kelebihan cpanel

cPanel merupakan panel standar yang paling banyak digunakan dan sebagian besar web developer sudah sangat familiar dengan tool ini. Sebaliknya, bagi pengguna yang masih baru, pasti belum paham apa itu cPanel. Nah, kalau begitu perlu dikupas dulu nih terkait kelebihan dan kekurangannya di artikel cPanel: Kelebihan, Kekurangan, dan Manfaatnya

Manfaat cPanel

Salah satu manfaat yang paling umum dirasakan adalah memudahkan para pengguna di dalam mengatur web hosting mereka. Namun, ada lagi manfaat cPanel yang lain yang juga harus kalian ketahui.

  1. Memudahkan manajemen dan pengaturan Email

Salah satu manfaat dari hadirnya cPanel adalah memudahkan dalam aktivitas web hosting, salah satunya kemudahan ketika mengatur dan memanajemen email. Kalian bisa dengan mudah mengolah, mengedit, mengapus, maupun membuat email untuk forwarder dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Secara umum, email yang disediakan jumlahnya terbatas, yaitu sesuai jasa hosting yang digunakan. Misalnya jasa hosting tersebut menyediakan 20 email pada setiap domain.

  1. Kemudahan mengola file website

Manfaat kedua dari cPanel yaitu kalian akan lebih mudah ketika mengola file website. Beberapa kemudahan tersebut antara lain menghapus, menyalin, mengedit file-file yang sudah ada di hosting. Manfaat lain yang juga bisa digunakan yaitu cPanel telah memberikan sebuah pengaturan FTP yang akan membuat kalian lebih mudah ketika harus mengakses file-file website yang terdapat di aplikasi FTP client tanpa perlu masuk ke cPanel.

  1. Kemudahan pengaturan keamanan

cPanel memiliki password yang akan melindungi file atau maupun web hosting kalian dari berbagai serangan yang bisa datang kapan saja. Jadi, kalian bisa memanfaatkan sebuah fitur yang bernama Password Protect Directions.

  1. Kemudahan dalam pengolahan domain

cPanel akan memudahkan kalian dalam mengatur domain atau subdomain kalian. Mulai dari menambahkan Addon Domain, membuat Subdomain, mengatur Parkir Domain atau Aliases, serta melakukan setting DNS di cPanel.

  1. Kemudahan dalam pengolahan database

Manfaat cPanel yang kelima adalah untuk memudahkan kalian di dalam pengolahan database. Salah satu fitur yang disediakan oleh cPanel adalah MySQL dan juga phpMyAdmin. Hal ini memudahkan user untuk melakukan pengelolaan pada databasenya, seperti menambah maupun melakukan modifikasi.

  1. Kemampuan melihat statistik dari pengunjung

Dengan menggunakan cPanel, kalian bisa dengan mudah mengetahui statistik siapa saja orang yang mengunjungi website kalian. Nanti telah disediakan sebuah fitur bernama AWStarts yang ada bagian Logs. Bukan hanya statistik pengunjung, fitur ini juga membuat kalian bisa mengetahui statistik dari negara tempat orang yang mengunjungi situs kalian tersebut berasal.

  1. Kemudahan pengaturan PHP

Bagi kalian yang ingin agar supaya website bisa berjalan dengan baik dan normal maka kalian wajib menyesuaikan versi PHP bersera modul-modul yang juga akan kalian gunakan. Di sini kalian akan diberikan keleluasaan menentukan versi PHP mana yang akan kalian gunakan. Bahkan, kalian juga mendapatkan kebebasan untuk menginstall PHP Extension yang berasal dari file sampah.

  1. Kemudahan dalam backup dan restore

Manfaat kedelapan yang dimiliki oleh cPanel adalah kemudahan untuk para pengguna yang hendak melakukan restore maupun backup. Kalian bisa dengan mudah mengembalikan seluruh database kalian tanpa harus kehilangan file penting-penting kalian.

Kelebihan cPanel

Apa keunggulan dari cPanel? Berikut ini penjelasannya:

  1. Aneka Fitur yang Melimpah

Kelebihan cPanel yang pertama adalah ketersediaan fitur yang melimpah. Saking komplitnya nih, kalian bisa menggunakan beberapa fitur berbeda untuk satu tujuan yang sama.

kelebihan cpanel

Sebagai contoh untuk melakukan backup, cPanel memberi kalian tiga opsi berbeda. Mulai dari JetBackup, Backup Wizard, maupun fitur Backup bawaan.

  1. Mudah Digunakan oleh Pemula

Kelebihan cPanel yang lain bisa dilihat dari sisi kemudahan. Control panel ini mengusung tampilan GUI (Graphical User Interface). Otomatis, ia lebih mudah dipahami dan digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Tak hanya itu loh, fitur-fitur di cPanel juga ditata berdasarkan kategorinya masing-masing sehingga kalian tak akan kesulitan mencari fitur yang dibutuhkan.

  1. Populer dan Banyak Tersedia di Hosting

Berdasarkan survey W3Techs, cPanel menduduki posisi kedua control panel hosting terpopuler dengan persentase 9%. Bahkan di Indonesia, cPanel ternyata jauh lebih populer.

kelebihan cpanelkelebihan cpanel

Bisa dibilang, hampir semua penyedia layanan hosting menggandeng cPanel sebagai software resmi untuk mengelola fitur-fitur yang mereka sediakan.

  1. Panduan dan Dokumentasi Lengkap

Umumnya, semakin populernya sebuah software, biasanya semakin lengkap pula panduan penggunaannya. Begitu pula dengan cPanel. Software control panel ini menyediakan dokumentasi yang cukup lengkap di laman resmi.

Kekurangan cPanel

Berikut ini penjabaran dari kekurangan dari cPanel:

  1. Performa Agak Lambat

Kekurangan cPanel yang pertama adalah kinerjanya agak yang lambat. Hal ini merupakan konsekuensi dari ratusan fitur yang dimasukkan ke dalam software tersebut.

Otomatis, resource hosting untuk pengguna menjadi lebih cepat habis karena sudah terpakai untuk menginstall cPanel beserta isinya.

  1. Membingungkan Sebagian Pengguna

Kekurangan cPanel yang berikutnya juga masih berhubungan dengan fitur. Banyaknya opsi fitur untuk tujuan yang sama, bisa saja membingungkan sebagian pengguna.

Alih-alih dimudahkan karena banyaknya pilihan, mungkin kalian justru bingung sendiri mau pakai fitur yang mana.

  1. Biaya Langganan Mahal

Sebagai software berbayar, biaya sewa cPanel terbilang mahal. Varian termurahnya dibanderol $15.99 atau setara Rp 230 ribuan perbulan.

biaya mahal

Pun demikian, jika kalian membeli hosting yang dikelola penyedia layanan, harga sewa cPanel biasanya lebih murah karena sudah termasuk biaya langganan hosting.

Misalnya di Jetorbit. Kalian bisa mencoba layanan hosting plus cPanel, seperti Bisnis Hosting, Personal Hosting, Unlimited Hosting, dan Cloud Hosting.

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment