Mengenal Vue JS, Fitur, dan Kelebihannya

Mengenal Vue JS, Fitur, dan Kelebihannya

Sharing is caring!

Kalau kalian ingin membuat aplikasi web berbasis JavaScript, kalian perlu mempelajari Vue.js, loh. Alasannya adalah Vue merupakan framework yang dapat membantu proses pengembangan aplikasi web menjadi lebih efisien. Tak usah lama-lama, simak sampai kelar yuk Mengenal Vue JS, Fitur, dan Kelebihannya

Apa Itu Vue JS?

Vue JS adalah salah satu framework atau library dari JavaScript yang digunakan untuk untuk membuat tampilan (interface) pada website agar tampak lebih interaktif.

Fungsi lain dari Vue JS adalah membuat SPA (Single Page Application). Apabila digunakan pada arsitektur MVC (Model – View – Controller) maka Vue JS menempati pada posisi View yang berjalan di sisi front end.

Jadi tugas utama dari framework ini adalah mengirim dan menerima data lalu membuat tampilan UI (User Interface) yang menarik. Framework ini juga sangat mudah untuk diintegrasikan dengan library yang lain. Jika diimplementasikan pada komponen HTML, maka Vue JS menggunakan ID, class, atau name untuk menginisialisasikannya.

Framework ini mengalami perkembangan yang pesat bahkan beberapa perusahaan besar menggunakannya, sebagai contoh Google dan Adobe.

Terlepas dari itu, Vue JS pertama kali dikembangkan pada tahun 2013 oleh Evan You yang sebelumnya bekerja di Google dengan menggunakan AngularJS. Hal itulah yang melatarbelakangi seorang Evan You mengembangkan sebuah library yang lebih ringan daripada AngularJS.

Fitur dalam Vue JS

Berikut ini beberapa fitur dan komponen yang tersedia dalam Vue JS:

1. Components

Fitur components digunakan untuk membuat berbagai elemen pada HTML secara custom. Elemen custom ini juga dapat digunakan secara berulang-ulang.

2. Computed Properties

Fitur computed properties digunakan untuk melihat setiap perubahan yang terjadi dalam elemen user interface tanpa harus melakukan penambahan kode di dalamnya.

3. Data Binding

Data binding digunakan untuk memanipulasi dan memberikan nilai (value) pada atribut HTML. Sebagai contoh, mengubah style dengan menggunakan bantuan binding directives, yaitu V-Bind.

4. Directives

Fitur directives berfungsi untuk melakukan berbagai aksi (action) pada antarmuka front end website. Contoh perintah bawaan yang digunakan adalah v-if, v-else, v-model, dan lain-lain.

5. Event Handling

Event handling atau v-on yang berfungsi sebagai atribut yang dapat ditambahkan ke dalam suatu elemen DOM untuk sebuah event pada Vue JS.

6. Lightweight

Fitur lightweight digunakan untuk membuat menjadi lebih sederhana tetapi masih tetap cepat dan powerful.

7. Routing

Fitur routing mempunyai kegunaan sebagai perantara atau penghubung antar setiap halaman. Fitur ini memiliki kelebihan dalam membuat aplikasi single-page, cukup dengan menggunakan satu file HTML saja.

8. Templates

Fitur templates berfungsi untuk menghubungkan DOM dengan data instance pada Vue JS, yang nantinya akan mengkompilasi template menjadi fungsi DOM Render Virtual.

9. Virtual DOM

DOM atau kependekan dari Document Object Model merupakan suatu interface yang memudahkan dalam mengakses atau menambah konten pada suatu dokumen.

Fitur dari Virtual DOM berfungsi untuk menyimpan perubahan dokumen pada replika DOM, sehingga dapat di review lebih cepat setiap perubahannya.

10. Watchers

Fitur yang terakhir adalah watchers, yang mana memiliki fungsi untuk dapat menangani setiap perubahan data sehingga mampu untuk membuat kode menjadi sederhana dan cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Vue JS

Kelebihan saat menggunakan framework ini dibanding kerangka kerja yang lain adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai Ukuran yang Ringan

Vue JS memiliki ukuran atau kapasitas memori yang lebih kecil daripada framework yang lain, sekitar 33kb. Sehingga, kalian tidak memerlukan waktu yang lama untuk proses pengunduhan dokumen serta mampu membuat proses pengembangan website menjadi lebih efisien.

2. Memiliki Dokumentasi yang Lengkap

Sistem dokumentasi yang disediakan oleh Vue JS terbilang cukup lengkap dan mudah untuk dipelajari. Sehingga, bagi kalian yang masih pemula dan ingin belajar lebih jauh seputar framework ini, cukup dengan mengunjungi situs resmi dari Vue JS.

3. Mudah untuk Diintegrasikan

Kemudahan dalam proses integrasi merupakan salah satu pertimbangan seorang programmer dalam menggunakan framework. Hal tersebut termasuk dalam keunggulan dari bahasa pemrograman JavaScript dalam membangun aplikasi yang interaktif dan cukup kompleks.

4. Mampu Berinteraksi secara Dua Arah

Berinteraksi secara dua arah menjadi salah satu kelebihan Vue JS yang paling menonjol. Why? Karena di dalam framework tersebut juga menggunakan konsep arsitektur MVVM (Model View View Model) yang dapat memungkinan untuk berkomunikasi dengan bagian proses.

5. Mempunyai Stok dan Dukungan Plugin yang Banyak

Kelebihan yang terakhir ialah memiliki dukungan (support) plugin yang banyak dalam membangun web app. Contoh plugin yang dapat digunakan adalah vuetify, berfungsi untuk menyediakan berbagai komponen menarik. Dan plugin vue router yang berfungsi untuk membuat aplikasi single-page lebih mudah dan bervariatif.

Sedangkan berikut ini adalah kekurangan Vue.js:

Minim Plugin

Plugin berfungsi untuk mempermudah developer saat mengembangkan suatu proyek. Sayangnya, Vue tidak menyediakan banyak plugin.

Terlalu Dinamis

Developer harus mempelajari framework ini secara terus menerus karena perkembangannya sangat cepat.

Komunitasnya Belum Ramai

Dibanding Angular atau React, komunitas Vue masih belum begitu ramai. Hal ini wajar mengingat Angular dan React memang lebih populer.

Cara Belajar Vue.js untuk Pemula

Modularisasi library yang menggunakan kerangka kerja biasa terjadi dalam pengembangan frontend. Baik React dan Angular memiliki modularisasi.

Namun, yang membedakan Vue.js dari alternatif lain adalah high decoupling, betapa mudahnya untuk memperluas fungsionalitas, dan seberapa baik semua bagian bekerja setelah lebih banyak modul disertakan. Misalnya, jika kalian ingin mengatur dan merender komponen visual kecil, yang kalian butuhkan hanyalah pustaka inti Vue.js sehingga tak perlu menyertakan pustaka tambahan.

Seiring pertumbuhan aplikasi, pengguna memiliki perpustakaan untuk mengelola rute seperti vue-router’ perpustakaan untuk mengelola keadaan global seperti vuex atau perpustakaan untuk membangun aplikasi web yang responsive seperti bootstrap-vue.

Selain itu, jika aplikasi kalian perlu dioptimalkan atau membutuhkan SEO yang baik, kalian dapat menyertakan pustaka vue-server-rendering.

Sistem komponen Vue.js bersifat reaktif, artinya Vue.js mengetahui cara berkomunikasi melalui peristiwa asinkron yang misalnya, komponen anak dapat berkomunikasi dengan komponen induknya.

Dengan Vue.js tidak ada gesekan dengan pustaka atau sumber lain. Dengan kata lain, penggunanya dapat menggunakan alat yang paling nyaman bagi mereka. Misalnya, kalian bisa menulis HTML dan JavaScript saja atau kalau kalian mau, kalian bisa menambahkan CSS, JSX atau TypeScript.Vue.js memiliki baris perintah khusus (CLI) yang dibuat di Node JS. Alat ini memungkinkan pengguna untuk memulai proyek menggunakan boilerplate atau templat dasar.

Selain itu, tim pengembangan Vue.js memiliki ekstensi Chrome yang memungkinkan untuk melihat bagaimana pohon komponen kalian di render, bagaimana event diluncurkan dan dicatat, bagaimana keadaan internal setiap komponen disimpan, dan bagaimana keadaan global komponen sedang berperilaku.

Kegunaan dan Penerapan Vue.js

Lebih dari 700 perusahaan telah menggunakan Vue.js, beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Alibaba, Gitlab hingga Xiaomi. Kepercayaan penggunaan Vue.js ini karena kekuatan dan keserbagunaannya, Vue mampu menarik khalayak luas. Penerapan Vue.js dapat ditemui pada:

HTML / CSS / JS Purists

JavaScript adalah ekosistem yang berubah dengan cepat dengan banyak gangguan pula. Selain mudah usang, JavaScript juga menambah kerumitan pada situs web itu sendiri.

Menginstal kerangka kerja dan tumpukan paket Node yang mudah goyah hanya akan memperburuknya. Vue dapat menyelesaikan banyak masalah dan memperkenalkan praktik JavaScript modern tanpa kerumitan yang berlebihan.

Pembuatan Prototipe Cepat

Vue adalah kerangka kerja ringan dengan fungsionalitas kerangka kerja yang jauh lebih berat. Jika kalian memiliki pengalaman dengan pengembangan web front-end, kalian dapat mempelajari Vue dalam beberapa hari.

Salah satu alasan utama menggunakan kerangka kerja adalah alat yang mereka berikan untuk membuat pengembangan lebih cepat dan lebih mudah. Misalnya, aplikasi web progresif bergantung pada navigasi terprogram, tata letak khusus, dan struktur yang berubah dengan cepat. Kerangka kerja front-end membuat tantangan ini hampir sepele, Vue tidak terkecuali.

Kalian sekarang dapat menyelesaikan proyek yang biasanya memakan waktu berbulan-bulan dalam beberapa minggu, berkat kerangka kerja modern karena Vue sangat ringan dan mudah digunakan, kalian dapat menyelesaikan prototipe dalam hitungan jam atau hari.

Pengembangan Aplikasi Web

Pengembang mengharapkan manfaat tertentu dari kerangka kerja front-end modern. Penggantian string untuk HTML, arsitektur berbasis komponen, dan perkakas adalah contoh yang bagus. Vue memiliki dan menawarkan semua manfaat itu, serta yang disebutkan di bagian kerangka kerja.

Pengembangan Aplikasi Seluler Asli

Pengembang aplikasi web sering kali ingin membuat produk mereka tersedia sebagai aplikasi seluler. Secara tradisional, mereka melakukan ini dengan mempekerjakan pengembang tambahan untuk membangun iOS dan Android. Kemudian mereka harus menemukan cara untuk berkoordinasi di antara ketiga platform tersebut.

Sekarang ada pilihan lain dan salah satu opsinya adalah menggunakan NativeScript untuk membangun aplikasi seluler, yang memungkinkan pengembang membangun untuk Android dan iOS dengan kode JavaScript yang sama. Pengembang Nativescript bahkan dapat mem-porting kode web mereka ke seluler tanpa harus menyewa pengembang baru.

Gimana? Setelah mengetahui berbagai fitur, dan kelebihan Vue.js, apakah kalian semakin tertarik untuk menggunakan framework ini?

Jika iya, kalian bisa coba menginstal Vue.js dan bereksperimen dengan penggunaannya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Vue JS, Fitur, dan Kelebihannya
Artikel
Mengenal Vue JS, Fitur, dan Kelebihannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Vue dapat membantu proses pengembangan aplikasi web menjadi lebih efisien. Simak sampai kelar yuk Mengenal Vue JS, Fitur, dan Kelebihannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like