Mengenal Customer Value Dalam Bisnis

Sharing is caring!

Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor bisnis yang mesti diraih selain faktor menciptakan produk terbaik demi bisnis yang menguntungkan. Setuju kan? Nah, salah satu cara untuk memastikan hal ini adalah melalui konsep customer value. Okay, baca yuk Mengenal Customer Value Dalam Bisnis

Apa Itu Customer Value?

Customer value adalah total manfaat yang diterima oleh customer, baik tangible maupun intangible dikurangi dengan pengorbanan yang dikeluarkan (expense). Dengan mengetahui hal tersebut maka dapat ditemukan customer satisfaction atau tingkat kepuasan pelanggan. Langkah ini tentu saja akan sangat membantu untuk mengukur kepuasan pelanggan.

Tipe Customer Value

Ada empat tipe dari customer value, yakni sebagai berikut: 

  1. Functional Value merupakan solusi apa yang ditawarkan oleh suatu produk kepada pelanggan.
  2. Monetary Value adalah tentang bagaimana uang yang dibayarkan sesuai dengan kualitas suatu produk.
  3. Social Value adalah bagaimana suatu produk bisa membuat pelanggan merasa spesial seperti bisa merasa membantu satu sama lain misalnya.
  4. Psychological Value merupakan bagaimana suatu produk bisa membuat pelanggan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Value

Customer value pada suatu produk atau jasa sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik itu dari sisi target konsumen maupun sisi kalian sebagai pengusaha. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut:

  • Fungsi produk atau layanan
  • Unique selling point
  • Harga
  • Kualitas
  • Sumber daya produk
  • Branding dan pemasaran
  • Preferensi target pelanggan
  • Tingkat penghasilan target pelanggan
  • Pengalaman target pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan yang sama

Pada beberapa poin di atas, terdapat tiga faktor yang sepenuhnya langsung berasal dari target konsumen kalian. Artinya, ketiga faktor tersebut tidak bisa kalian kontrol, seperti preferensi target konsumen, tingkat penghasilan target konsumen, dan pengalaman mereka dalam menggunakan produk kalian.

Cara Mengukur Customer Value

Ada beberapa rumus yang bisa kalian terapkan untuk mengukur customer value dari sebuah produk, jasa dan layanan.

Nah, rumus paling sederhana ya seperti di bawah ini:

Customer Value = Manfaat – Harga

Dari rumus di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa semakin besar manfaat yang didapatkan oleh konsumen (dengan membeli produk/layanan) dengan harga yang sama maka semakin besar pula kepuasannya (customer value).

Oleh karena itu, kalian tidak perlu menerapkan strategi perang harga dengan kompetitor dengan keuntungan yang rendah ya karena memang sudah memiliki value yang lebih untuk calon konsumen. Hal ini akan berguna jika kalian menjual produk yang sama dengan brand yang sudah memiliki nama.

Apabila produk/layanan yang kalian tawarkan sama dengan produk/layanan brand tersebut maka yang bisa kalian lakukan adalah bersaing dari segi harga.

Kalau brand tersebut memang terkenal dan memiliki reputasi yang baik di mata konsumen, tentunya sulit kan ya? Lalu bagaimana cara bersaing dengan brand tersebut?

Strategi yang bisa dilakukan adalah dengan mengedepankan unique selling point dari produk/layanan kalian. Dengan keunikan tersebut, kalian bisa menentukan harga ke konsumen dengan lebih leluasa. 

5 Tips Mengembangkan Customer Value

Selain mengedepankan unique selling point, berikut ini cara lain mengembangkan customer value lainnya:

  1. Bantu target konsumen memahami value produk/layanan kalian ya. Nah, salah satu cara adalah dengan memiliki website bisnis sendiri, digital marketing dengan media sosial, dan sebagainya.
  2. Berikan layanan terbaik dan optimal kepada konsumen karena layanan yang berkualitas bisa memberi kepuasan kepada konsumen.
  3. Silakan minta feedback dari konsumen, bisa melalui kolom komentar website, media sosial, live chat, dan sebagainya.
  4. Segera ciptakan unique selling point baru sebelum dimabil oleh perusahaan pesaing.
  5. Lakukanlah branding karena dengan brand yang mengakar kuat, pelanggan tentunya akan bangga menggunakan produk/layanan kalian. Mereka juga tidak akan segan untuk merekomendasikan produk tersebut ke orang lain.

Nah Guys, dengan kalian mengenal customer value nih, tentunya akan lebih memudahkan kalian dalam memenangkan hati dengan konsumen, terlebih lagi di industri yang saat ini semakin ketat persaingannya. Setuju dong ya?

Anyway, kalau kalian punya uneg-uneg yang ingin dishare atau punya pertanyaan bahkan saran nih, tinggal tulis aja ya di kolom komentar 🙂

Have a nice day & keep healthy!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Customer Value Dalam Bisnis
Artikel
Mengenal Customer Value Dalam Bisnis
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Salah satu cara untuk memastikan kepuasan konsumen adalah melalui konsep customer value. Okay, baca yuk Mengenal Customer Value Dalam Bisnis
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment