Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Sharing is caring!

Kalian pasti sudah paham bahwa dalam melakukan investasi, selalu ada potensi keuntungan sekaligus risiko kerugian. Kedua hal tersebut perlu diperhitungkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghitung ROI. Iya kan? Terus, ROI itu sebenarnya apa dan cara ngitungnya gimana? Okay, yuk baca Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Pengertian Return On Investment (ROI)

Return On Invesment  adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. Rasio ini menunjukkan hasil dari seluruh aktiva yang dikendalikan dengan mengabaikan sumber pendanaan. Selain itu, rasio ini biasanya diukur dengan persentase.

Faktor yang Mempengaruhi ROI

Faktor yang dapat mempengaruhi ROI antara lain:

  1. Turnover dari operating assets atau tingkat perputaran aktiva yang digunakan untuk kegiatan operasional, yaitu kecepatan berputarnya operating assets dalam suatu periode tertentu.
  2. Profit margin, yakni besarnya keuntungan operasi yang dinyatakan dalam bentuk persentase dan jumlah penjualan bersih. Profit margin dapat mengukur tingkat keuntungan perusahaan dan dihubungkan dengan penjualannya.

Dengan mengetahui ROI, pengusaha dapat mengetahui seberapa efisien perusahaan guna memanfaatkan aktiva untuk kegiatan operasional serta dapat memberikan informasi ukuran profitabilitas perusahaan.

Kelebihan dan Kelemahan ROI

Ada beberapa kelebihan yang memudahkan kalian untuk menghitung aktiva jika kalian menggunakan ROI, seperti:

  • Memudahkan kalian dalam mengambil keputusan untuk membeli aset, memberikan pendanaan untuk proyek atau program tertentu, atau saat memutuskan untuk melakukan investasi.
  • Dapat mengukur efisiensi penggunaan modal, produksi, dan penjualan.
  • Dapat membandingkan bisnis kalian dengan bisnis kompetitor. Namun, hal ini hanya bisa diraih jika kalian memiliki data industri sehingga kalian dapat menghitung rasio industri terlebih dulu.
  • Dapat digunakan untuk melakukan perencanaan bisnis.

ROI juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak dapat dikendalikan, yaitu:

  • Tidak memasukkan unsur biaya modal ke dalam rumus sehingga nilai ROI yang tinggi belum bisa disebut efektif jika belum dibandingkan dengan biaya modalnya.
  • Persentase yang didapat dari penghitungan ROI tidak selalu bisa dibandingkan dengan kompetitor, karena masing-masing bisnis mempunyai praktik akuntansi dan manajemen yang berbeda-beda.

Cara Menghitung ROI

Ada beberapa hal yang sebelumnya harus kalian ketahui, yaitu biaya yang akan dihabiskan untuk investasi, pendapatan investasi, dan biasanya termasuk berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga biaya tersebut dikembalikan (returned). 

Di bawah ini adalah rumusnya:

apa-itu-roi-1

Contoh, jika investasi sebesar Rp 10.000.000,- menghasilkan penjualan sebesar Rp 15.000.000,-, berarti diperoleh laba sebesar Rp 5.000.000,-. Maka secara sederhana perhitungan ROI dalam presentase sebagai berikut

ROI = (Rp15.000.000-Rp10.000.000)

Rp 10.000.000x 100%

ROI = 50%

Dari perhitungan di atas maka dapat disimpulkan tingkat ROI adalah sebesar 50%.

Guys, dengan mengetahui apa itu ROI dan cara menghitungnya, itu dapat membantu untuk menganalisis sebuah investasi yang akan dilakukan lho. Dengan analisis yang tepat, efisiensi perusahaan juga akan lebih mudah ditingkatkan. Profit yang didapatkan juga semakin memuaskan dan tentunya perusahaan akan semakin maju. Setuju dong ya 🙂

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Artikel
Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Selalu ada potensi keuntungan sekaligus risiko kerugian dalam investasi. Hubungannya dengan ROI? Yuk baca Apa Itu ROI dan Cara Menghitungnya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment