membuat situs elearning

Popularitas platform e-learning sungguh melesat sejak wabah Covid-19. Dalam survei terbaru Coursera, kelas online terbukti lebih efektif memberikan berbagai ilmu praktis dan mengembangkan keterampilan sehari-hari untuk pelajaran tertentu daripada pendidikan konvensional. Okay, simak yuk Panduan Lengkap Membuat Situs E-learning

Cara Membuat Situs E-learning

Silakan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini dalam rangka membuat situs e-learning:

Buat Platform Online

Sebelum mulai menjalankan platform e-learning, kalian tentukan nama dulu ya untuknya. Selain itu, pastikan nama tersebut bisa dijadikan nama domain. Berikut ini beberapa tips cara membuat domain yang terlihat menjanjikan untuk platform kalian:

  • Pikirkan ide utama untuk nama tersebut, yang sekiranya mencerminkan niche dan kesukaan kalian.
  • Periksa ketersediaan domain menggunakan domain checker.
  • Utamakan memilih TLD .com
  • Buat domain yang singkat agar orang lain mudah menghafalnya
  • Jangan gunakan simbol dan angka serta buatlah nama yang terdengar lebih universal
membuat situs e-learning 1

Setelah memilih domain, kalian butuh platform hosting untuk website kalian. Jetorbit menyediakan banyak sekali promo hosting untuk segala kebutuhan kalian dan menyediakan bantuan untuk membantu kalian menjalankan cara membuat e-learning berbasis web.

Pilih Tool untuk Website Kelas Online

Jika menggunakan WordPress, ada banyak sekali plugin yang bisa membantu untuk membuat kelas online, mulai dari membangun website hingga mengelola library video. Selain itu, WordPress juga sangat user-friendly sehingga bisa menggunakan CMS ini tanpa harus memiliki pengetahuan teknis untuk mengelolanya.

Berikut beberapa plugin yang bisa membantu Anda membuat e-learning dengan WordPress:

Tutor LMS (Sistem Manajemen Pembelajaran)

Plugin ini adalah bagian inti dari website kalian, yang merupakan sistem manajemen pembelajaran lengkap untuk menangani berbagai hal terkait e-learning. Meskipun masih tergolong baru, popularitas LMS Tutor mulai naik berkat berbagai fitur gratis dan berbayarnya yang beragam.

Kalian juga bisa mencoba cara membuat situs e-learning hanya dengan versi gratis plugin ini, meski fitur premiumnya akan menjadi investasi yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan plugin ini.

membuat situs e-learning 2

Setelah menyelesaikan proses pembelian, temukan file LMS pada Dashboard Themeum kalian.

membuat situs e-learning 3

Setelah mengunduh file .zip-nya, buka panel admin WordPress kalian. Selanjutnya, buka Plugins => Add New lalu klik Upload Plugin dan pilih file yang baru saja diunduh.

Anda lalu perlu menginstal dan mengaktifkan plugin ini. Agar bisa menggunakan semua fungsinya, kalian juga membutuhkan versi gratis Tutor LMS. Pada kolom Search plugins, ketikkan Tutor LMS untuk menemukan Tutor Free lalu instal dan aktifkan. 

WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin e-commerce yang mudah dan tepat untuk membantu proses monetisasi. Selain itu, salah satu keunggulan utama WooCommerce adalah fiturnya yang tersedia gratis.

membuat situs e-learning 4

Dengan pengalamannya yang sudah bertahun-tahun dalam membantu pengguna, WooCommerce memungkinkan kalian mengelola metode pembelian kursus online tanpa perlu repot. Bisa dibilang, tool ini adalah bagian terpenting dalam cara membuat e-learning berbasis web kalian.

Video Hosting

Dalam cara membuat situs belajar online, kalian membutuhkan tempat yang aman untuk menyimpan dan mendistribusikan konten video premium yang dimiliki. Jadi, penting untuk memilih platform yang terjamin agar kalian bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengakses konten kalian.

vooPlayer

VooPlayer adalah platform video hosting premium khusus yang mampu mendistribusikan konten video kalian dengan aman kepada para subscriber. Untuk menggunakan VooPlayer, cukup buka situsnya dan pilih paket yang menurut kalian paling sesuai. Setelah menyelesaikan proses pembelian, kalian bisa mengunggah konten video dengan aman ke situs VooPlayer. 

YouTube

Jika tidak berencana memonetisasi konten kursus kalian, silakan gunakan YouTube. Cukup buat akun dan unggah konten video kalian ke YouTube. Nantinya, kalian bisa menambahkan potongan video ke program kelas online kalian.

Tema

Tema WordPress memungkinkan mengustomisasi tampilan platform LMS jika tidak ingin menggunakan tema default. Ada banyak tema berbasis platform LMS yang tersedia, baik yang berbayar maupun gratis. Namun, mungkin tidak ada tema lain yang bisa terintegrasi sempurna dengan Tutor Pro selain miliknya sendiri, Edumax.

Edumax

Edumax adalah tema yang mendukung semua fitur unik Tutor LMS, seperti dashboard analytics, course builder front end, dan sebagainya. Untuk mendapatkan Edumax, buka halaman webnya lebih dulu dan selesaikan pembelian seperti saat membeli layanan Tutor Pro. Setelah itu, file tema pun siap diunduh ke Dashboard Themeum kalian.

Seperti sebelumnya, kalian harus mengunduh file .zip yang tersedia. Lalu, silakan  akses panel admin WordPress Anda dan buka Themes => Add New => Upload Theme. Unggah file .zip yang baru saja Anda unduh, lalu instal dan aktifkan temanya.

membuat situs e-learning 5

Mulai Cara Membuat Kelas Online

Setelah menyiapkan semua elemen yang dibutuhkan dalam cara membuat situs belajar online, sekarang kalian bisa memulai untuk membuat kontennya. Untuk cara membuat kelas online, ada dua metode yang tersedia dari Tutor LMS Pro dengan fitur dan tipe pengajarnya masing-masing:

Back-end Course Builder

Back-end course builder terdapat di panel admin back-end WordPress. Untuk membuat kursus online baru, buka Tutor LMS Pro => Courses => Add New. Halaman untuk membuat kelas online lalu akan muncul. Salah satu kelebihan Tutor LMS adalah semua kursus bisa dibuat dari satu halaman ini terlepas dari skala dan panjang kontennya.

membuat situs e-learning 6

Di sini kalian bisa menambahkan konten seperti Judul, Deskripsi, Tag, dan Featured Image. Jika ingin membatasi jumlah siswa, gunakan kolom Maximum Students. Kalian juga bisa menentukan tingkat kesulitan kursus dengan opsi Difficulty Level.

Jika akan menyertakan lampiran yang bersifat pribadi seperti worksheet dan materi praktik, tambahkan di kolom Attachments. File ini nantinya bisa siswa kalian unduh sembari menyelesaikan kursus.

Selanjutnya, kalian bisa membuat sistem kursus prasyarat, yaitu kursus yang harus diselesaikan sebelum mendaftar ke kursus berikutnya. Contohnya, kursus Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman harus diselesaikan sebelum siswa bisa mengikuti kursus Algoritme Java Tingkat Lanjut.

membuat situs e-learning 7

Okay, mari kita bahas bagian utama dalam cara membuat kelas online ini, yaitu course builder. Di sini kalian bisa menambahkan Topics (topik) serta memberi nama dan deskripsi singkatnya. Susunan kursus mungkin tampak sedikit membingungkan tapi kalian pasti akan terbiasa. Setiap topik yang ditugaskan bisa menyertakan Quizzez (kuis) dan Assignments (tugas) serta pelajaran lain dalam topik tersebut.

Lesson (pelajaran) berisi sebagian besar konten kalian. Saat menyusun pelajaran untuk kelas online, kalian bisa memberinya nama, ringkasan materi yang dibahas, dan gambar serta sumber video. Di sinilah kalian membutuhkan video hosting yang tadi dibahas. Jika menggunakan VooPlayer, pilih opsi Embedded sebagai sumber video.

Selanjutnya buka akun VooPlayer dan salin kode embedded video. Setelah itu, paste pada form pembuatan kursus. Langkah ini akan menyematkan video dari VooPlayer ke kursus e-learning kalian. Jika menggunakan YouTube, pilih YouTube sebagai sumber video lalu tempelkan link ke video di tempat yang sama.

Kalian juga bisa menambahkan kuis pada setiap topik dengan menu Quizzes. Selain itu, kalian bisa menambahkan Video Pengantar yang tersedia secara gratis untuk menarik perhatian pengguna.

Setelah menambahkan konten, sekarang bisa memublikasikannya agar bisa dilihat oleh para audiens.

Front-End Course Builder

Front-end course builder menjadi salah satu fitur unik Tutor Pro yang tidak tersedia pada plugin LMS lainnya. Fitur ini memungkinkan pengajar baru menggunakan LMS dengan caranya sendiri tanpa harus masuk ke panel admin back-end.

membuat situs e-learning 8

Namun, ingat bahwa kalian masih harus memberikan persetujuan untuk mempublikasikan konten dari panel admin back-end. Untungnya, semua yang ada di back-end juga tersedia di front-end.

Membuat Kuis

Kalian bisa membuat kuis dengan cara yang sama baik di course builder front-end maupun back-end. Tutor LMS menyediakan 10 jenis pertanyaan yang bisa diajukan kepada para siswa, dengan keunggulan dan opsi kustomisasinya sendiri.

membuat situs e-learning 9

Pertama, kalian harus memberikan nama dan deskripsi (opsional) untuk kuis yang akan dibuat. Lalu bisa mulai menambahkan pertanyaan dan jawabannya. Kalian bisa memilih opsi untuk mengacak jawaban pilihan ganda, serta menentukan jawaban wajib menggunakan tombol Required.

Kalian juga bisa mengubah bobot pertanyaannya lho dengan mengatur poin jawaban. Fitur ini berguna ketika kalian memiliki pertanyaan open-ended yang memberikan lebih banyak nilai daripada jenis pertanyaan salah/benar.

membuat situs e-learning 10

Monetisasi dan Integrasi WooCommerce

Jika ingin mencoba cara membuat e-learning premium, kalian harus menambahkan WooCommerce Product lebih dulu. Untuk melakukannya, buka panel admin WordPress kalian lalu klik WooCommerce => Product => Add New. kalian sekarang bisa membuat produk dengan memberinya nama, deskripsi, harga normal, dan harga diskon.

Kalian juga bisa menambahkan jadwal baru untuk penjualan produk. Selain itu, pastikan mencentang For Tutor sehingga Tutor LMS bisa menggunakannya untuk penjualan produk. Setelah menambahkan produk, kalian pun bisa menawarkannya.

membuat situs e-learning 11

Setelah selesai, kembali ke bagian back-end kursus, lalu klik tombol Edit Course untuk mengelola kursus e-learning tersebut. Gulir menurun ke bagian Add Product untuk melampirkan produk dan menjualnya. Dari drop-down Select a Product, pilih produk yang baru saja kalian buat. Langkah ini akan melampirkan WooCommerce Product ke kelas online kalian. Pastikan memilih opsi Paid pada opsi Course Type dan kalian pun berhasil menyelesaikan langkah monetisasi program e-learning.

membuat situs e-learning 12

Jika ingin menambahkan kursus baru, ulangi proses pembuatan produk baru agar kalian dapat memantau pembelian pada website kalian dengan mudah.

Cara membuat situs belajar online di atas menggunakan Tutor LMS sebagai platform e-learning, serta mengintegrasikan WooCommerce dan VooPlayer yang sebagai pendukungnya. Semoga makin banyak platform e-learning sekarang ini, kalian makin semangat untuk memulai bisnis di bidang ini, ya.

Oia, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit, Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS dan juga Web. kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya mudah! 

Selain itu, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment