Mana Pilihan Terbaik untuk Hosting, cPanel atau CyberPanel?

Mana Pilihan Terbaik untuk Hosting, cPanel atau CyberPanel?

Sharing is caring!

Ada yang sudah memakai CyberPanel? Wah, ada yang tetiba jadi penasaran kah, CyberPanel punya kelebihan apa aja sehingga mulai banyak direkomendasikan? Makanya, simak terus ya Mana Pilihan Terbaik untuk Hosting, cPanel atau CyberPanel?

Pengenalan cPanel dan CyberPanel

Kalian percaya kan bahwa cPanel dan CyberPanel akan memudahkan kalian dalam mengelola hosting dan domain sebagai sebuah kontrol panel hosting. 

Sebabnya adalah semua pengaturan bisa diakses melalui Graphical User Interface (GUI). Kalian tak perlu repot lagi mengetikkan perintah melalui terminal. Cukup dengan klik menu yang dibutuhkan.

Lalu, apa yang membedakan kedua kontrol panel tersebut? Okay, silakan baca sampai selesai, ya.

Perbandingan cPanel vs CyberPanel

Berikut ini perbedaan cPanel dan CyberPanel dalam beberapa kriteria:

1. Kemudahan untuk Mengelola Website

Baik cPanel dan CyberPanel memiliki fitur pengelolaan website yang lengkap. Maka keduanya memudahkan kalian untuk mengelola file dan database. Kalian juga bisa mengakses file website secara remote dengan menghubungkan cPanel dan CyberPanel dengan FTP client.

Selain itu, kedua panel kontrol menawarkan fitur manajemen WordPress yang baik. Nah, dengan fitur tersebut kalian bisa update WordPress secara otomatis, membuat staging, dan melakukan backup.

Bedanya, fitur pengelolaan WordPress di cPanel memungkinkan kalian untuk mengelola plugin dan tema tanpa harus login ke dashboard. Jadi, kalian tentunya bisa dengan praktis mematikan atau menghapus plugin dan tema yang tidak dibutuhkan atau memang bermasalah.

Okay, CyberPanel lebih unggul dari cPanel bagi pemilik website yang profesional ya, terlepas dari perbedaan fitur pengelolaannya. Sebab, CyberPanel mendukung integrasi dengan platform pengelolaan versi GitHub.

Dengan menghubungkan CyberPanel dan GitHub, kalian bisa deploy kode langsung dari repositori kalian. Jadi, kustomisasi website lebih praktis dan terdokumentasikan dengan baik.

2. Fitur Keamanan

cPanel vs CyberPanel sama-sama memiliki fitur keamanan yang baik untuk menjaga website dari hacker dan malware.

Di cPanel ada banyak fitur keamanan, antara lain IP blocker, hotlink protection, dan two factor authentication. Sementara itu, CyberPanel memiliki ModSecurity yang berfungsi untuk menangkal serangan cyber terhadap hosting.

Kedua panel kontrol tersebut juga memudahkan kalian untuk mengaktifkan SSL secara gratis. Bedanya, cPanel menggunakan AutoSSL sedangkan CyberPanel menggunakan Let’s Encrypt SSL.

3. Dukungan untuk Optimasi Kecepatan Website

Kalian pasti setuju dong ya bahwa website yang cepat itu penting. Selain membuat pengunjung betah, juga akan meninggalkan kesan yang baik untuk pengunjung. Hal ini tentu harus diwujudkan, terutama untuk website bisnis dan instansi.

Nah, CyberPanel dan cPanel mendukung kebutuhan website yang cepat karena keduanya bisa digunakan di web server berkecepatan tinggi, seperti LiteSpeed.

Apalagi CyberPanel dan LiteSpeed adalah kombinasi yang baik bagi kalian yang ingin membangun website WordPress. Dengan CyberPanel, kalian bisa menginstal plugin LiteSpeed Cache secara otomatis di WordPress.

Adanya LiteSpeed Cache ini, loading website akan jadi lebih cepat sebab server tidak perlu memproses permintaan akses website satu persatu.

Sedangkan cPanel tidak menginstal plugin cache secara otomatis. Pun demikian, kalian tetap bisa menginstal plugin melalui WordPress untuk mengoptimalkan kecepatan website.

4. Harga

Perbedaan cPanel vs CyberPanel lainnya ada pada biaya berlangganan keduanya.

Harga lisensi cPanel mulai dari $15.99/bulan atau sekitar Rp 220 ribuan untuk satu website. Meski demikian, kalian bisa mencoba cPanel secara gratis selama 15 hari. Jadi, kalian bisa menilai manfaat panel kontrol tersebut sebelum memilih untuk membelinya.

Nah, kalau CyberPanel lebih terjangkau nih karena memiliki versi gratis. Jika puas dengan fasilitas CyberPanel gratis, kalian silakan upgrade ke versi berbayar yang lebih canggih mulai dari $11/bulan atau sekitar Rp 154 ribuan.

Jadi, mana kontrol panel yang akan kalian pilih?

Apapun panel kontrol pilihan kalian, Jetorbit memiliki paket layanan hosting dengan keunggulan kontrol panel tersebut. Kalian bisa menggunakan cPanel baik di Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS, serta CyberPanel di layanan VPS.

Kabar gembira dari Jetorbit untuk Orbiters!!!

Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

cloud hosting cyberpanel

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini, loh.

Keuntungan yang bisa kalian dapatkan dari layanan Cloud Hosting milik Jetorbit di antaranya:

  • Memiliki sumber daya (CPU/RAM/SSD) besar yang mampu menangani trafik tinggi
  • Mudah mengoperasikan aplikasi kalian dengan akses SSH yang telah disediakan
  • Mendukung aplikasi PHP, Python, NodeJS, dan Ruby
  • Memastikan sistem dan sumber daya kalian lebih terkontrol dan aman dengan Cloudlinux
  • Memastikan aplikasi dan web kalian optimal dan cepat hingga 20x dibanding web server lainnya
  • Nikmati SSL untuk domain website atau aplikasi kalian secara gratis jadi lebih aman untuk transaksi
  • Memastikan website kalian lancar diakses dari berbagai perangkat dan kondisi jaringan dengan HTTP/3 + QUIC + Brotli
  • Aman dengan proteksi dari Imunify dari serangan malware/virus pada website kalian

DISKON 50%, jadilah orang pertama yang menggunakan layanan cloud hosting dari Jetorbit!!!

Informasi lebih lanjut kunjungi https://jto.us/cloudhostingjetorbit

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mana Pilihan Terbaik untuk Hosting, cPanel atau CyberPanel?
Artikel
Mana Pilihan Terbaik untuk Hosting, cPanel atau CyberPanel?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
CyberPanel punya kelebihan sehingga mulai banyak direkomendasikan. Simak terus ya Mana Pilihan Terbaik untuk Hosting, cPanel atau CyberPanel?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like