7+ Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional

7+ Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional

Sharing is caring!

Kalian sudah tahukah bahwa WordPress merupakan CMS yang rutin melakukan pembaruan? Pembaruan ini gunanya adalah sebagai maintenance supaya suatu website tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Maintenance website adalah tindakan untuk memastikan seluruh komponen website masih berjalan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Tanpa perlu berlama-lama, simak saja yuk 7+ Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional

7+ Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional

Simak sampai tuntas yuk 9 cara mudah maintenance website secara profesional:

Maintenance Mingguan

Pemeliharaan website sebaiknya dilakukan dalam periode tertentu, ya. Setidaknya, lakukanlah setiap minggu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan masalah karena kalian tak pernah memonitor website kalian.

1. Pastikan seluruh halaman dan tautan masih menjalankan fungsinya

Bagaimana perasaan kalian saat mengakses suatu website dan yang tampil di layar adalah halaman rusak? 

cara maintenance website 1

Jika kalian tidak mau mengecewakan pengunjung website kalian maka lakukan pemeriksaan halaman dan tautan website secara mingguan.

Pastikan semua halaman website kalianmenampilkan informasi yang seharusnya. Berikut ini cara memeriksanya:

  • Instal plugin Broken Link Checker untuk menemukan tautan halaman yang rusak.
  • Lakukan setting plugin Broken Link Checker.
  • Perbaiki atau hapus URL yang rusak.

2. Periksa seluruh update komponen website

Hal penting yang sering terlupakan oleh pemilik website adalah memperbarui seluruh komponen website. Bisa jadi mereka mengira website akan baik-baik saja walau tanpa di-update.

Jangan heran ya jika tiba-tiba malware menyerang jika kalian masih berpikir bahwa website tetap aman meski tanpa diperbarui. Bukan hanya malware tapi juga berbagai gangguan yang merugikan website kalian.

3. Hapus seluruh komentar spam

Jangan anggap spam sebagai hal sepele ya karena bisa saja spam mengisi halaman komentar kalian.

Komentar spam tidak sesederhana itu, lho. Mengabaikannya adalah cara yang salah. Orang jahat mana pun bisa bersembunyi di balik komentar spam untuk menggiring pengunjung website menuju halaman berbahaya. Mereka tinggal meletakkan pancingan link pada kolom komentar kalian. 

Selain itu, membiarkan komentar spam terpampang pada website akan memberi kesan ke pengunjung bahwa kalian terlalu cuek. Jadi, silakan rutin menghapus komentar spam, ya.

Maintenance Bulanan

Maintenance website secara bulanan perlu dilakukan untuk membantu kalian mendapatkan hasil analisis yang cukup merepresentasikan kenyataan. Yuk simak 3 cara maintenance website secara bulanan berikut ini:

4. Tinjau performa SEO

SEO adalah kunci jika ingin website kalian mudah ditemukan di Google. Orang-orang lebih mempercayai hasil pencarian yang tampil pada halaman pertama Search Engine Results Page (SERP).

Memiliki performansi SEO yang bagus tidak hanya melejitkan ranking website tapi juga meningkatkan traffic. Semakin suatu website berada di peringkat teratas, kemungkinan untuk di-klik juga semakin besar.

Oia, jangan cepat berpuas diri atau berputus asa karena traffic tak kunjung melonjak. Lakukan manuver dengan menerapkan tips dan trik SEO yang terjamin ampuh.

5. Review konten dalam website

Salah satu hal yang dipertimbangkan dalam membuat konten adalah tren. Sayangnya, tidak ada tren yang berlangsung abadi. Tren juga bisa berganti dengan cepat. 

Saat membuat konten, bisa jadi kalian terjebak dalam zona nyaman dengan topik yang sedang trending sekarang. Padahal, nanti atau bahkan besok, topik itu bisa jadi tidak dilirik lagi.

Kalian tahu kan bahwa konten yang relevan dengan kebutuhan user sangat berpengaruh ke performa SEO. Penyebabnya adalah yang orang-orang cari adalah informasi, bukan website kalian.

Maka, silakan rutin melakukan update konten dengan meletakkan informasi yang relevan. Meski membutuhkan waktu lama, hal ini adalah salah satu cara profesional untuk melakukan maintenance website.

6. Tes kecepatan loading halaman website 

Apakah kalian termasuk yang berpikir bahwa ya sudahlah tidak masalah lama dalam menunggu halaman website untuk menampilkan informasi, pasti ada saja orang yang mau bersabar.  Faktanya nih, 57% orang memilih meninggalkan website yang memiliki page load lebih dari 3 detik.

Dengan page load yang lambat, website kalian dengan mudah akan tenggelam dalam halaman pencarian di Google. Hal itu karena Google menganggap website kalian memberikan user experience yang buruk. Otomatis, performansi SEO website pun ikut buruk.

Silakan gunakan platform untuk menguji page load website kalian. Nah, supaya kecepatan loading halaman website kalian semakin maksimal, pasanglah plugin yang mendukung.

Maintenance Tiap Kuartal

Mesti kita sadari bahwa tidak semua hal bisa dilakukan dalam jarak waktu pendek. Jika kalian memaksakan diri ingin mengerjakan semuanya sekaligus, pasti akan pusing sendiri. 

Berikut ini maintenance website yang perlu dilakukan setidaknya setiap tiga bulan sekali.

7. Periksa semua info kontak aktif

Apakah kalian pernah mengalami saat mengirim sebuah informasi berharga ke kontak kalian lalu tak pernah sampai karena info kontak yang tidak update? Oleh karena itu, penting untuk memeriksa seluruh informasi kontak yang tercantum pada website kalian.

Pastikan siapa pun bisa menjangkau kalian melalui alamat yang tertera di website kalian. Jika ada perubahan, segera perbarui informasi kontak kalian, ya. 

8. Memperbaiki dan memperbarui struktur desain

Kalian jangan sekali-kali merasa aman ya dengan desain website kalian karena desain juga punya trennya sendiri, lho. Mau desain sebagus dan sekeren apapun, akan percuma jika kalian tak pernah melakukan maintenance

ISerupa dengan konten, desain juga memiliki trennya sendiri. Hal tersebut disebabkan oleh user experience pengguna internet yang berubah-ubah.

Dulu, kita bisa menikmati tampilan website yang serba putih dan terang, nyaman-nyaman saja. Lama-lama, justru tampilan seperti itu memunculkan masalah baru, yakni keluhan mata lelah. Akhirnya, lahirlah tren dark mode yang membuat website beserta kontennya lebih ramah di mata.

Yang jelas, melakukan maintenance website dengan memperbaiki struktur desain itu penting. Maka, silakan ikuti info seputar navigasi, warna tampilan, dan desain responsif yang update dengan tren Google.

Jika diperlukan, perbarui juga tampilan website kalian. Oia, jangan lupa untuk menyediakan halaman sementara supaya pengunjung tahu bahwa website kalian sedang di-maintenance.

9. Periksa durasi masa aktif domain kalian

Wah, poin satu ini jangan sampai terlupakan: durasi masa aktif domain kalian.  Jika lupa, ya kalian harus rela ketika orang-orang tidak bisa mengakses website kalian. Lebih parahnya ya domain kalian akan lenyap secara otomatis.

Sayang banget jika usaha yang kalian bangun susah payah runtuh gegara melupakan tanggal kadaluarsa website. Nah, pastikan periksa durasi masa aktif domain kalian saat melakukan maintenance website.

Okay, sekarang kalian sudah tahu kan, apa saja cara yang bisa ditempuh untuk maintenance website secara profesional. Mudah, kan?

Oia, bagi kalian yang ingin membuat website khususnya bagi pemula, santuy, Jetorbit punya ebook spesial untuk kalian. Kalian bisa download ebook Panduan Mengenal Website untuk Pemula dengan GRATIS! Kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan kalian, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
7+ Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional
Artikel
7+ Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Maintenance website adalah tindakan untuk memastikan seluruh komponen website. Simak yuk 7+ Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like