Arti Google Family Link dan Cara Menggunakannya

Sharing is caring!

Google Family Link merupakan aplikasi seluler yang memungkinkan para orang tua untuk membatasi jumlah waktu anak-anak menggunakan smartphone, memantau aktivitas internet mereka, dan menjaga keamanan dari situs yang tidak pantas. Sebenarnya Google Family Link itu seperti apa sih? Gimana pula cara menggunakannya? Yuk baca aja Arti Google Family Link dan Cara Menggunakannya

Aplikasi ini dirancang untuk anak-anak usia 13 tahun hingga di bawahnya dan menggunakan kontrol orang tua tentunya. Family Link melibatkan pengaturan akun Google pribadi untuk anak yang dapat dipantau dan dikontrol. 

Cara Menggunakan Family Link

Family Link akan kompatibel di perangkat orang tua yang berjalan di Android versi 4.4 ke atas serta iPhone atau iPad yang berjalan dengan iOS 9 ke atas.

Sementara, perangkat anak-anak yang kompatibel, minimal harus berjalan dengan sistem operasi Android 7.0 ke atas namun tidak menutup kemungkinan bagi perangkat Android versi 5.0 dan 6.0 untuk menggunakan Family Link.

Aplikasi ini juga bisa berfungsi di Chromebook. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, apa pun platform yang digunakan, orang tua harus memiliki akun Google lalu memasukkan data tanggal lahir anak.

Bagi anak-anak di bawah umur 13 tahun, akan dimintai persetujuan orangtua untuk membuat akun. Untuk memproses verifikasi akun bagi anak, Google akan meminta nomor kartu kredit orang tua meskipun Google mengklaim tidak akan memungut biaya untuk akses Family Link.

Apabila aplikasi Family Link telah terpasang, orang tua bisa memilih aplikasi dan pengaturan yang diinginkan. Nah, setelah pengaturan selesai, orang tua mulai bisa mengawasi anak melalui smartphone mereka.

Gunakan Tautan Keluarga untuk Mengontrol Aplikasi

Google Parental Control juga memperluas izin aplikasi. Semua aplikasi yang disetujui yang akhirnya diinstal pada perangkat si anak. Pengguna juga dapat mencegah game yang terhubung dengan internet atau memblokir akses aplikasi ke kamera perangkat serta dapat mencegah pembelian dalam aplikasi dan konten berbayar.

Gunakan Tautan Keluarga untuk Tetapkan Batas Pada Waktu Layar

Family Link memungkinkan pengguna untuk menetapkan batas harian setiap harinya dan juga waktu tidur yang nantinya akan mematikan perangkat. Semua waktu ini dapat disesuaikan pada siang hari. Pengguna juga dapat mengunci perangkat anak dengan fitur Kunci Perangkat Sekarang.

google-family-link-1

Gunakan Google Family Link untuk Mengetahui Keberadaan Anak

Dengan lokasi Google, pengguna memiliki keamanan tambahan untuk mengetahui di mana lokasi anak selama mereka menggunakan perangkat. Family Link mengawasi di mana perangkat pengguna berada dan berdasarkan apakah log aktivitas ditampilkan jika keberadaan anak melalui perangkat mereka.

google-family-link-2

Pantau Aktivitas Penjelajahan Chrome

Kontrol ini juga mencakup filter untuk situs dewasa meskipun Google mengakui beberapa situs ofensif mungkin masih bisa menembusnya. Pengguna juga dapat memblokir dan mengizinkan situs tertentu serta dapat melihat dan menghapus riwayat Chrome si anak.

Tinjau Jejak Digital Anak

Family Link menyimpan catatan si anak menghabiskan waktu digital mereka untuk apa saja. Laporan mingguan dan bulanan memungkinkan pengguna melihat aplikasi mana yang diakses, berapa lama digunakan, dan lokasi perangkat.

google-family-link-3

Cara Menghapus Akun Google Anak

Untuk menghapus akun Google si anak, pengguna dapat menggunakan aplikasi di ponsel atau mengunjungi halaman Google Family setelah masuk. Pilih nama anak lalu klik Pengaturan => Kelola => Pengaturan => Info Akun => Hapus Akun.

Guys, kalian juga bisa lho memberlakukan ini untuk saudara – saudara kalian yang lain. Saling bekerja sama dalam usaha untuk melindungi anak dari terpaparnya racun digital demi perkembangan mereka merupakan ide yang baik kan đŸ™‚

Good luck!

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Arti Google Family Link dan Cara Menggunakannya
Artikel
Arti Google Family Link dan Cara Menggunakannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya Google Family Link itu seperti apa sih? Gimana pula cara menggunakannya? Yuk baca Arti Google Family Link dan Cara Menggunakannya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment