ara mempromosikan website

Kalian tahukah bahwa cara promosi website untuk menaikkan trafik bisa dilakukan dari berbagai sisi? Jadi, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar website kalian ramai pengunjung. Nah, beberapa mungkin mengeluarkan sejumlah biaya tapi ada juga yang tanpa biaya sepeser pun. Okay, simak yuk 10 Cara Mempromosikan Website

10 Cara Promosi Website agar Banyak Pengunjung

Silakan kalian ikuti cara-cara di bawah ini agar website kalian ramai pengunjung:

Promosi Melalui Blog

Silakan kalian tulis konten yang menarik dan informatif sehingga pengunjung punya alasan untuk terus kembali ke blog kalian. Mereka juga akan senang merekomendasikannya ke lingkaran pertemanan.

Ketika menulis konten, pastikan kalian menyertakan informasi yang berkualitas dan relevan dengan audiens yang ditargetkan. Tentukan juga tipe konten yang hendak dipublikasikan: hiburan, edukasi, atau kisah inspiratif.

Keunggulan blogging yang lain adalah membantu menaikkan peringkat website di hasil pencarian. Apabila konten memuat informasi dan jawaban yang dibutuhkan oleh audiens, dipastikan posisi situs akan melesat naik.

Untuk mengoptimasi peringkat situs melalui blog, terapkan praktik dan cara SEO. Caranya dengan membuat konten yang sesuai dengan kata kunci atau topik yang dicari oleh pengguna internet di mesin telusur.

Nah, untuk mengetahui kata kunci yang tepat, lakukanlah riset terlebih dulu menggunakan tool seperti Google Search Console.

cara mempromosikan website 1

Blogging tak hanya sekadar menulis di lapak kalian sendiri, lho. Kalian juga bisa menulis konten di blog lain dan mendatangkan trafik ke blog kalian. Aktivitas ini dinamakan guest blogging.

Sesuai namanya, guest blogging berarti kalian menjadi penulis tamu di blog lain dan menulis konten di sana.

Keuntungan yang diperoleh dari guest blogging adalah ketika mempublikasikan konten di blog lain, kalian bisa mengambil peluang ini sebagai cara untuk mempromosikan konten dan blog sekaligus membangun backlink. Metode ini dipercaya dapat memperluas jangkauan audiens.

Menggunakan Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara mempromosikan website yang tak hanya efektif tapi juga menciptakan interaksi yang lebih baik dengan target audiens.

Susunlah email yang disesuaikan dengan kebutuhan audiens. Jika pengunjung setuju berlangganan karena ingin mendalami suatu bidang, buatlah email yang mengedukasi. Jika mereka berlangganan karena ada penawaran promo, buatlah email yang berisikan info diskon.

Sebelum menyusun email, sebaiknya mengumpulkan email list terlebih dulu. Setiap email list berisikan alamat email yang menjadi tujuan pengiriman konten.

Tambahkan formulir pendaftaran di website. Nantinya pengunjung akan mengisi kolom yang disediakan dengan alamat email mereka. Setelah itu, buat draft email yang disesuaikan dengan kebutuhan audiens. Kirimkan secara berkala.

cara mempromosikan website 2

Kampanye email marketing dapat dilakukan secara otomatis menggunakan aplikasi email marketing. Sebagian besar aplikasi menerapkan sistem pembayaran tapi ada juga yang gratis, seperti MailChimp dan SendInBlue.

Manfaatkan Search Engine Listing

Mempromosikan website tak selalu harus mengeluarkan banyak uang. Search engine bisa jadi salah satu media gratis untuk memperkenalkan website ke audiens. Kuncinya adalah membiarkan website terindeks dengan mudah sehingga trafik akan berdatangan.

Jika ingin mesin telusur mengindeks website secara berkala, konten yang dipublikasikan harus selalu baru atau diperbarui. Mengapa? Hal ini tak terlepas dari cara kerja mesin telusur yang akan selalu menampilkan konten yang relevan dengan pencarian audiens.

Cara promosi website gratis di Google, Yahoo, Bing, atau mesin telusur lainnya bisa dilakukan secara manual. Misalnya, tambahkan halaman web ke Google menggunakan tool ini agar dapat diindeks.

Lakukan Giveaway

Jika kalian sering melihat promo yang menawarkan berbagai merchandise gratis maka itulah yang disebut giveaway. Cara ini untuk menarik perhatian target audiens dan di saat bersamaan memperkenalkan website beserta produk dan layanan.

Sebagai salah satu cara mempromosikan website baru, giveaway terbilang cukup cepat dalam memikat audiens. Misalnya, kalian dapat menawarkan unduhan ebook gratis di website. Dalam hal ini, website punya peluang besar untuk dikenal banyak orang. Inilah yang menjadi tujuan utama pengadaan giveaway.

Ingatlah untuk selalu merencanakan semuanya dengan matang apabila kalian hendak mengadakan giveaway.

Promosi di Facebook

Kanal media sosial ini memiliki banyak fitur yang memudahkan kegiatan promosi dan pemasaran. Sebab, saat ini social media marketing adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan berbagai hal, termasuk promosi website.

Salah satunya adalah Facebook Pages. Buat profil akun situs lalu publikasikan konten dan berikan informasi terbaru. Memiliki akun di Facebook Pages akan menciptakan interaksi yang baik antara kalian dan audiens.

Di Facebook Pages juga bisa membangun reputasi. Jumlah like dan komentar di setiap postingan dianggap sebagai indikator kesukaan/ketidaksukaan audiens terhadap situs kalian.

Fitur lainnya adalah Facebook groups. Buatlah grup yang mewakilkan website atau perusahaan kalian agar audiens bisa dengan leluasa bertanya dan berdiskusi seputar info, barang, bahkan layanan. Jika komunitas dibangun dan dipelihara dengan baik, audiens tak akan sungkan menunjukkan rasa puas dan loyalitasnya.

Selain fitur gratis, Facebook juga punya fitur berbayar untuk melancarkan promosi marketing, yaitu Facebook Ads. Cara kerjanya hampir mirip dengan Google Adwords dan berbasis sistem pay-per-click.

Promosi di Twitter

Cara lain untuk mempromosikan website supaya banyak pengunjung adalah memposting berbagai info terbaru di Twitter.

cara mempromosikan website 3

Melalui Twitter, user tak perlu merangkai kata yang panjang untuk menulis cuitan. Hanya dengan kata-kata yang singkat dan efektif, informasi yang disampaikan lebih padat dan tepat sasaran.

Di platform ini, kalian bisa membagikan konten apa saja untuk menarik perhatian audiens. Informasi yang disampaikan sebaiknya mencerminkan apa yang ditawarkan di website. Sertakan juga hashtag (#) di setiap postingan.

Twitter card adalah fitur Twitter yang akan menyempurnakan postingan pemasaran. Dengan fitur ini, cuitan bisa memuat tiga tipe lampiran, seperti link yang mengarahkan user ke website, foto, atau video.

Promosi di Instagram

Cara mempromosikan website melalui Instagram adalah dengan memposting foto yang cantik, menuliskan caption yang menggugah perasaan, dan menggunakan hashtag yang terkait dengan niche/topik.

cara mempromosikan website 4

Selain memposting foto di feed, kalian juga bisa memanfaatkan fitur Instagram story. Lakukan promosi harian dalam format gambar atau video. Meski hanya berlangsung 24 jam saja, fitur ini menjadi metode terbaik untuk membagikan momen dan juga kampanye pemasaran.

Fitur lain yang juga bisa dihandalkan untuk mempromosikan website adalah IGTV (Instagram TV). Dengan fitur ini, bisa membuat video berdurasi lebih dari satu menit.

Iklan di YouTube

Pemasaran dengan format video menjadi salah satu cara paling efektif untuk memikat perhatian audiens. Kegiatan ini bisa dilakukan di kanal media sosial yang juga sangat populer akhir-akhir ini, yakni YouTube.

Cara mempromosikan website baru di platform ini bisa dibilang cukup berhasil. Banyak yang bisa dilakukan, mulai dari mengintegrasikan YouTube dengan akun media sosial yang dimiliki (demi kemudahan distribusi konten) hingga membahas topik postingan yang diterbitkan di blog.

Selain memperkenalkan website, memiliki channel YouTube juga memberi peluang untuk bekerja sama dengan YouTuber lainnya. Jangkauan audiens pun makin luas.

YouTube menghadirkan fitur YouTube Analytics sehingga kalian bisa memperkirakan dan mengetahui efektif tidaknya promosi yang dilakukan. Cek total view di setiap video, jumlah subscriber, dan impresi di channel.

Ikut berkomentar di Forum Diskusi Reddit

Reddit merupakan sebuah situs dengan banyak pengguna yang membahas berbagai macam topik. Namun karena struktur dan sistemnya yang sedikit berbeda dari platform lain, kalian diharapkan untuk memahaminya terlebih dulu sebelum mulai terjun ke forum diskusi.

Sebagai contoh, Anda memiliki website yang berfokus pada review/ulasan buku. Carilah subreddit yang di dalamnya terdapat user yang gemar membaca buku.

cara mempromosikan website 5

Reddit memiliki sistem subreddit yang beragam. Masing-masing subreddit memuat hingga ribuan topik spesifik. Jadi, kalian bisa dengan mudah mencari topik yang diinginkan.

Perlu diingat, kalian tidak bisa begitu saja mempromosikan website. Reddit punya peraturan dan moderasi di setiap subredditnya dan kalian harus mematuhinya.

Berbaurlah senatural mungkin dengan anggota komunitas di subreddit. Apabila reputasi yang baik berhasil dibangun, dilihat dari jumlah upvote yang diperoleh (atau disebut karma di Reddit), kalian bisa mulai memperkenalkan website. Lakukan dengan pendekatan to the point dan jangan ragu untuk langsung menanyakan pendapat mereka.

Kalau yang diperkenalkan adalah brand yang sudah punya nama, adakan sesi di Ask Me Anything. Di sesi ini, kalian bisa mempersilakan user Reddit untuk mengajukan pertanyaan.

Aktif di Kolom Tanya Jawab Quora

Quora memiliki sistem yang berbeda dengan Reddit. Konsepnya berupa tanya jawab. Kalian memberikan pertanyaan atau menjawab pertanyaan user lain.

cara mempromosikan website 6

Di platform tanya jawab ini, user akan melayangkan pertanyaan yang berkaitan dengan website kalian. 

Melalui pertanyaan yang diajukan, kalian bisa menganalisis permasalahan yang mereka hadapi bahkan mengetahui sebenarnya apa yang mereka butuhkan. Apabila ada user Quora yang ingin tahu lebih lanjut tentang topik yang dibahas, silakan sertakan link ke website.

Sama seperti Reddit, kalian juga tidak bisa dengan gamblang mempromosikan website di Quora. Orang-orang yang mengakses platform ini cenderung mencari jawaban atas pertanyaan mereka dan bukannya promosi.

Setiap website butuh dipromosikan agar trafik tinggi dan konversi meningkat. Nah, banyak cara untuk mempromosikan website, ada yang berbayar, ada pula yang gratis. Okay, silakan mencoba sesuai kebutuhan kalian, ya.

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and always keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment