesin pencari.

DA bukanlah satu-satunya faktor penentu ranking website di Google. Skor DA hanya prediksi dan bukan metrik resmi yang digunakan Google untuk menentukan ranking website.

Kalian juga harus peduli dengan yang namanya skor Page Authority (PA). Page Authority adalah skor yang juga dikembangkan oleh Moz untuk menunjukkan peluang ranking halaman website di mesin pencari. 

Skala dari skor PA juga berlaku antara 1 hingga 100. Semakin tinggi angka skor maka semakin tinggi peluang halaman website bisa berada di peringkat tinggi mesin pencari.

Kalian pun bisa mengevaluasi bagian konten mana saja yang perlu ditingkatkan kualitasnya agar bisa unggul dibandingkan milik kompetitor dengan mengetahui skor PA.

Cara Cek DA PA Blog dan Website

Silakan kalian ikuti panduan cek DA PA blog dan website di bawah ini: 

  • Untuk bisa cek DA PA, kalian perlu mengunjungi link tools Moz di https://analytics.moz.com/
  • Masukkan alamat website atau blog pada kolom analisis. Di contoh ini kami memasukkan alamat Jetorbit. Lalu, klik Analyze.
cara-cek-da-pa-1
  • Setelah itu, kalian akan ditampilkan kolom overview yang berisi skor DA, Linking Domains, Inbound Links dan Ranking Keywords. 
  • Jika ingin melihat skor PA, klik Compare Link Profiles di menu sidebar kiri
cara-cek-da-pa-2
  • Lalu, klik Exact Page untuk cek DA PA sekaligus.
cara-cek-da-pa-3

Faktor Penentu Skor Domain Authority

Perlu diketahui bahwa ada sekitar 40 lebih faktor bagi Moz untuk menentukan skor DA pada suatu website. Sedangkan Google memiliki lebih dari 200 faktor untuk menentukan ranking website.

Oia, definisi dari setiap skor juga sangat relatif. Tidak ada penjelasan akurat yang mengatakan skor 30, 50, 70 dan seterusnya adalah skor yang baik atau buruk.

Meskipun ada 40 lebih faktor penentu skor Domain Authority tapi ada beberapa faktor yang paling berpengaruh, yaitu: 

  • Backlinks yang berkualitas: satu backlink dari website populer jauh lebih unggul daripada dua backlink dari website berkualitas rendah. Jadi, silakan kalian pastikan tidak hanya dari segi kuantitas atau jumlah backlink tapi juga kualitasnya. 
  • Jumlah referring domain yang tinggi: mendapatkan dua backlink dari dua website berbeda akan lebih menunjang skor DA.
  • Kualitas konten: konten merupakan faktor utama dari SERP. Maka tidak heran mengapa kualitas konten pada website juga mempengaruhi skor pada DA.
  • Social signals: Domain Authority menilai popularitas website melalui social signals atau engagements, seperti jumlah share, like, dan comment
  • Search Engine Friendliness: Search Engine Friendliness adalah kualitas struktur keseluruhan website. Faktor ini penting dalam pemberian skor DA karena akan menilai apakah penggunaan website bersifat user friendly atau tidak.

Apakah Domain Authority tetap penting bagi website?

Penting. Sebab, Domain Authority diciptakan sebagai metrik pembanding antara kualitas website kalian dengan website kompetitor. Artinya, jika skor DA kalian lebih rendah, silakan gunakan hasilnya untuk bahan evaluasi agar kualitas website kalian bisa lebih ditingkatkan. 

Lakukan analisis dari berbagai sisi, ya. Misalnya, dari segi inbound links, backlinks, kecepatan website, CTR (Click Through Rate), popularitas domain, dan sebagainya. 

10 Tips Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Berikut ini ada beberapa tips untuk meningkatkan skor DA dan PA pada website:

Optimasi SEO On-Page

Optimasi SEO on-page merupakan fondasi untuk memiliki website yang berkualitas dan juga menjadi pendukung Google untuk menaruh domain kalian pada posisi teratas di mesin pencari.

Sebab, optimasi SEO on-page akan memudahkan Google untuk memahami website kalian dan isi di dalamnya. 

Di bawah ini ada highlight terkait faktor apa saja yang menjadi pemeran utama, yaitu: 

  • Update konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengguna.
  • Optimasi judul, meta tags, meta title, dan description.
  • Headings dan subheadings yang terstruktur (H1, H2, H3 dan seterusnya) pada setiap konten.
  • Penggunaan keyword yang senatural mungkin dan menghindari keyword stuffing.
  • Optimasi video, foto dan media lainnya di setiap konten.
  • Menambahkan internal links ke halaman lain.
  • Permalink yang sederhana.

Oya, silakan kalian bisa ikuti panduan di artikel kami Cara Mengoptimasi SEO On page Pada Website WordPress

Optimasi SEO Off-Page

Off-page lebih mengutamakan hal-hal secara eksternal (di luar website). Sama dengan on-page, SEO off-page memiliki berbagai faktor yang tidak hanya berkutat pada soal link building

Link building adalah teknik untuk mendapatkan backlinks. Sederhananya adalah website lain yang mengarahkan link ke website kalian. 

Selain link building, banyak faktor penting lainnya yang menunjang kualitas SEO off-page, seperti listing bisnis, brand mention di media online, review, dan engagement di media sosial. 

Ingat ya Guys, SEO on-page dan off-page, keduanya harus dilakukan secara beriringan.

Optimasi Technical SEO

Technical SEO merupakan pondasi dari keberhasilan SEO on-page dan off-page. Secara umum, technical SEO mengacu pada  struktur dasar website. Jika struktur website sudah cukup rapi, otomatis search engine bots akan lebih mudah meng-crawling website kalian. 

Crawling merupakan proses pengindeksan website untuk menunjang visibilitas website di mesin pencari. Jadi, ketika pengguna memasukkan keyword tertentu yang berkaitan dengan konten kalian maka halaman atau website kalian akan tampil di mesin pencari. 

Berikut ini faktor technical SEO yang sekiranya paling berpengaruh pada DA dan ranking, yaitu:

Daftarkan Website Kalian ke Google Search Console

Google Search Console adalah tools gratis dari Google yang memungkinkan untuk mengirimkan website kalian ke mesin pencari agar bisa terindeks.

Ketika siap untuk meluncurkan website kalian, kalian harus mengirimkan sitemap XML ke Google Search Console agar dengan mudah meng-crawling situs baru kalian dan menampilkannya di hasil pencarian. 

Buat Sitemap XML 

Sitemap XML merupakan daftar halaman website berformat XML yang dapat terbaca oleh mesin pencari untuk diakses oleh pengguna.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Bisa dengan menggunakan bantuan plugin WordPress dengan Yoast SEO atau plugin Google XML. Selengkapnya bisa kalian baca Cara Membuat WordPress Sitemap: Panduan Untuk Pemula 

Atasi Masalah Duplikat Konten

Bila Anda memiliki konten yang serupa di beberapa halaman website kalian maka ini disebut sebagai duplikat konten. Duplikat konten harus dihindari karena dapat membuat mesin pencari kebingungan.

Kondisi seperti ini akan mempengaruhi performa halaman kalian lho di mesin pencari dan juga performa SEO. Tenang, kalian tidak perlu memblok atau menghapusnya. Kalian bisa membuat canonical link untuk membedakan mana konten asli dan mana yang ingin ditingkatkan di mesin pencari.

Pasang SSL (Secure Sockets Layer)

Mesin pencari tentu ingin membuat penggunanya selalu merasa sangat aman saat mengakses website. Makanya kalian perlu memasang SSL (Secure Sockets Layer). SSL merupakan sertifikasi keamanan website, yang ditandai dengan perubahan pada URL. 

cara-cek-da-pa-4

Jika sebelum pemasangan URL kalian diawali “HTTP”, ketika SSL dipasang maka URL akan berubah menjadi “HTTPS”. Selain memberikan jaminan keamanan seperti menghindari pencurian data/salah kirim data, SSL juga bisa meningkatkan reputasi website kalian di mata Google.

Yuk kalian simak di artikel kami Pengertian dan Fungsi SSL. Oya, di Jetorbit, aktivasi SSL gratis memakan waktu up to 24 jam. Berbeda dengan SSL Premium yang bisa digunakan langsung ketika aktivasi. Jadi, gak usah khawatir, ya 🙂

Oia, untuk lebih mengetahui terkait layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya nih, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian, ya. Selain itu, Jetorbit juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Aktifkan Google AMP

AMP (Accelerate Mobile Pages) merupakan teknologi untuk mempercepat load halaman website di perangkat mobile. Ia bekerja dengan tiga komponen, yaitu AMP HTML, AMP JavaScript, dan AMP Cache.  

Masing-masing mempunyai peran untuk menekan faktor-faktor yang membuat load website menjadi lambat. AMP hanya bisa diaktifkan pada beberapa jenis konten saja, khususnya konten statis, seperti artikel atau berita. Fungsi AMP sangat penting untuk meningkatkan performa SEO secara keseluruhan.

Membuat Website Mobile-Friendly

Alasan membuat website agar mobile-friendly adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pengguna yang mengakses internet dari mobile lebih besar dibandingkan dari desktop.
  • Google memprioritaskan indexing website versi mobile, sehingga akan sulit terindeks bagi website yang tidak mobile-friendly.
  • Berpengaruh pada ranking di mesin pencari. 
  • Website dengan versi non mobile-friendly akan berdampak pada skor DA. Hal ini dipicu oleh perintah Google bahwa mobile-friendly adalah persyaratan penting pada ranking website.

Tingkatkan Kecepatan Halaman Website

Salah satu faktor penentu ranking pada di Google adalah page speed website. Untuk mengecek kecepatan website kalian,  Google menyediakan sebuah tool yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk evaluasi kalian, yaitu PageSpeed Insights tool.

Hanya dengan menaruh link website/blog kalian di analysis box, tools tersebut akan menampilkan hasil audit dari kecepatan website seperti contoh di bawah ini.

cara-cek-da-pa-5
cara-cek-da-pa-6
cara-cek-da-pa-7
cara-cek-da-pa-8

Dari hasil audit tersebut, kalian bisa mendapatkan insight apa saja yang perlu dilakukan agar load website bisa meningkat. Jika kalian tidak memiliki developer khusus untuk menangani, kalian bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Menghapus plugins yang tidak penting.
  • Upgrade versi WordPress atau plugins yang diperlukan.
  • Hubungi layanan hosting provider kalian dan mintalah laporan server performance. Atau bila perlu, kalian bisa upgrade ke server yang lebih powerful.
  • Menggunakan plugin Cache.
  • Mengoptimasi ukuran media seperti gambar dan video.
  • Gunakan CDN (Content Delivery Network) kalau kalian memiliki file CSS yang besar dan banyak penggunaan media.

Tingkatkan Social Signals

Social signals mengindikasikan jumlah shares, likes dan visibilitas media sosial pada suatu website. Inilah yang menjadi faktor-faktor penting dalam menunjang ranking, traffic organik, dan jumlah backlinks

Ada berbagai strategi social signals yang bisa dilakukan, seperti memposting konten di berbagai platform media sosial, menggunakan visual (foto atau video) yang menarik, membuat kontes dan giveaway, bekerja sama dengan influencer atau brand ternama, dan sebagainya.

Lakukan Riset Konten Kompetitor

Sebelum membuat konten, sebaiknya kalian melakukan riset konten milik kompetitor dengan topik serupa. 

Cari tahu keyword apa saja yang mereka gunakan, isi dari setiap headings dan subheadings, jumlah kata atau panjang konten, sumber apa saja yang digunakan, dan sebagainya.

Setelah itu, kalian bisa memulai memfokuskan konten yang akan dibuat. Silakan buat konten yang sekiranya lebih lengkap, menarik, dan berkualitas dibanding kompetitor. 

Backlinks tidak hanya penting untuk menunjang skor DA tapi juga skor PA. Nah, pastikan backlinks kalian bukan datang dari website asal-asalan. Popularitas website juga perlu diperhitungkan agar mendapatkan backlinks yang berkualitas. 

Caranya bisa dengan pertama, konten kalian harus berkualitas. Kedua, promosikan konten di media sosial. Hal ini penting untuk meningkatkan volume social signals halaman kalian sekaligus menarik website lain agar rela memberikan backlinks ke  konten kalian.

Ketiga, manfaatkan tulisan guest blogs ke situs lain yang masih dalam satu industri dengan kalian. 

Oia, selain backlinks, menguatkan internal link juga menjadi cara terbaik untuk menambah skor Page Authority kalian. Internal link juga efektif dalam mengurangi tingkat bounce rate website.

Membuat Konten yang Mudah Dibaca

Mulailah dengan cara menciptakan halaman yang mobile-friendly. Setelah itu, kalian bisa memperhatikan aspek lainnya, seperti:

  • Buat headings dan subheadings secara terstruktur. 
  • Tambahkan bullet points atau numbered lists agar memudahkan pembaca untuk melakukan skimming pada konten.
  • Beri white space antar paragraf agar tidak terlihat penuh.
  • Pakai jenis dan ukuran font yang nyaman dilihat.
  • Bold setiap kalimat penting agar mudah diingat pengguna.

Membuat Konten Baru Secara Rutin

Menciptakan konten-konten yang fresh secara rutin merupakan langkah yang tak boleh kalian lewatkan. Manfaatnya adalah dapat menaikkan skor PA dan mendorong pertumbuhan pengunjung, popularitas, mudah terindeks, serta performa SEO secara keseluruhan. 

Jangan lupa ya untuk rutin mengupdate konten-konten lama kalian, bisa dengan memperpanjang isi tulisan, menambahkan keyword baru atau menambahkan internal link.

Okay Guys, memang sangat disarankan untuk kalian agar rutin cek DA PA website atau blog secara teratur. Supaya apa? Supaya kalian bisa tahu perkembangan website kalian dibandingkan dengan para pesaing. Tapi ingat juga ya, jangan juga terlalu terobsesi dengan skor keduanya.

Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Cek DA PA Blog dan Cara Meningkatkannya
Artikel
Cara Cek DA PA Blog dan Cara Meningkatkannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Guys, udah familiar dengan DA dan PA kan, ya? Cek DA PA mesti rutin dilakukan. Okay, yuk baca Cara Cek DA PA Blog dan Cara Meningkatkannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like