Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Reels di Tahun 2022?

Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Reels di Tahun 2022?

Sharing is caring!

Munculnya Instagram Reels disambut dengan sangat baik oleh para digital marketer, terutama mereka yang lebih sering memanfaatkan media sosial untuk marketing online. Pasalnya, konten di Reels ini mampu menjangkau lebih banyak pengguna Instagram atau IG meskipun mereka bukan followers kalian. Okay, simak yuk Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Reels di 2022?

Oya, meski begitu, hal ini bukan berarti membuat kalian bisa melakukan apapun, ya. Bagaimanapun juga selalu ada cara tertentu yang harus dilakukan agar konten Instagram Reels yang dibuat bisa sangat efektif dalam menjangkau target market kalian.

Tata Cara Menggunakan Instagram Reels di Android dan iOS

Ada beberapa langkah yang harus diikuti jika ingin membuat konten Instagram Reels. Silakan ikuti langkah-langkah membuat Instagram Reels di bawah ini dengan benar:

  • Buka aplikasi Instagram pada perangkat kalian lalu ketuk ikon kamera di sudut kiri atas pada layar dan ketuk opsi Memulai.
  • Kalian akan melihat beberapa opsi di bagian bawah, yaitu Postingan, Cerita, Reels dan Live, silakan klik Reels.
  • Pastikan panjang keseluruhan klip video kalian 15 detik, jika kalian sudah siap lalu tekan ikon lingkaran putih besar untuk mulai merekam klip.
  • Setelah itu tap tombol yang sama untuk menghentikan rekaman.

Agar klip terlihat menarik, kalian dapat menambahkan backsound sesuai keinginan kalian:

  • Untuk melakukannya, klik ikon musik sebelah kiri lalu silakan backsound yang kalian inginkan.
  • Ada dua tab, yaitu backsound yang sedang tren atau backsound pilihan kalian lalu silakan pilih sesuai keinginan.
  • Poin menariknya adalah kalian dapat melihat lirik di layar dan memilih bagian manapun dari backsound tersebut.
  • Simpan untuk waktu yang mana ingin membuat video sinkronisasi bibir yang menyenangkan.
  • Sesuaikan kecepatan perekaman video Instagram Reels.

Ada juga cara untuk mengatur kecepatan perekaman video, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, gunakan ikon panah kanan yang terlihat seperti tombol putar. Saat ini Reel memungkinkan kalian untuk merekam video dalam gerakan lambat.
  • Tambahkan filter menarik ke Instagram Reels. Sebelum memulai dengan perekaman kalian dapat memilih berbagai efek menarik untuk membuat klip terlihat estetik.
  • Atur timer untuk Instagram Reels. Instagram reels juga memungkinkan kalian mengatur penghitung waktu sehingga kalian bisa mengatur waktu dalam merekam atau memotret.
  • Untuk mengatur timer, ketuk ikon timer di sebelah kiri lalu atur durasi untuk klip.
  • Sejajarkan Instagram Reels. Jika video terlihat agak berantakan kalian dapat menyelaraskan dengan sempurna.
  • Untuk melakukannya cukup tekan tombol Align.
  • Putar ulang Instagram Reels. Setelah kalian merekam Instagram Reels, klik menu.
  • Simpan Instagram Reels.
  • Jika kalian ingin menyimpan Instagram Reels pada perangkat kalian, silakan ketuk panah maju bagian bawah lalu ketuk tombol simpan di bagian atas.
  • Percantik Instagram Reels dengan menambahkan teks, emoji, dan stiker keren lainnya. 

Perlu kalian ketahui bahwa siapapun pada Instagram bisa membuat Instagram Reels dengan menggunakan audio asli kalian jika akun kalian bersifat publik.

Nah, demi kenyamanan bersama, jika kalian lebih menyukai privasi atau tidak ingin dipublish, kalian bisa mengaktifkan akun pribadi kalian. Ketika kalian membagikan Instagram Reels maka hanya pengikut kalian saja yang dapat melihatnya, selain dari pengikut kalian ya mereka tidak dapat melihat Instagram Reels kalian.

Tips agar Video Menjangkau Banyak Pengguna IG

Kelebihan Instagram Reels adalah jangkauannya. Konten yang kalian buat bisa menjangkau hingga ribuan orang bahkan lebih yang jumlahnya bisa melebihi dari jumlah followers kalian. Berbeda dengan postingan biasa di Instagram yang biasanya hanya menjangkau followers.

Agar jangkauannya benar-benar luas, ada beberapa tips yang sebaiknya kalian perhatikan.

Yang pertama, gunakan sound menarik. Pada langkah-langkah membuat konten Instagram reels di atas, kalian diharapkan membuat Reels dan melihat konten Reels yang dibuat oleh pengguna Instagram lainnya. Dari sana, kalian bisa tahu sound mana yang sedang viral. Kalian bisa gunakan sound yang sama.

Yang kedua, fokus pada konten. Buat konten yang memungkinkan engagement tinggi, seperti konten edukasi, informasi, challenge, entertaining, dan sebagainya.

Yang ketiga, fokus pada satu niche. Sebaiknya, kalian buat konten dengan niche yang sama. Hal ini juga akan mempermudah kalian dalam menjangkau target market yang kalian inginkan.

Okay, seperti telah dipaparkan di atas terkait cara membuat Instagram Reels. Praktis dan mudah, kan? Oleh karena itu, kalian tak perlu cemas dan takut dalam menggunakannya, ya. Nah, kalian sudah siap untuk mencoba membuat konten video Instagram Reels?

Jika informasi ini bermanfaat untuk kalian, silakan dibagikan juga ya kepada kawan atau kerabat kalian 🙂

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.


Stay safe and always keep healthy 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Reels di Tahun 2022?
Artikel
Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Reels di Tahun 2022?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Reels mampu menjangkau lebih banyak pengguna Instagram. Okay, simak yuk Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Reels di 2022?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like