salah memilih hosting dan domain

Siapa nih yang sudah merasakan akibat dari salahnya memilih layanan hosting dan domain? Penyesalan? It’s okay, jadikan pelajaran saja agar tidak terulang lagi, bahkan bagi orang-orang di sekitar kalian yang mau memilih layanan hosting dan domain. Artikel kali ini akan menyampaikan Akibat Salah dalam Memilih Layanan Hosting dan Domain

Jika kalian salah pilih hosting sih masih bisa di-upgrade hosting atau migrasi ke hosting lain. Nah, yang repot jika kalian salah pilih domain. Kalian tidak bisa melakukan apapun selain membeli domain yang baru karena sampai saat ini belum ada satu pun fitur dari penyedia domain untuk mengubah nama domain (kalau kalian salah beli). Ya, kalian bisa mengakali dengan subdomain, misalnya domain utama adalah domainku.com maka diakali saja dengan subdomain situsku.domainku.com

Atau, menggunakan tools Free DNS dan di-forward ke domain kalian.

Penyebab Orang Salah dalam Membeli Hosting

Apa sih yang menyebabkan orang salah beli hosting?

  • Tergiur harga murah, tidak mencari informasi lengkap terkait review-nya.
  • Tergiur embel-embel “Unlimited” tanpa lihat-lihat dulu apa saja batasnya.
  • Tergiur dengan review yang bagus.
  • Tergiur dengan embel-embel VPS.
  • Tergiur dengan banyaknya fitur gratis, seperti SSL gratis, domain gratis, dan sebagainya.

Beneran deh, jangan pernah tergiur dengan harga murah, thats the point. Itu yang utama. Selalu lihat review dulu. Apalagi jika ada embel-embel Unlimited. Helloww Kak, dengan harga segitu murah tak mungkin sekali kan unlimited?

Contoh, dapet SSL gratis ternyata zonk

salah memilih hosting

Note: domainnya disensor karena yang tertipu hosting dengan embel-embel free SSL.

Sedangkan di bawah ini yang katanya Unlimited:

unlimited

CPU Usage tidak unlimited alias dibatasi. Physical Memory Usage tidak unlimited alias dibatasi. Lalu, gimana dengan poin lainnya, seperti database, dan lain-lain? Sama saja tuh, dibatasi. Tertipu, kan? Nah, bagaimana kalau kalian cuek saja tak peduli batas-batas tersebut. Ya beginilah hasilnya:

akun suspended

Penyebab Orang Salah dalam Membeli Domain

Okay, poin selanjutnya adalah apa sih yang membuat orang salah pilih domain?

  • Terburu-buru dalam memilih nama domain.
  • Salah tempat belinya. Selalu hindari membeli domain dari calo domain, ya. Apalagi yang tidak jelas atau perorangan, kecuali kalau kalian kenal baik dengan orang tersebut.
  • Cek dulu keyword yang bagus untuk domain sebelum membeli, misal gunakan domain A atau domain B.
  • Asal keren saja namanya tanpa lihat keyword.

Untuk menghindari salah dalam pilih domain, selalu cek dulu keyword sebelum membeli domain dan ini sangat penting agar tidak salah pilih domain.

Saran kami, silakan selalu gunakan hosting yang ada free trial-nya sehingga kalian bisa mencoba dulu sebelum memutuskan untuk membeli meski ini tidak menjamin kalian tidak akan tertipu. Namun, at least kalian sudah berusaha yang terbaik dan usahakan memilih hosting yang terkenal, yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Silakan kalian bisa mencari di google dengan keyword “hosting terbaik 2022”

Akibat Salah Memilih Layanan Hosting dan Domain

Beberapa akibat buruk ketika salah memilih layanan hosting dan domain adalah sebagai berikut:

  1. Pelayanan si customer service yang kurang bahkan tidak memuaskan karena respons CS yang lama, jutek, tidak memberikan informasi terkait produk atau layanan secara lengkap, dan sebagainya. 
  2. Ada masalah downtime yang terlalu sering.
  3. Tingkat keamanan atau security-nyakurang
  4. Bisa saja layanan hosting dan domainnya tetiba tutup setelah “menggantung” para pelanggan lalu domain tidak bisa ditransfer, data di dalamnya pun hilang. 

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini. 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment