Mengenal Apa itu FTP Server dan Fungsinya

Sharing is caring!

FTP Server atau File Transfer Protocol merupakan salah satu jenis aplikasi server yang banyak digunakan dalam jaringan internet. Anda bisa mengenal apa itu FTP Server dan fungsinya dalam artikel ini.

Apa Pengertian dari FTP Server?

FTP adalah protokol internet yang berjalan dalam satu lapisan aplikasi yang berfungsi sebagai media tukar-menukar data antara client dan server dalam sebuah jaringan. FTP bisa diatur menjadi layanan yang bisa digunakan oleh banyak orang sehingga semua orang dapat mengakses data dalam suatu komputer dengan mudah. FTP sudah memiliki tingkat keamanan yang terjamin dan hanya client yang terdaftar dan memiliki izin saja yang bisa mengaksesnya.

Software FTP Server:

Fungsi FTP

FTP memiliki fungsi yang menguntungkan bagi penggunanya, antara lain:

  1. FTP memfasilitasi setiap user untuk melakukan transfer data secara dua arah. Artinya, jika FTP digunakan dalam sebuah perusahaan maka setiap pemimpin perusahaan mampu mengirimkan file kepada karyawan dan sebaliknya hanya dengan menggunakan server yang sama.
  2. Dapat melakukan pertukaran file antarkomputer dengan mudah meskipun file tersebut memiliki ukuran besar.
  3. Adanya FTP membuat pemilik website dapat melakukan backup website dengan mudah.
  4. Progress perpindahan data tidak akan hilang walaupun sambungan terputus.
  5. Transer data atau file dapat dilakukan dengan mudah dan terorganisir.
  6. Dapat melakukan indirect maupun implicit remote computer.
  7. FTP menyediakan transfer data yang reliabel dan efisien.

 

Apakah saat ini Anda sebagai seseorang yang berselancar dengan internet setiap harinya? Anda pastinya telah beberapa kali dalam sehari atau sering mencari informasi ke suatu website, entah informasi terkait pelayanan  masyarakat, informasi jualan online, informasi ekonomi dan politik terkini, dan sebagainya.

Kami menyuguhkan materi terkait alasan pentingnya memiliki website bagi bisnis dan masyarakat. Anda dapat telusuri lebih lanjut ke https://www.jetorbit.com/blog/10-alasan-pentingnya-memiliki-website-untuk-bisnis-dan-masyarakat/ .

Lalu apakah Anda telah memiliki website untuk kepentingan personal? Jika belum, kami punya solusi untuk Anda. Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi!

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda ?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa itu FTP Server dan Fungsinya
Artikel
Mengenal Apa itu FTP Server dan Fungsinya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
FTP Server merupakan salah satu jenis aplikasi server yang banyak digunakan dalam jaringan internet. Apa itu FTP Server dan fungsinya? Kepoin di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment