apa itu side hustle

Lagi jenuh dengan pekerjaan utama kalian? Mau gak jika memulai side hustle, gitu? Kalem, jika masih bingung apa itu side hustle, kalian wajib simak artikel Apa Itu Side Hustle, Manfaat, dan Cara Memulai Side Hustle sampe kelar 🙂

Apa Itu Side Hustle?

Side Hustle adalah pekerjaan tambahan di samping pekerjaan utama. Biasanya sih, dilakukan dengan tujuan untuk mengejar passion sekaligus bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Sederhananya, side hustle adalah mengisi waktu luang dengan pekerjaan yang kalian minati. Bentuknya bisa berupa pekerjaan apa saja. Asalkan sesuai dengan passion serta menguntungkan.

Beberapa contoh side hustle yang bisa dicoba:

  • Penulis
  • Blogger
  • Vlogger
  • Fotografer
  • Penerjemah
  • Desainer Grafis
  • Web Developer
  • dan banyak lagi.

Manfaat Side Hustle

Selain bisa menghasilkan pendapatan tambahan, side hustle juga memiliki manfaat lainnya, yakni sebagai berikut:

1. Memberikan Kepuasan Diri

Manfaat pertama adalah dapat memberikan kepuasan pada diri. Sebab, menjalankan side hustle artinya melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan minat kalian. Jadi, kalian bisa merasa lebih puas gitu ketika melakukan hal yang kalian senangi.

2. Menambah Sumber Pendapatan

Side hustle dapat menjadi sumber pendapatan tambahan, loh. Bisa dikatakan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Alasannya adalah bisa menambah sumber pendapatan tanpa harus kehilangan pekerjaan utama. 

3. Membantu Pertumbuhan Profesional

Menjalankan side hustle adalah salah satu cara yang bisa dipilih jika ingin menumbuhkan diri secara profesional. Sebab, segala prosesnya mengharuskan untuk mempelajari dasar dan teknis pekerjaan kalian. Jadi, kalian punya kesempatan untuk mendalami skill dan memperkaya portofolio. 

Misalnya nih, menjalankan side hustle sebagai fotografer maka tidak hanya mengerjakan pemotretan saja. Namun, kalian juga akan belajar dan melakukan teknik fotografi, memasarkan hasil foto, dan banyak lagi. Dengan konsisten pada pekerjaan maka kalian juga akan terus bertumbuh secara profesional. 

4. Meningkatkan Skill Manajemen Waktu

Apakah menurut kalian side hustle terlihat menarik? Sebetulnya tidak mudah loh untuk melakukannya. Sebab, menjalankan side hustle berarti mengambil waktu luang di luar pekerjaan. Makanya mungkin kalian hanya akan memiliki sedikit waktu istirahat.

Jika sudah terbiasa menjalankan side hustle maka kemampuan manajemen waktu juga akan meningkat. Alasannya adalah kalian mampu untuk membagi waktu dengan baik antara pekerjaan utama, pekerjaan tambahan, waktu istirahat, dan bersenang-senang.

5. Membantu Persiapan Career Switch

Berpikir untuk berganti karir? Okay, side hustle adalah langkah yang tepat! Sebab, side hustle dapat memberikan kesempatan untuk belajar secara praktik dan mempersiapkan diri sebelum mencoba pekerjaan baru.

Misalnya ingin berganti karir dari sales motor menjadi pemilik agency penulis profesional. Kalian bisa memanfaatkan side hustle sebagai kesempatan untuk melakukan uji coba. Dengan begitu, jika sudah siap maka sudah bisa melakukan career switch.

6. Membantu Persiapan Situasi Darurat

Manfaat yang tak kalah penting yaitu dapat memberikan persiapan menghadapi situasi darurat.

Misalnya, tetiba kehilangan pekerjaan utama karena PHK dan sebagainya. Nah, jika menjalankan side hustle, masih bisa sedikit lebih tenang. Karena, masih tetap punya pekerjaan dan sumber pemasukan. 

8 Ide Side Hustle

Berikut contoh side hustle yang bisa kalian kerjakan: 

1. Membuat Channel YouTube/ Vlog

Membuat channel YouTube atau menjadi YouTuber dapat menjadi pilihan side hustle yang menarik. Karena, selain mudah untuk dimulai, berpotensi juga loh memberikan penghasilan tambahan. 

Oleh karena itu, jika senang berbagi informasi dalam bentuk video maka kalian dapat memulai channel YouTube kalian sekarang. 

2. Menjadi Fotografer

Jika suka memotret dan memiliki skill dalam pengambilan gambar, silakan mencoba side hustle sebagai fotografer.

Apalagi, ada banyak peluang bagi fotografer untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya, menawarkan jasa foto untuk suatu acara atau menjalankan proyek foto sendiri, lalu menjual foto tersebut secara online maupun dalam bentuk cetak.

3. Membuka Kursus Online

Membuka kursus online juga dapat menjadi ide side hustle yang dapat dicoba, loh. Utamanya, jika menguasai suatu bidang tertentu.

Menariknya, kalian juga bisa membuat e-learning di website kalian sendiri. Dari situlah kalian bisa mengatur semua kebutuhan kursus online kalian.

4. Menjadi Content Writer

Jika memiliki minat pada bidang penulisan, bisa mencoba side hustle sebagai content writer

Apalagi, ada banyak media online yang bisa menerbitkan dan membayar tulisan tersebut. Jadi, kalian bisa memilih untuk menerbitkan tulisan di media yang sesuai dengan bidang yang kalian minati.

5. Menjadi Event Planner

FYI, jika memiliki kemampuan manajemen yang baik, ada baiknya bisa mencoba side hustle sebagai event planner. Pekerjaan ini biasanya bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengatur berjalannya suatu acara. 

6. Menjadi Tour Guide

Eitss, menjadi tour guide juga bisa menjadi side hustle yang bisa kalian coba. Khususnya, jika kalian mengenal suatu lokasi wisata dengan baik dan ingin mencoba memulai bisnis travel.

Pekerjaan ini juga cukup menarik. Karena, memungkinkan kalian memperkenalkan lokasi kalian kepada orang-orang baru. Entah itu wisatawan lokal maupun luar negeri.

7. Membuat Desain Grafis 

Kalian jago gambar? Yuk mencoba desainer grafis sebagai side hustle kalian.

Misalnya, kalian membuat desain lalu menjualnya di platform digital. Bahkan, kalian juga bisa menawarkan jasa desain sebagai pekerjaan freelance kepada individu atau suatu bisnis. 

8. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website adalah salah satu contoh side hustle yang menarik untuk dijalankan. Khususnya, jika memiliki kemampuan web development yang baik.

Menariknya, selain bisa menghasilkan pendapatan melalui pembuatan website, kalian juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan dengan menjadi reseller hosting Indonesia

Cara Memulai Side Hustle

Lalu bagaimana cara untuk memulai side hustle? Berikut tips yang bisa diterapkan:

1. Identifikasi Minat 

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memulai side hustle adalah mengidentifikasi minat kalian. Caranya adalah kalian dapat mencari tahu hal yang disenangi dan apakah kalian bisa menjadikannya sebuah pekerjaan. Misalnya, kalian dapat menggunakan analisis SWOT

2. Buat Daftar Kebutuhan

Selanjutnya adalah silakan tuliskan semua hal yang dibutuhkan untuk menjalankan side hustle. Contohnya, kamera, tripod, laptop, dan sebagainya untuk kebutuhan fotografi. Dengan begitu, kalian menyesuaikan modal yang dimiliki dengan kebutuhan kalian.

3. Pertimbangkan Potensi Keuntungan

Oia, ingat ya, sekalipun dikerjakan untuk mengejar passion tapi pastikan side hustle yang dijalankan setidaknya bisa memberikan keuntungan. Karena jika tidak, hanya akan menghabiskan waktu saja. 

Kalian dapat memperkirakan potensi keuntungan dengan membandingkan seberapa banyak profit dibandingkan modal yang dikeluarkan. Lebih lengkapnya,  silakan baca artikel ROI atau Return on Investment

4. Atur Waktu 

Menjalankan side hustle artinya kalian harus bisa mengatur waktu kalian dengan baik. Tujuannya agar bisa tetap fokus mengerjakan side hustle, tanpa harus mengganggu pekerjaan utama dan waktu istirahat kalian.

5. Konsisten Jalankan Side Hustle

Jika sudah memutuskan memulai side hustle maka kalian perlu untuk konsisten. Alasannya adalah karena keuntungan pastinya tidak bisa kalian dapatkan secara instan. Oleh karena itu, jalankan side hustle karena memang kalian senang dan kembangkan secara konsisten agar bisa menjadi sumber pendapatan tambahan.

Perbedaan Side Hustle dan Side Job

Mereka memiliki beberapa perbedaan, loh. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Perbedaan Motif atau Tujuan

Side hustle adalah pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengejar passion atau minat. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan pekerjaannya bisa menghasilkan pendapatan tambahan juga. 

Sedangkan side job adalah pekerjaan tambahan yang dilakukan karena ingin mendapatkan sumber penghasilan di luar dari pekerjaan utama. Biasanya, pekerjaannya juga tidak selalu sesuatu yang diminati.  

2. Perbedaan Cara Memulai Kerja

Side hustle adalah pekerjaan yang dapat dimulai dan dijalankan sendiri. Sebab, tidak perlu mencari lowongan dan melamar kerja. 

Sedangkan side job adalah pekerjaan yang hanya bisa dimulai jika direkrut atau dikontrak dari suatu pemberi kerja. Artinya, menjalankan suatu pekerjaan baru di samping pekerjaan utama. Entah itu sifatnya freelance ataupun part-time

3. Perbedaan Fleksibilitas Kerja

Side hustle menawarkan cara kerja yang fleksibel. Sebab, memang pada dasarnya pekerjaan ini dimulai atas inisiatif sendiri sehingga bebas untuk menentukan waktu bekerja kalian sendiri.

Sedangkan side job cenderung lebih mengikat jika dibanding dengan side hustle. Karena, umumnya ada aturan atau target dari pemberi kerja. 

4. Perbedaan Beban Kerja

Side hustle memberi kebebasan untuk menentukan tugas yang ingin dikerjakan. Jadi, kalian bisa menyesuaikan beban kerja sesuai dengan kemampuan dan target pribadi saja.

Sedangkan, beban kerja side job sudah ditentukan oleh pemberi kerja sehingga harus bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan target yang diberikan.

5. Perbedaan Keuntungan yang Didapatkan

Side hustle tak hanya memberikan penghasilan tambahan. Namun, kalian juga bisa memperdalam skill yang diinginkan. Oia, kalian bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karir sesuai dengan passion

Sedangkan side job hanya memberikan penghasilan tambahan saja. Biasanya pekerjaan side job tidak memiliki jenjang karir khusus. Bahkan, pekerjaan yang dilakukan juga biasanya bersifat sementara saja atau perproyek.

Nah, gimana, tertarik mencoba menjalankan side hustle? Eitss, jangan lupa ya, meski begitu, pastikan kalian pilih yang bisa memberikan keuntungan, ya. 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment