pengertian pop up

Pop up adalah notifikasi berupa jendela yang biasanya muncul ketika kalian membuka gadget. Nah, penggunaan pop up ini akan memudahkan sistem mendapat perhatian dari user. Okay, tak usah lama-lama, simak yuk Pengertian Pop Up, Jenis, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Apa Itu Pop Up?

Jika dilihat secara teknis, pop up adalah sebuah jendela yang ditampilkan di layar depan antarmuka visual. Pop up juga bisa muncul saat sedang menjalankan suatu aplikasi. Kehadiran pop up adalah atas pilihan kita sendiri maupun pengaturan yang telah diatur sebelumnya oleh kita sebagai pengguna.

Hadirnya pop up di layar gadget pengguna dapat terjadi mengikuti tindakan memencet tombol tertentu atau melakukan gerakan yang spesifik. Pada saat layar smartphone sedang terkunci, jendela notifikasi pada layar depan itu bisa disebut dengan pop up jenis notifikasi.

Jenis-Jenis Pop Up

Pop up dalam gadget milik pengguna pun memiliki berbagai jenis. Perbedaan jenis ini dikategorikan berdasarkan tujuan dan bentuknya. 

1. Pop up aplikasi

Pop up ini dikeluarkan oleh aplikasi yang telah diunduh di gadget milik pengguna dan biasanya menggambarkan suatu kegiatan, pesan masuk, keperluan pembaharuan aplikasi maupun iklan. Nah, pop up ini umumnya muncul secara otomatis pada layar gadget pengguna.

2. Pop up dialog box

Tujuan pop up dialog box adalah memberitahu pengguna gadget untuk mengkonfirmasi sesuatu atau memberikan peringatan. Ketika terdapat kesalahan saat menginput data atau melakukan sesuatu yang tidak benar, pop up dialog box akan muncul.

3. Pop up iklan

Pop up iklan merupakan pemberitahuan layanan maupun elemen dalam suatu aplikasi. Biasanya, jenis iklan pop up artinya mengandung poster, flyer atau infografis untuk memasarkan produk atau jasa dalam aplikasi tersebut.

Umumnya, sifat iklan pop up adalah aman untuk diklik oleh pengguna. Namun, pop up iklan yang muncul pada web-web ilegal, seperti streaming film illegal, web berisi cheat software maupun alat untuk hacking berpotensi memberikan virus pada gadget kalian.

4. Pop up notifikasi sistem

Salah satu jenis pop up adalah notifikasi sistem yang hadir dengan tujuan untuk memberitahu kondisi sistem pada gadget. Jika salah satu fitur pada gadget kalian mengalami error maka pop up notifikasi sistem akan muncul dalam bentuk jendela pada layar kalian.

5. Pop up pengaturan

Pop up juga bisa muncul pada PC maupun laptop pribadi milik kalian. Pada layar utama kalian, klik kanan dan akan muncul pop up untuk mengatur tindakan yang diinginkan. Contohnya pada sistem operasi Windows, tindakan ini akan menghadirkan opsi untuk Sort By, View, Refresh, New, dan sebagainya.

6. Pop Up Menu

Pop up menu berisi beberapa opsi tindakan di dalam sebuah aplikasi. Contoh pop up ini bisa kalian temui saat mengakses file manager web hosting. 

Ketika kalian melakukan klik kanan di sebuah file, akan muncul pop up yang memberikan kalian beberapa pilihan tindakan, seperti download, edit, dan mengubah nama file.

7. Pop Up Chat

Pop up chat mirip dengan notifikasi tetapi hanya ditemukan di aplikasi chatting. Jenis pop up ini tidak hanya menampilkan pesan yang masuk tetapi juga memberi opsi untuk membalas pesan tersebut dengan lebih mudah.

Fungsi Pop Up

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari pop up:

Alat promosi

Fungsi pertama yaitu sebagai sarana atau alat promosi. Promosi dibuat dalam bentuk pop up iklan yang muncul jika kalian memasang aplikasi dengan elemen atau fitur berbayar di dalamnya. Aplikasi-aplikasi marketplace, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya, menggunakan pop up untuk memberitahu pengguna terkait promosi yang ada di platform mereka.

Sistem peringatan

Pop up juga berfungsi sebagai sistem peringatan. Fungsi ini membantu pengguna jika terjadi sebuah masalah pada sistem perangkat. Sehingga, memudahkan pengguna menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Sebagai contoh, kondisi ruang penyimpanan perangkat milik kalian hampir penuh. Nah, sistem akan memunculkan pop up notifikasi berupa peringatan terkait kondisi storage perangkat.

Notifikasi

Fungsi pop up yang terakhir adalah sebagai notifikasi. Notifikasi yang dimaksud dapat berupa peringatan atau pemberitahuan berisi informasi tertentu. Fungsi pop up ini memungkinkan pengguna membuat opsi tindakan dengan cara mengklik jendela pop up.

Menampilkan Menu

Salah satu fungsi pop up adalah memungkinkan kalian untuk berinteraksi dengan perangkat, aplikasi, atau website. Contoh sederhananya adalah menu yang muncul saat kalian klik kanan file di Windows Explorer.

Dengan melakukan klik pada menu-menu yang ada di pop up tersebut, kalian bisa mengelola file yang dipilih tersebut. Sebagai contoh, mengkopi file itu atau menghapusnya.

Cara Membuat Pop Up

Bagaimana cara membuat pop up dengan benar? Simak yuk langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Pop Up Notifikasi di WhatsApp

Berikut ini cara mengaktifkan pop up notifikasi di WhatsApp yang bisa dicoba:

1. Buka WhatsApp.

2. Sentuh tombol menu (titik tiga) di pojok kanan atas dan pilih Settings.

3. Sentuh menu Notifications.

4. Sentuh menu Pop up notification.

5. Ada tiga opsi yang bisa kalian pilih, yaitu:

  • Only when screen “on”: menampilkan pop up saat layar menyala
  • Only when screen “off”: menampilkan pop up saat layar mati
  • Always show popup: menampilkan pop up baik saat layar menyala maupun mati
membuat pop up

Cara Membuat Pop Up Notifikasi di Instagram

Jika ingin mengaktifkan notifikasi pop up di Instagram, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Instagram

2. Buka halaman profil kalian dengan menyentuh ikon di pojok kanan bawah.

3. Sentuh tombol menu (garis tiga) di pojok kanan atas dan pilih Settings.

4. Sentuh menu Notifications, lalu pilih jenis notifikasi yang ingin kalian aktifkan dan pilih On.

membuat pop up

Cara Membuat Pop Up Iklan di Website WordPress

Apabila kalian pemilik website yang menggunakan WordPress, cara membuat pop up iklan sangat mudah, kok. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

1. Log in ke Dashboard WordPress

2. Klik menu Plugins => Add New di sidebar.

3. Cari dan install plugin CM Popup.

4. Klik menu CM Pop-up banners for WordPress di sidebar.

5. Klik tombol Add New Campaign dan isi konten iklan kalian.

6. Tentukan konfigurasi pop up.

7. Aktifkan pop up dengan klik Publish.

Simpulan

Okay, jadi bisa disimpulkan bahwa pop up adalah tampilan grafis interface yang muncul saat mengakses fitur di perangkat, baik smartphone maupun website. Pop up dibuat dengan tujuan mempermudah interaksi antara aplikasi dan pengguna.

Siapa nih yang mau nambah duit jajan? Dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment