membuat-akun-whatsapp-bisnis

Guys, bagi kalian yang berprofesi sebagai pebisnis online, adanya WhatsApp Bisnis dapat menjadi pilihan aplikasi chat khusus bisnis yang benar-benar berguna bagi para pemilik bisnis. Aplikasi ini menolong banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Jadi, mereka dapat bertanya-tanya lebih dulu sebelum membeli suatu barang. Nah, bagi kalian yang belum punya akun WhatsApp Bisnis, yuk baca Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Apa Itu WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis dikenalkan pada permulaan tahun 2018 sebagai aplikasi yang didedikasikan untuk pemilik usaha kecil dan menengah. WhatsApp Bisnis mempermudah pemilik bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka sekaligus membangun loyalitas.

Ada beberapa fitur tambahan untuk membuatnya kompatibel dengan aktivitas bisnis:

  • Alih-alih profil pribadi, kalian memiliki profil Bisnis yang bisa diverifikasi, lengkap dengan domisili perusahaan, e-mail, dan link website bisnis.
  • Kalian bisa mengamati statistik untuk mengevaluasi pesan yang dibaca.
  • Kalian bisa menerapkan pesan penjawab otomatis yang membuatnya lebih mudah untuk merespon pelanggan.
  • Kalian dapat menerapkan Daftar Siaran untuk menyebarkan pesan ke kontak (jenis seperti Grup 1 arah).

WhatsApp Bisnis dan Personal adalah dua aplikasi berbeda sehingga untuk dapat memakai versi bisnis, kalian mesti download dari Play Store.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Kita simak bersama yuk bagaimana cara membuat WA Bisnis:

Download WhatsApp Bisnis

Kalian perlu download aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) atau App Store (iOS). 

Masukkan nomor telepon

Setelah aplikasi WhatsApp Bisnis terinstall, kalian harus mendaftar menggunakan nomor ponsel kalian. Sebaiknya, gunakan nomor ponsel khusus bisnis sehingga memudahkan proses verifikasi. Selain itu, nomor khusus juga menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis kalian tercampur.

Lengkapi profil bisnis kalian

Proses selanjutnya yang tidak boleh terlewat adalah melengkapi profil bisnis kalian. Caranya, klik menu Settings => Business Settings => Profile. Pastikan informasi yang kalian cantumkan akurat dan sesuai dengan detail informasi bisnis kalian, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, dan website. 

Mengatur menu balas pesan otomatis

Kalian perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balas pesan otomatis. Fitur ini akan memudahkan kalian dalam membalas pesan pelanggan pada luar jam kerja. Langkah-langkah untuk mengatur balas pesan otomatis adalah:

Klik Settings => Business Settings => pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

Selanjutnya, kalian dapat mengatur isi pesan balasan otomatis. Kalian juga dapat mengatur waktu pengiriman pesan, baik di segala waktu maupun di waktu tertentu saja.

Cara Membuat Profil Bisnis di WhatsApp Bisnis

membuat-akun-whatsapp-bisnis-1

Selanjutnya kalian perlu mengatur profil bisnis kalian, seperti alamat, kategori bisnis, jam buka dan alamat web dengan mengakses menu Settings => Business Settings => Profile. Apabila seluruh data telah terisi dengan benar, tap tombol Save di kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis

Terdapat 3 tipe pesan otomatis yaitu Greeting Message, Away Message, dan Quick Message.

Away Message adalah fitur balas pesan otomatis saat ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau ketika bisnis sedang tak beroperasi. Kalian bisa mengatur isi balasan pesan otomatis yang cocok dengan preferensi kalian.

membuat-akun-whatsapp-bisnis-2

Tap menu Settings => Business Settings => Away Message lalu centang untuk mengaktifkan fitur ini, dan edit pesan default yang telah ada, silakan susun kalimat versi kalian. Setelah selesai, tap Save.

Greeting Message adalah fitur balas pesan otomatis yang dapat kalian kirimkan ketika pelanggan pertama kali menghubungi kalian atau setelah 14 hari tanpa komunikasi.

membuat-akun-whatsapp-bisnis-3

Quick Replies adalah fitur yang bisa kalian pakai untuk membuat teks balasan untuk hal yang kerap kali ditanyakan pelanggan. Caranya mudah kok, buatlah sebagian pesan balasan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pelanggan perihal bisnis kalian.

membuat-akun-whatsapp-bisnis-4

Defaultnya ada satu quick replies yang telah dibikin, yakni /thanks yang berisi ucapan terima kasih. Kalian dapat menambahkan quick replies lain, kita contohkan quick replies untuk permintaan maaf. Tap ikon plus di kanan bawah lalu ketik pesan permintaan maaf yang paling sopan dan juga shortcut alternatif kalian. Terakhir tap tombol Save.

Berikutnya, tiap kali kalian mengetikkan kata kunci /maaf, aplikasi akan secara otomatis mengirimkan pesan permintaan maaf versi penuh yang telah kalian ketikkan sebelumnya.

Atau saat ada pesan yang masuk, kalian hanya perlu ketik simbol “/” maka akan timbul quick replies shortcuts yang telah diatur sebelumnya

Cara Membuat Label di WhatsApp Bisnis

membuat-akun-whatsapp-bisnis-5

Fitur label di WhatsApp Bisnis memungkinkan kalian untuk memberikan tanda ke chat atau kontak tertentu yang nantinya sebagai informasi jenis statusnya. Contohnya, kalian mendapatkan orderan baru yang belum dibayar maka kalian dapat menandai chat yang demikian sebagai Pending Payment. Atau, orderan yang telah dibayar ditandai dengan Telah Dibayar, dan sebagainya.

Tap dan tahan chat tertentu lalu tap Label di deretan menu atas ponsel kalian. Kalian juga bisa menambahkan label yang telah ada atau label baru.

Cara Membuat Katalog WA Bisnis

WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog untuk menunjukkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis kalian. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang bisa diamati oleh konsumen ketika melihat profil kalian.

Dalam katalog, konsumen tak hanya memperhatikan foto produk namun juga mengamati detil keterangan dan harga produk.

Cara membuat katalog WhatsApp Bisnis, yakni buka menu Setting => Business Setting => Catalog.

Selanjutnya, kalian perlu menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Kalian juga bisa menambahkan tautan berkaitan dengan produk tersebut. Umpamanya, kalian dapat cantumkan tautan ke toko online kalian. Fitur Katalog ini dapat menampilkan sampai 500 foto produk.

membuat-akun-whatsapp-bisnis-6

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk para pemilik bisnis. Bagi kalian yang baru mau mengawali bisnis, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi wajib yang kalian miliki, nih.

Ditambah adanya fitur-fitur yang dimilikinya, kalian akan mudah dalam mengatur bisnis, mulai dari menjaga komunikasi dengan fitur balas pesan otomatis, meninjau statistik pesan, mengkategorikan pesan dengan kriteria tertentu, dan mempromosikan produk.

Oia, bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a nice day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment