situs-short-url

Kalian pernahkah ingin membagikan suatu link di media sosial dan ternyata link itu sangat panjang? Merasa repot? Tenang, kami punya solusi untuk satu ini. Okay deh, baca sampai selesai yuk 16 Situs Short URL Terbaik dan Gratis Untuk Perpendek Link

Apa Itu Situs Short URL?

Situs short URL adalah situs yang membuat kalian dapat memperpendek URL yang panjang dengan mudah. Kalian bisa mengubah link URL menjadi sangat pendek lho tanpa mengubah halaman yang ingin dibuka. Mudahnya, sama sekali tak ada yang berubah kecuali jumlah karakter.

Situs Short URL Terbaik dan Gratis Untuk Perpendek Link

Berikut ini merupakan situs short URL yang bisa kalian gunakan secara gratis untuk memperpendek link hingga mengelola link yang  diperpendek:

Bit.ly

Mungkin kalian sering melihat situs short URL yang satu ini. Selain penggunaannya yang mudah hingga akses gratis untuk banyak fitur bermanfaat, tentunya membuat Bit.ly menerima sekitar 600 juta permintaan untuk memperpendek URL setiap bulannya.

Anyway, kalian juga bisa mengganti awalan link dengan berpindah ke akun premium dan membayar mulai sekitar Rp400.000,- untuk berbagai fitur menarik lainnya.

TinyURL

Jika kalian pernah menggunakan Twitter, mungkin situs perpendek link yang satu ini sudah familiar. Sebab, TinyURL sempat menjadi salah satu situs untuk memperpendek URL terfavorit para pengguna Twitter. Nah, sekarang kalian bisa menikmati tampilan baru TinyURL dan memanfaatkannya untuk mempersingkat link yang ingin kalian bagikan.

situs-short-url-1

Kalian bisa membuat link yang diperpendek tanpa mendaftarkan akun. Selain itu, di TinyURL kalian bisa memodifikasi akhiran link. Hanya saja, kalian tidak dapat merekam data klik dari link yang diperpendek jika tidak login atau mendaftarkan akun.

Tiny.cc

Tiny.cc tidak sama dengan TinyURL. Meski begitu, cara penggunaannya tak kalah mudah dibanding situs short URL lainnya tapi kalian harus mendaftarkan akun terlebih dulu agar link yang diperpendek tidak hangus. Setelah memiliki akun, masukkan link yang akan dipersingkat lalu klik “Shorten”.

Rebrandly

Meski sering disebut sebagai kompetitor Bit.ly, Rebrandly memang membuktikan kehandalannya untuk memperpendek URL online. Cara penggunaannya? Mudah kok karena kalian hanya perlu mendaftarkan akun baru secara gratis, verifikasi email, kembali ke dashboard, lalu perpendek link apa saja yang diinginkan dan klik “Create Link” seperti gambar di bawah ini.

situs-short-url-2

Selain itu, kalian juga bisa lho melihat seberapa banyak klik yang didapatkan dari link yang sudah dipersingkat. Nah, kini ekstensi Rebrandly sudah bisa kalian instal khusus untuk Google Chrome.

BL.INK

Pemilik website toko online mungkin bisa mengandalkan situs short URL yang satu ini. BL.INK adalah layanan pemendek link yang tak hanya dapat memperpendek URL namun sekaligus dapat melacak dan menganalisis URL yang dipersingkat berdasarkan perangkat yang mengakses, lokasi pengakses, dan dari mana mereka mengklik URL tersebut.

Jika memiliki website toko online, kalian bisa nih menggunakan informasi ini untuk mencatat hasil analisis dari percobaan pemasaran yang kalian lakukan. Cara lainnya, kalian juga bisa cek hasil analisis traffic di website kalian menggunakan Google Analytics.

Yourls

Situs short URL yang satu ini merupakan singkatan dari “Your Own URL Shortener”. Berbeda dari layanan short URL lainnya, Yourls menggunakan sistem self-hosting sehingga kalian perlu melakukan instalasi manual di server hosting kalian sendiri. Yourls juga memungkinkan kalian untuk mengecek data terkait pengguna internet yang mengklik link kalian. Keren kan?

Is.gd

Is.gd menawarkan layanan untuk memperpendek URL dengan tampilan sangat sederhana dan tentunya mudah digunakan. Selain memperpendek link, kalian juga bisa mengubah URL kalian menjadi QR Code. Selanjutnya, kalian juga bisa mengetahui seberapa banyak orang yang mengakses link kalian setiap harinya melalui hasil statistik. Menarik gak tuh!

Tr.im

Nah Guys, Tr.im ini juga bisa kalian gunakan untuk memperpendek link yang panjang lho. Kemampuan untuk melakukan link targeting dan membangun link UTM, menjadi keunggulan tersendiri dari situs short URL yang satu ini. Tr.im menjadi salah satu situs short URL terbaik karena kalian tak perlu membayar untuk layanannya yang lengkap alias gratis! Kalian buktikan sendiri ya.

T2M

T2M memiliki dashboard yang mana kalian bisa melihat berbagai statistik data. Dashboard ini mempermudah kalian melakukan analisis performa dari berbagai link yang telah diperpendek.

T2M juga menawarkan kustomisasi URL yang bisa diatur kadaluwarsanya, memperpendek banyak link sekaligus, dan membagikan link ke media sosial cukup dengan satu klik saja.

Salah satu fitur unik T2M yang yang jarang ada di situs short URL lain adalah Custom Analytic Reports. Fitur ini memungkinkan untuk meminta laporan statistik yang tidak disediakan di dashboard bawaan. Kalian juga bisa meminta alamat IP orang yang mengklik, browser yang digunakan, seberapa sering orang itu mengkliknya, dan masih banyak lainnya.

Polr

Polr adalah situs short URL terbaik yang terkenal dengan fitur self-hosting. Fitur ini merupakan alternatif cara membuat short URL sendiri sesuai keinginan dengan gratis. Namun, karena fitur self-hosting ini pula, kalian harus paham mengenai PHP, Lumen, dan MySQL untuk menggunakan Polr.

Polr juga memiliki fitur yang mirip dengan situs short URL lain, seperti kustomisasi domain URL dan analisis performa link. Satu hal yang membedakan Polr adalah disediakan demo terlebih dahulu sehingga kalian bisa mendapatkan gambaran jelas sebelum memutuskan untuk mencobanya.

Shorturl.gg

Meskipun sama-sama pemendek URL, Shorturl.gg memiliki keunikan tersendiri. 

Alih-alih langsung membawa masuk pengguna ke halaman tertentu, link singkat yang dihasilkan justru membawa pengguna ke landing page seperti ini terlebih dahulu.

Landing page ini seperti halaman preview untuk memperlihatkan tampilan singkat halaman website sebelum benar-benar dibuka.

Pada landing page tersebut, Shorturl.gg menampilkan ringkasan berisi judul dan meta description dari halaman website yang kalian inginkan. Sehingga, orang-orang bisa lebih memahami konteks halaman web sebelum masuk ke halaman aslinya.

Cuttly

Cuttly adalah tools shorten link yang cocok bagi pebisnis. Selain mempersingkat URL, Cuttly juga menyediakan berbagai fitur agar link kalian terlihat lebih kredibel bahkan performanya bisa dievaluasi.

Buktinya adalah kalian dapat custom link dengan menambah domain sendiri dan juga memantau statistik link lewat Link Analytics.

Short.io

Nah, untuk menggunakan Short.io nih, kalian harus membuat akun terlebih dahulu.

Rempong? No. Meski harus punya akun dulu, Short.io memberikan fitur menarik bahkan untuk versi gratisnya, yaitu kalian bebas memasukkan domain kalian ke dalam link.

Kalian juga mendapat berbagai fasilitas menarik. Mulai dari melihat statistik link, melakukan campaign tracking dengan tag UTM, hingga link retargeting untuk menampilkan iklan relevan bagi siapapun yang mengklik URL kalian.

Linkly

Mirip seperti Short.io, kalian harus punya akun dulu untuk menggunakan Linkly. Menariknya, Linkly menawarkan dashboard sederhana dan multifungsi yang ramah bagi orang awam.

Nah, melalui dashboard ini, kalian bisa melakukan berbagai pengaturan link yang cukup detail.

Selain itu, kalian juga bisa memantau performa link secara real-time. Agar lebih praktis, Linkly juga menampilkan grafik pada daftar laporan. Oleh karena itu, kalian tak usah mengklik satu persatu report untuk melihat grafiknya.

PixelMe

Bagi kalian yang memiliki bisnis, terutama berdagang melalui Amazon, link shortener ini cukup layak dicoba, lho.

Setelah mendaftarkan akun secara gratis ke pemendek URL ini, kalian akan mendapatkan dashboard untuk mengelola link-link website kalian. 

Oia, tak hanya bisa meringkas link dan memantau analytics-nya, PixelMe memungkinkan kalian menghubungkan akun Amazon dan membuat iklan lewat dashboard yang sama. 

Selain itu, kalian juga bisa membuat micro-website yang berisi kumpulan link dari beberapa halaman website, mulai dari situs bisnis, channel YouTube, akun media sosial, dan banyak lagi. 

Smart URL

SmartURL memang link shortener yang cukup pintar. Tak hanya mampu memendekkan link, SmartURL juga menyajikan berbagai fitur yang mampu mendukung kebutuhan bisnis kalian. Terutama, untuk melakukan promosi yang lebih spesifik.

Misalnya saja, membuat link pendek sekaligus mengatur negara tujuan dan device yang digunakan. Tentunya, ini membantu Anda supaya link bisa mengarahkan target pasar ke halaman yang tepat.

Manfaat Memakai Situs Short URL

Berikut ini lima manfaat jika kalian memakai situs short URL:

Kustomisasi URL

Beberapa situs short URL terbaik, mengizinkan kalian untuk melakukan kustomisasi link sesuai keinginan. Tentunya ini bisa kalian manfaatkan untuk memasukkan nama brand kalian di link pendek tersebut. Perlu kalian tahu Guys, link pendek dengan brand  itu akan mendapatkan 39% lebih banyak klik dibandingkan link pendek biasa lho.

Bisa Melacak Performa Link

Banyak situs short URL yang mempunyai fitur untuk melacak dan menganalisis performa link yang dipendekkan. Kalian bisa melihat laporan CTR, mengetahui dari mana saja lokasi orang yang mengklik, dan sebagainya.

Data laporan tersebut bisa dianalisis untuk mengetahui performa digital marketing bisnis kalian. Tentunya hal ini sangat membantu kalian untuk merancang strategi digital marketing yang lebih baik lagi ke depannya.

Link Mudah Dihafalkan

Selain mudah dihafalkan, URL yang pendek juga mengurangi kemungkinan salah ketik. Ingat ya! Salah di satu karakter saja akan membuat link tersebut menjadi broken link. Akibatnya, halaman website tidak bisa diakses oleh siapapun dan kalian kehilangan traffic.

Lebih Profesional dan Bisa Dipercaya

Saat kalian membagikan link panjang ke orang-orang nih, link itu bisa terlihat sebagai link yang tidak profesional dan tak terpercaya. Orang-orang bisa ragu untuk klik link tersebut karena merasa asing serta aneh dengan banyaknya jumlah karakter.

Situs short URL bisa merubah link kalian menjadi link yang jelas, lebih enak dipandang, dan tentunya ini membuat orang-orang lebih yakin untuk mengklik. 

Sangat Cocok untuk Media Sosial

Setiap platform media sosial mempunyai batas berapa banyak karakter yang bisa kalian ketik. Misalnya, di Twitter 280 karakter dan LinkedIn 600 karakter.  Jadi, jika kalian ingin memasukkan suatu link di postingan, link yang pendek bisa sangat membantu agar tidak melebihi batas karakter.

Guys, semoga daftar situs short URL terbaik di atas dapat menjadi solusi kalian ya dalam memperpendek link yang sangat panjang. Kalau kalian punya rekomendasi situs short URL terbaik untuk digunakan, silakan tulis aja di kolom komentar ya 🙂

Have a nice day & keep healthy!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment