situs download font gratis

Ada yang pernah kesulitan dalam menemukan font yang tepat untuk proyek desain? Tak hanya mempertimbangkan bentuk yang menarik, alasan anggaran pun bisa menjadi hambatan yang lain. Okay, solusinya adalah kalian bisa memanfaatkan situs-situs yang menawarkan font gratis. Makanya, simak terus yuk 20 Situs Download Font Keren Gratis!

Tips Memilih Font Keren

Ada beberapa tips dalam memilih font keren untuk kebutuhan desain kalian, seperti:

  • Temukan font terbaik untuk digunakan dalam proyek kalian. 
  • Periksa mengenai izin penggunaan font, apakah font tersebut dapat digunakan secara gratis dan bebas untuk penggunaan pribadi maupun komersial. 
  • Sekali lagi, setiap akan mengunduh font, cek kembali apakah syarat penggunaan masih sama atau sudah berubah karena mungkin saja font yang kalian unduh tahun lalu secara gratis, tiba-tiba izin penggunaannya sudah berubah sekarang.
  • Jika perlu, kalian bisa menyalin atau menyimpan gambar mengenai perjanjian lisensi saat mengunduh font jika kalian membutuhkannya suatu saat.

20 Situs Gratis untuk Download Font Keren

Berikut ini rekomendasi website untuk download font keren dengan pilihan yang cukup banyak dan dapat digunakan secara gratis:

1. Google Font

Google Font adalah salah satu situs penyedia font paling populer dan paling sering digunakan di dunia. Situs penyedia font ini bersifat open source, artinya semua orang dapat mendaftarkan font buatan mereka ke perpustakaan Google Font.

situs download font gratis

Terdapat 980 jenis font keren dengan 135 bahasa yang bisa di-download dan gunakan dari Google Font.

2. Font Squirrel

Font Squirrel adalah sebuah situs download font keren lainnya yang sangat cocok bagi yang sedang mencari font untuk logo perusahaan atau keperluan komersial.

situs download font gratis font squirrel

Tenang, Font Squirrel menyediakan ratusan jenis font keren yang dapat digunakan secara gratis juga.

Oia, Font Squirrel juga memiliki fitur Font Identifier yang berguna untuk mengidentifikasi nama font yang tidak ketahui dengan mengunggah screenshot font tersebut ke mesin pendeteksinya.

3. Fontspace

Fontspace menawarkan lebih dari 75 ribu pilihan font sehingga kalian tidak akan kehabisan pilihan font untuk website kalian.

situs download font gratis fontspace

Seluruh font yang ada di Fontspace diorganisir dengan rapi berdasarkan berbagai kategori untuk memudahkan kalian mencari font yang diinginkan.

4. Befonts

Befonts adalah pilihan lainnya untuk website download font keren. Situs ini cocok untuk para pekerja kreatif, terutama desainer. Tersedia pilihan ratusan font yang dapat digunakan secara gratis untuk konten personal. Tenang, kalian akan selalu punya pilihan font untuk dicoba, kok.

situs download font gratis befonts

Selain font gratis, Befonts juga menyediakan pilihan font untuk tujuan komersial, seperti logo perusahaan, papan nama, atau logo website.

5. FontsArena

FontsArena menawarkan banyak sekali font dengan tampilan yang bagus dan memanjakan mata. Oia, beberapa font hanya dapat digunakan untuk keperluan pribadi tapi ada juga font yang dapat digunakan untuk keperluan komersial.

fontsarena

FontsArena juga memiliki katalog artikel mengenai font loh sehingga kalian bisa menjadikannya sebagai sumber inspirasi saat kesulitan mencari pilihan font.

6. Dafont

Dafont memiliki sistem kategori font yang sangat mengesankan, dengan pilihan font yang mencakup segala macam fungsi dan tujuan.

dafont

Fitur pengategorian font ini adalah salah satu fitur yang krusial untuk desainer yang sedang menjalankan proyek dengan tipe tertentu.

7. FFont

FFont saat ini memiliki sekitar 104 ribu pilihan font dari berbagai kategori. Waow, banyak, ya. Silakan kalian pilih kategori font di side bar bagian kiri pada website FFont.

ffont

Setelah memilih kategori font, kalian dapat mengurutkan font berdasarkan abjad, terbaru, terlama, atau terpopuler. Kalian juga dapat mencoba dan mem-preview font terlebih dahulu sebelum mengunduhnya ke perangkat kalian.

8. Free Script Fonts

Sebagian besar font yang ada di Free Script Font dapat digunakan secara gratis untuk kebutuhan pribadi.

free script fonts

Font yang tersedia di website ini terbagi menjadi 8 kategori, yakni Bold, Display, Fancy, Feminine, Logotype, Kids, Wedding, dan Heart. Eitss, selain kategori, kalian juga bisa menelusuri font berdasarkan labelnya, loh.

Oia, ada juga fitur pencarian berdasarkan kata kunci jika kalian memang ingin mencari jenis font tertentu.

9. Creative Market

Creative Market adalah sebuah online marketplace untuk menjual dan membeli aset desain digital. Setiap minggu, Creative Market menawarkan konten gratis, termasuk font. Keren, kan.

creative market

Konten gratis yang didapatkan juga berganti-ganti tiap minggunya dan hanya dapat diunduh pada rentang waktu terbatas.

Font yang ditarwarkan di Creative Market pada umumnya adalah font premium dan berkualitas. Maka, jika kalian ingin mengoleksi font premium berkualitas secara gratis, sangat direkomendasikan si Creative Market ini.

10. Fontasy

Fontasy memiliki lebih dari 1.100 arsip font yang dapat kalian download secara gratis.

fontasy

Tak hanya namanya saja yang merupakan permainan dari kata ‘fantasy’, website ini juga menawarkan font fantastik, unik, dan imajinatif.

Meskipun semua font yang ada di Fontasy dapat digunakan secara gratis, tetap direkomendasikan agar kalian tetap menghubungi pemilik font sebelum menggunakannya untuk tujuan bisnis/komersial.

11. 1001 Fonts

Meski namanya 1001 Font, situs download font keren ini menawarkan lebih dari 10 ribu jenis font yang dapat di-download secara gratis. Semua katalog font yang ada di 1001 Font sudah tersebar secara rapi ke 65 kategori untuk ditelusuri.

1001 font

Kalian dapat memilih font yang ada di sini berdasarkan abjad, popularitas, tanggal publikasi, trending, dan jumlah style yang dimiliki font tersebut.

12. Pinspiry Font

Pinspiry Font memiliki katalog yang sangat luas dan mencakup display font seperti font berjenis serif, sans, slab, script, dan sebagainya yang tentunya dapat kalian download secara gratis.

pinspiry font

Seperti Creative Market, Pinspiry juga menawarkan font gratis yang dibagikan setiap minggu. Selain itu, kalian juga dapat membaca artikel inspirasi tentang font yang dapat membantu kalian saat kesulitan mencari referensi font.

13. Unblast

Unblast adalah situs download font keren yang memiliki berbagai pilihan aset desain menarik, seperti mock-up, ikon, vector, dan tentu saja, font.

unblast

Kalian dapat menemukan berbagai jenis font berbayar dan gratis yang sudah dikelompokkan berdasarkan kategori keluarga font, seperti serif, sans serif, display, script, condensed, vintage, dan masih banyak lagi.

Satu titik di mana Unblast masih dapat diperbaiki adalah kurangnya fitur preview font sehingga kalian hanya dapat melihat tampilan font dari gambar yang sudah ada.

14. Abstract Font

AbstractFont juga menjadi salah satu situs download font gratis yang patut kalian coba. Terdapat lebih dari 13 ribu font yang dibagi ke 62 kategori yang dapat dapat ditelusuri berdasarkan abjad, popularitas, tanggal rilis, dan pencarian keyword.

abstract font

Seperti situs lainnya, font di AbstractFont juga terbagi menjadi aset gratis untuk keperluan pribadi dan berbayar untuk keperluan komersial. Beberapa font juga dapat digunakan untuk keperluan komersial tanpa lisensi.

15. Neogrey

Berbeda dari situs lainnya, Neogrey adalah sebuah koleksi portofolio milik Ivan Filipov, seorang desainer grafis dan web di Inggris.

neogrey

Ia sudah mendesain berbagai font menakjubkan yang ia sediakan untuk dapat di-download secara gratis. Font buatan Ivan rata-rata memiliki corak berwarna, geometris, dan kreatif.

16. Artill

Artill adalah situs koleksi font buatan seorang desainer asal Jerman bernama Lukas Bischoff. Ia membuat website ini dengan tujuan untuk membantu orang yang sedang mencari font gratis.

artill

Font yang disediakan di Artill bertema minimalisme dan tampilan font juga dipajang dengan tipografi yang memanjakan mata.

Untuk mengunduh font gratis di Artill, kalian akan diminta untuk membagikan (share) font tersebut terlebih dahulu.

17. Typedepot

Typedepot adalah sebuah situs desain tipografi yang menawarkan font gratis yang sudah diberi label secara rapi.

typedepot

Kalian juga dapat menemukan font komersial berbayar yang sangat layak untuk dibeli jika sedang mencari pilihan font untuk bisnis atau logo perusahaan kalian.

18. Free Fonts Project

FreeFontProject adalah sebuah situs yang menawarkan segudang pilihan font yang dipublikasikan secara gratis oleh masing-masing desainernya. Pembagian font gratis ini bertujuan untuk meningkatkan popularitas dan ketersediaan seni tipografi di dunia digital.

situs download font gratis

Jika kalian menyukai font yang ditemukan di sini, kalian juga dapat memberikan donasi yang nantinya akan diteruskan ke sebuah organisasi amal bernama ON your heart.

19. Fontfabric

Fontfabric adalah sebuah organisasi tipografi independen yang dibuat oleh seorang desainer asal Bulgaria bernama Svetoslav Simov.

situs download fontfabric

Di Fontfrabic, kalian bisa download font keren yang didominasi oleh font berbayar. Namun, terdapat satu kategori font gratis yang berisi berbagai pilihan font berkualitas yang tak kalah menariknya dengan font premium.

20. Ten by Twenty

Ten by Twenty adalah sebuah karya buatan Ed Merritt, seorang desainer asal Inggris. Situs ini memiliki koleksi font yang dapat digunakan untuk tujuan komersial dan nonkomersial.

download font ten by twenty

Font buatan Ed Merritt sudah diunduh sebanyak 1.5 juta kali. Jika kalian melihat desain serta kualitas font-nya, sudah selayaknya sih karya desainer ini sangat populer.

Okay, silakan kalian bisa menyesuaikan font sesuai kebutuhan kalian, baik secara desain maupun lisensi font, ya. Situs-situs tersebut tentu sangat berguna, apalagi bagi orang yang baru merintis karier di dunia desain grafis.

Nah, jika kalian mau buka bisnis di bidang desain grafis, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren!

Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment