copywriter-content-marketing

Apakah perusahaan Anda mempekerjakan seorang copywriter? Apakah Anda sedang dalam proses belajar menjadi copywriter? Atau, Anda justru sedang mendalami seluk beluk content marketing? Anda berada di waktu yang tepat karena kami akan menyampaikan bahasan terkait copywriter dan content marketing. Yuk baca Pengertian Copywriter dan Perbedaan dengan Content Marketing

Apa Itu Copywriter?

Copywriter adalah penulis profesional yang bertanggung jawab untuk menulis teks atau salinan yang digunakan dalam pemasaran dan materi promosi.

Anda mungkin pernah mendengar berbagai mitos tentang penulis, seperti anggapan bahwa penulis dilahirkan dengan bakat dan Anda tidak bisa “belajar” cara menulis. Atau mungkin Anda pernah mendengar kebalikannya, yakni tidak ada keterampilan yang terlibat dalam menulis dan siapapun dapat melakukannya. Ketika berbicara tentang copywriting, kedua mitos ini tidak benar.

Copywriter adalah profesional yang telah mempelajari dan mempraktikkan keahlian mereka. Tak satupun dari kita yang terlahir dengan pengetahuan terkait bagaimana menulis salinan yang sangat baik tetapi itu jelas merupakan keterampilan yang hampir semua orang dapat belajar dengan tekun.

Siapa yang Menggunakan Copywriter?

Copywriting adalah inti dari hampir setiap bisnis. Tanpa copywriter, bisnis tidak akan dapat membagikan pesan mereka dengan calon pelanggan untuk memperluas pasar mereka atau dengan pelanggan yang ada saat ini agar membuat mereka tetap terlibat.

Situs, organisasi nirlaba, penyedia layanan, bahkan pengecer fisik pun, mereka semua membutuhkan dan menggunakan copywriter.

Apa Itu Content Marketing?

Konten memang utamanya dibuat untuk menyampaikan informasi, dapat berupa teks, audio, video, gambar, media sosial, dan banyak lagi media lainnya. Content marketing memiliki tujuan jangka panjang, yakni untuk menggambarkan bisnis atau brand Anda agar kredibel, dapat dipercaya, dan tampak sebagai sosok yang berwibawa dalam industri Anda.

Orang yang membaca konten Anda mungkin tidak langsung melakukan pembelian atau sign up ke mailing list. Namun, mereka mungkin mengikuti blog Anda atau menandai situs Anda karena mereka mengenali Anda sebagai media atau sarana untuk mencari konten informatif yang menarik. Oleh karena itu, Anda telah mengokohkan brand Anda di benak mereka.

Bagaimana Mengukur Keberhasilan Content Marketing Anda

Strategi pemasaran Anda perlu menyertakan penggunaan berbagai metrik dan alat analisis untuk mengukur keberhasilan konten Anda.

copywriter-content-marketing-1

Jika hasilnya tidak seperti yang Anda harapkan, hal tersebut mungkin karena Anda menghasilkan materi yang berfungsi dengan baik sebagai bagian dari konten namun tidak berhasil sebagai bagian dari copy. Berikut ini ada beberapa elemen copywriting yang mungkin hilang dari konten Anda.

Teknik Copywriting Apa Yang Perlu Anda Sertakan Dalam Content Marketing Anda?

  • Anda perlu menghasilkan headline yang menawan (captivating). Sangat sedikit pembaca yang akan menemukan wawasan, fakta, dan pembelajaran berharga yang ditawarkan oleh konten Anda jika Anda memberikan headline yang membosankan. Judul haruslah bisa langsung menarik perhatian pembaca, memancing keingintahuan mereka, dan membuatnya tidak mungkin untuk melewatkannya begitu saja.
  • Anda membutuhkan ajakan bertindak (call to action). Content marketing tidak membutuhkan ajakan bertindak yang eksplisit, seperti halnya copywriting. Namun, jika Anda tidak menyarankan beberapa langkah berikutnya, mereka kemungkinan besar akan click off konten Anda dan melupakan Anda sama sekali. Pastikan Anda tidak kehilangan mereka selamanya dengan merencanakan sebuah perjalanan untuk mereka ikuti, yang mana akan mengubah mereka menjadi pembaca setia dan menjadi pelanggan tetap.
  • Tulis dengan baik. Copywriter yang berbakat, memang ahli dalam meringkas konsep kompleks menjadi komponen mereka yang paling sederhana. Mereka menggunakan spasi, bahasa yang sederhana, subheadings, dan kalimat yang pendek untuk menghindari pembaca yang berlebihan (overwhelming readers). Agar dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang, konten Anda juga perlu melakukan ini.

Content marketing mengacu pada pembuatan konten yang dapat dibagikan, yang diterbitkan oleh brand untuk meningkatkan kesadaran brand, membangun kepercayaan dengan audiens, menarik pelanggan baru, memelihara prospek (leads), dan pada akhirnya mendorong penjualan. Sasaran dari upaya content marketing organisasi adalah untuk membuat konten yang bermanfaat dan menghibur pelanggan. Content marketing juga tidak boleh terlihat, terdengar, atau terasa seperti iklan eksplisit.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment