Mengenal Apa Itu Facebook Ads CPAS

Mengenal Apa Itu Facebook Ads CPAS

Guys, dengan berbagai fakta seputar era digital, kesempatan kali ini kami akan memperkenalkan kepada kalian salah satu fitur dari Facebook untuk membantu para pebisnis guna mendorong penjualan di marketplace. Wahh, penasaran, kan? Harus, dong! Demi penjualan kalian di marketplace agar semakin meningkat dan tentunya mendatangkan banyak cuan. Okay, ketahui detailnya yuk dengan baca Mengenal Apa Itu Facebook Ads CPAS

By the way, sebaiknya mengenal terlebih dahulu bagaimana cara beriklan menggunakan Facebook atau yang sering disebut dengan Facebook Ads.

Facebook Ads merupakan salah satu bentuk beriklan yang disediakan oleh platform Facebook untuk memberikan kesempatan bagi para pebisnis untuk mengembangkan produk atau bisnis mereka. Ada banyak bentuk iklan yang bisa digunakan di  dalam Facebook Ads, seperti Brand Awareness, Website Clicks, dan lain lain.

Nah, salah satu fitur menarik yang bisa kalian gunakan di platform Facebook Ads dengan toko yang kalian miliki di dalam marketplace adalah CPAS. CPAS kependekan dari Collaborative Performance Advertising Solution.

Apa itu Collaborative Ads – CPAS

CPAS (Collaborative Performance Advertising Solution) merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan saat beriklan di Facebook dengan tujuan menjangkau lebih banyak audiens di marketplace. Sesuai dengan namanya, fitur ini merupakan kolaborasi antara platform periklanan Facebook dengan marketplace.

apa-itu-facebook-ads-cpas-1

Mengapa Perlu Menggunakan Collaborative Ads – CPAS?

Jika kalian memiliki toko online dan sudah pernah beriklan menggunakan Facebook, penting nih untuk mengetahui seberapa besar dampak yang kalian dapatkan dari penjualan online itu sendiri dan dari mana saja pengunjung toko kalian berasal. 

Namun, mustahil dilakukan karena kalian tidak memiliki akses khusus untuk melacak hal tersebut di marketplace besar, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Tracking tersebut hanya bisa dilakukan jika kalian memiliki website sendiri untuk penjualan. Hal itu dikarenakan adanya pixel tracking yang terpasang.  Namun, tidak semua penjual online memiliki website khusus yang bisa dipasang beberapa pixel untuk dilakukan tracking pengunjung. 

apa-itu-facebook-ads-cpas-2

That’s the point! Collaborative Ads hadir sebagai solusi untuk permasalahan tersebut, Guys. Dengan menggunakan Collaborative Ads, kalian bisa seolah-olah meminjam tracking dari marketplace sehingga bisa mengetahui seberapa efektif iklan dari Facebook yang kalian jalankan dan berapa return yang dihasilkan dari iklan tersebut.

Target Segmen Pasar yang Bisa Dijangkau Dengan Collaborative Ads – CPAS

Berikut ini beberapa target segmen pasar yang bisa dijangkau menggunakan CPAS :

Orang yang belum pernah mengunjungi marketplace kalian tapi tertarik dengan bisnis kalian

Dengan menggunakan fitur CPAS, kalian bisa menargetkan iklan kalian juga ke orang yang pernah berinteraksi dengan iklan yang dipasang oleh kompetitor lain dengan produk serupa. Kalian juga bisa mencari audiens baru dengan menargetkan iklan kalian hanya untuk orang dengan usia, jenis kelamin, bahkan wilayah sesuai dengan target keinginan kalian.

Orang yang pernah mengunjungi marketplace kalian tapi tidak melakukan pembelian

Pasti banyak di antara penjual online yang pernah memasang iklan baik di marketplace atau social media tapi belum mendapatkan konversi penjualan dari iklan tersebut. Mungkin saja pembeli sedang mempertimbangkan produk kalian dengan milik kompetitor. Pada bagian inilah CPAS berfungsi sebagai pengingat kepada pembeli kalian untuk kembali melihat produk yang ditawarkan.

Orang yang pernah membeli produk di marketplace kalian

Selain dapat mencari audiens baru untuk marketplace kalian, fitur CPAS juga bisa digunakan untuk kembali menargetkan orang yang pernah membeli produk di website kalian. Jika mereka sudah pernah membeli produk di kalian maka pembeli memiliki kepercayaan kepada produk kalian. Jika kalian membuat iklan untuk mereka, bisa jadi kalian kembali mendapatkan konversi penjualan dari pelanggan setia kalian.

Keuntungan Menggunakan Collaborative Ads – CPAS

Berikut ini ada berbagai keuntungan lain, antara lain:

Tracking Konversi

Jika kalian tidak atau belum memiliki website pribadi untuk penjualan, fitur CPAS bisa digunakan lho untuk melacak dari mana audiens marketplace kalian berasal.

Jangkauan audiens yang lebih luas

Dengan menggunakan fitur CPAS di Facebook, kalian bisa menjangkau lebih banyak audiens. Sebagai contoh, si A membeli produk X di marketplace kalian maka CPAS ini akan memeriksa apakah si A ini memiliki akun Facebook/Instagram. Jika A memiliki akun Facebook/Instagram maka bot dari Facebook akan otomatis mendapatkan data dan memeriksa ketertarikan A dengan produk yang kalian tawarkan dan CPAS akan mencocokkan iklan dengan si A.

Melacak iklan dengan lebih baik

CPAS juga bisa digunakan sebagai fitur untuk mendeteksi iklan mana yang memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan iklan kalian yang lainnya. Kalian bisa menambahkan iklan dengan creative yang lebih baik untuk meningkatkan performa iklan kalian yang memiliki konversi kurang baik.

Bagaimana Cara Memulai Setup Collaborative Ads – CPAS

Setelah mengetahui berbagai keuntungan menggunakan CPAS, kini saatnya kalian memasang CPAS untuk marketplace kalian.

Untuk menggunakan Collaborative Ads guna memasarkan produk kalian di marketplace, silakan kalian mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka situs Ads Manager Facebook.
  2. Pilih akun yang akan kalian gunakan untuk Collaborative Ads.
  3. Klik Buat Iklan.
  4. Pilih Objective dari Campaign kalian.
  5. Pilih marketplace yang sudah bekerjasama dengan kalian.
  6. Import catalog produk kalian ke Facebook Bisnis Manager.
  7. Tentukan Budget, Bid, Audience, Placement, dan format iklan kalian.
  8. Pilih dan upload iklan kalian. Kalian bisa menggunakan gambar berbentuk slide maupun single.

Notes: semua link harus menuju ke marketplace rekanan kalian, bukan ke website kalian pribadi.

Apa yang Bisa Dilakukan Pemilik Brand Dengan Collaborative Ads – CPAS?

Tentunya selain para retailer nih,para pemilik brand dapat menggunakan salah satu fitur iklan Facebook ini sebagai solusi untuk iklan mereka.

Berikut ini merupakan hal-hal yang bisa dilakukan pemilik brand dengan CPAS dari Facebook Ads :

Menampilkan produk kepada orang yang cenderung membeli

Dengan menargetkan kepada orang-orang yang memiliki minat tertentu dan sesuai dengan segmen produk kalian maka hal tersebut akan meningkatkan kecenderungan untuk membeli produk dan hal ini bisa dilakukan pula dengan CPAS.

Pengunjung langsung ke datang ke toko marketplace kalian

Biasanya kalian harus membuat website atau mengarahkan kampanye digital kalian dari facebook ke website kalian baru dari website kalian ke marketplace. Dengan CPAS, hal tersebut lebih mudah dilakukan karena tracking data di marketplace dapat digunakan oleh kalian.

Mengoptimalkan iklan

Setelah dapat melakukan tracking data maka iklan dapat dioptimalkan untuk penjualan produk kalian secara langsung. Hal ini tentu sangat berguna mengingat tanpa CPAS, kalian tidak dapat melakukan pengoptimalan iklan kalian.

Mengukur dampak kampanye pada konversi

Dengan CPAS langsung kepada marketplace, kalian dapat mengukur seberapa efektif dan efisien kampanye yang kalian jalankan

Marketplace yang Sudah Bisa Menggunakan Collaborative Ads – CPAS Tahun 2021

Berikut ini list dan syarat marketplace yang dapat yang dapat dipasang CPAS: 

Tokopedia

Untuk bisa memasang CPAS di Tokopedia, kalian harus melengkapi beberapa hal di bawah ini:

  • Terdaftar sebagai Official Store di Tokopedia. Jika kalian ingin mendaftarkan toko kalian sebagai Official Store, bisa klik di sini
  • Jumlah Produk minimal 20 SKU
  • Mempunyai akun bisnis manager untuk menjalankan Facebook Ads
  • Memiliki gambar sebesar 600px * 600px di setiap produk kalian
  • Tidak menjual produk berbahaya seperti yang ada di link berikut (https://www.facebook.com/policies/ads/)

Shopee

Untuk bisa memasang CPAS di Shopee, kalian tidak membutuhkan akun toko hingga berstatus official. Berikut ini beberapa syarat untuk bisa memasang CPAS di Shopee: 

  • Mempunyai Seller ID dengan produk aktif yang sudah terupload di Shopee
  • Memiliki ID Facebook Bisnis Manager yang dioperasikan oleh seller maupun agency
  • Adanya Facebook Ad Account ID baru 
  • Seller harus memberikan akses ke Shopee Facebook Business Account sebagai Admin

Blibli

Kalian bisa mengajukan CPAS Facebook ke Blibli dengan cara sebagai berikut:

Bukalapak

Daftarkan CPAS Facebook ke Bukalapak dengan cara sebagai berikut:

Lazada

Cara memasang CPAS Facebook ke Lazada dengan cara sebagai berikut:

Okay, Guys, jadi itu penjelasan mengenai fitur CPAS (Collaborative Performance Advertising Solution) Facebook. Semoga bermanfaat ya dan semakin mendatangkan cuan 🙂

Sedangkan bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 4

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like