Manfaat VPS Murah Bulanan dan Cara Memilihnya

Manfaat VPS Murah Bulanan dan Cara Memilihnya

Sharing is caring!

VPS saat ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk sebuah website, terutama yang berkaitan dengan layanan VPS murah bulanan. Dalam memilih suatu VPS murah bulanan pun perlu diperhatikan dan dilakukan riset terlebih dahulu, lho. Nah, apa saja Manfaat VPS Murah Bulanan dan Cara Memilihnya? Simak artikel ini yuk!

Apa Saja Manfaat VPS Murah Bulanan?

Kalian dapat menikmati beragam manfaat yang ditawarkan VPS bulanan, seperti:

  1. Memiliki Sumber Daya Berkapasitas Besar dan Terdedikasi

Hosting memiliki sumber daya yang mencakup beberapa komponen, termasuk ruang penyimpanan dan RAM. Semakin besar kapasitas sumber daya sebuah hosting maka kemampuan menjadi semakin tangguh.

VPS adalah hosting dengan kapasitas sumber daya besar. Dengan menggunakan VPS murah bulanan, website kalian bisa melayani banyak pengunjung sekaligus dengan cepat dan stabil. Kemampuan ini dibutuhkan jika kalian memiliki website yang sering diserbu pengunjung, seperti toko online.

Menariknya, sumber daya di VPS juga terdedikasi sehingga masing-masing penggunanya tidak berebut memori atau penyimpanan. Maka, server hosting yang digunakan bisa lebih stabil dan memberikan performa optimal untuk website.

  1. Memberikan Kebebasan untuk Memilih OS dan Panel Kontrol

Jika kalian ingin bisa memilih sistem operasi server dan panel kontrol sesuai keinginan, kalian bisa menggunakan VPS bulanan.

Layanan hosting ini menawarkan beberapa panel kontrol, termasuk WHM, CyberPanel, dan Webuzo. Pilihan OS-nya pun banyak, seperti Debian, Suse, dan Ubuntu. Bahkan, jika menggunakan VPS berjenis KVM, kalian bisa memilih Windows sebagai sistem operasi server.

Dengan beberapa pilihan tersebut, kalian bisa menggunakan panel kontrol dan OS yang paling dikuasai sehingga kalian bisa mengelola VPS dengan leluasa tanpa harus belajar pengoperasian OS atau panel baru.

  1. Menyediakan Alamat IP Terdedikasi

Dengan menggunakan VPS murah bulanan, kalian mendapatkan alamat IP terdedikasi. Hal ini penting, terutama jika menjalankan upaya email marketing.

Alasannya adalah alamat IP turut menentukan reputasi dari pengirim email. Apabila reputasinya buruk maka email-email yang dikirimkan akan disaring oleh sistem email yang digunakan audiens untuk masuk ke folder spam, bukan inbox. Rugi dong ya karena audiens tidak akan mendapat informasi adanya email promo yang kalian kirimkan.

Alamat IP akan memiliki reputasi buruk jika penggunanya dianggap sering mengirim email spam. Umumnya, masalah itu terjadi di layanan shared hosting yang alamat IP-nya digunakan beberapa pengguna sekaligus.

Meski bukan kalian yang mengirimkan email spam, kalian bisa mendapatkan reputasi buruk lho karena menggunakan alamat IP yang berbagi dengan pengguna lain.

Kejadian di atas tidak akan terjadi pada pengguna alamat IP terdedikasi. Oleh karena itu, menggunakan hosting dengan alamat IP terdedikasi adalah pilihan tepat karena pengelolaan reputasinya ada di pihak kalian.

  1. Memberikan Root Access

Root access adalah salah satu manfaat VPS yang dicari-cari, terutama oleh pengguna hosting yang sudah profesional. Alasannya adalah root access memberikan akses penuh untuk mengubah pengaturan hosting sesuai kebutuhan.

Contohnya nih, kalian jadi bisa memasang aplikasi tambahan untuk meningkatkan keamanan hosting sehingga hacker tak bisa menyusup ke server dan mengambil kendalinya.

Selain itu, root access memungkinkan kalian mengatur siapa saja yang bisa mengubah pengaturan server. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan server apabila kalian mengelola website bersama tim.

  1. Tidak Sekedar untuk Hosting Website

Layanan VPS bulanan juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya, termasuk membuat server game, menyimpan backup data, dan menguji aplikasi.

Hal-hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan jenis layanan hosting lain, seperti shared hosting. Sebab, VPS didukung dengan sumber daya besar yang menghasilkan performa lebih baik untuk berbagai kebutuhan di atas.

  1. Bisa untuk Mengelola Beberapa Akun Hosting Sekaligus

VPS murah bulanan cocok bagi kalian yang menjalankan jasa pembuatan website. Sebab, sumber daya VPS cukup untuk menjalankan beberapa akun hosting sekaligus yang penting untuk mengelola banyak web klien secara efisien.

Untuk membuat akun hosting di VPS sebenarnya mengharuskan kalian membeli lisensi secara terpisah maka silakan pilih penyedia hosting yang VPS-nya disertai lisensi gratis. Salah satunya, VPS cPanel Jetorbit.

  1. Memudahkan Skalabilitas Website

Saat pengunjung website bertambah, tentu membutuhkan sumber daya yang lebih besar untuk menjaga performanya, kan. Untungnya, dengan VPS, kalian bisa meningkatkan kapasitas sumber daya dengan mudah. Caranya gimana?

Kalian cukup upgrade ke paket VPS bulanan yang lebih tinggi. Selanjutnya, penyedia hosting akan meningkatkan kapasitas sumber daya VPS kalian. Prosesnya tidak membutuhkan pemindahan data ke server lain sehingga website tetap bisa diakses saat upgrade berlangsung.

  1. Menawarkan Harga yang Terjangkau

VPS bulanan memiliki harga terjangkau karena menawarkan durasi lebih singkat, yaitu perbulan. Layanan ini tentu cocok bagi yang ingin mencoba kemampuan dan fitur unggulan yang ditawarkan.

Kalian sebagai pengguna shared hosting yang resourcenya perlu ditingkatkan sesuai bertambahnya pengunjung atau kalian baru akan membangun website dengan potensi traffic tinggi, VPS bulanan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kalian sudah bisa memanfaatkan semua kelebihan VPS dulu dengan membayar untuk durasi satu bulan. Nah, jika puas dengan performa dan keunggulan yang diberikan, kalian bisa beralih ke durasi berlangganan yang lebih lama.

Cara untuk Memilih Layanan VPS Murah Bulanan

Berikut ini beberapa cara untuk kalian dalam memilih layanan VPS murah bulanan tetapi tetap memiliki kualitas yang baik:

  1. Tujuan Penggunaan VPS

Dalam memilih suatu jenis VPS perlu diperhatikan terlebih dahulu tujuan penggunaan dari VPS. Tidak hanya sebagai tempat penyimpanan saja tetapi banyak fungsi lain yang bisa didapatkan dari VPS. VPS seringkali digunakan untuk server game ataupun layanan VPN.

VPS juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan sumber hosting yang lebih baik dibandingkan melalui shared hosting. Hal ini mengakibatkan minimnya permasalahan dalam website yang dikelola. VPS juga mendapatkan akses untuk root sehingga penggunanya lebih bebas untuk mengatur atau mengkustom server sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai salah satu teknologi untuk virtualisasi yang memungkinkan banyak server bekerja hanya dalam satu mesin fisik yang sama, tentu saja VPS bertujuan untuk mengandalkan dan memaksimalkan penggunaan dari sebuah mesin server.

Tujuan lainnya dari sistem VPS yaitu kemampuannya untuk memindah mesin virtual yang sedang bekerja untuk host lainnya tanpa interupsi dari hypervisor karena sistem yang sudah terprivat sehingga dapat memindahkan server fisik kepada server fisik lainnya. Sementara server tersebut masih tetap beroperasi dan meminimalisir adanya downtime oleh client saat mengakses server tersebut.

Setelah mengetahui tujuan penggunaan dari VPS maka kalian bisa lebih mudah untuk melakukan pemilihan VPS yang tentunya sesuai dengan kebutuhan kalian.

  1. Menentukan Kebutuhan Visitor

Poin selanjutnya ialah menentukan kebutuhan dari visitor atau pengunjung website. Apakah website yang kalian memiliki punya banyak pengunjung? Jika kalian ingin mengurangi atau menambah serta membatasi jumlah pengunjung website kalian maka menggunakan VPS memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

Kalian bisa memperkirakan jumlah visitor dengan VPS yang akan dipilih. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki maka bisa menampung lebih banyak lagi pengunjung dari website. Artinya, semakin banyak VPS yang digunakan maka semakin memungkinkan pengguna untuk menambah jumlah pengunjung website sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Keamanan Data

Keamanan data menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, banyak kasus kehilangan data serta malware pada server. Apalagi pada masa sekarang ini, yang mana data pribadi merupakan salah satu syarat terpenting untuk dipenuhi bagi pengguna aplikasi tertentu.

Keamanan data VPS harus terjamin sehingga kalian akan lebih tenang dalam menggunakannya. Keamanan data dalam VPS sendiri terjamin karena sesuai namanya, yaitu Virtual Private Server. Artinya server tersebut berjalan dalam suatu sistem yang privat dan tidak sharing dengan sistem-sistem lainnya sehingga keamanan data lebih terjamin dengan menggunakan VPS.

VPS sendiri juga dikenal sebagai system honeypots yang mampu untuk membuat sebuah mesin untuk menjalankan sebuah software dengan keamanan yang cacat tanpa membahayakan sisa server. Hal ini berarti VPS mampu untuk menjaga keamanan data dan sistem yang terdapat cacat tanpa mengakibatkan kerusakan pada sistem tersebut.

  1. Biaya Yang Dikeluarkan

Kalian perlu mengetahui berapa biaya yang dimiliki dan berapa biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Sesuaikan paket VPS dengan biaya yang kalian miliki. Saat ini sudah banyak sekali tersedia layanan VPS murah bulanan yang bisa memberikan keringanan jika hanya memiliki sedikit modal.

Beberapa layanan software yang dapat digunakan untuk virtualisasi ini sebagai contoh, seperti VMware, Xen, Virtuozzo, Open VZ, Vserver, dan Microsoft Virtual Server.

VPS dengan harga mahal biasanya memiliki banyak fasilitas yang diberikan, selain kualitasnya juga lebih terjamin. Semakin banyak jumlah VPS yang diinginkan maka semakin tinggi spesifikasi VPS yang dibutuhkan. Semakin tinggi spesifikasi software yang dibutuhkan maka semakin banyak pula hardware yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, VPS harus terkoneksi dengan jaringan internet yang baik agar pengoperasiannya selalu lancar dan tidak memiliki banyak kendala. Namun, jika kalian ingin menggunakan VPS untuk percobaan maka kalian bisa terlebih dahulu menggunakan VPS yang lebih terjangkau biayanya.

  1. Dikelola atau Tidak Dikelola

Poin selanjutnya adalah keputusan antara dikelola ataupun tidak dikelola. VPS tidak dikelola ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki tim tersendiri atau tim khusus untuk mengelola server. VPS tidak dikelola ini memiliki biaya yang cenderung lebih terjangkau.

Sedangkan untuk VPS dikelola berarti kalian membutuhkan biaya tambahan tetapi tidak perlu memiliki tim khusus untuk mengelola VPS ini. Kalian hanya perlu santuy dan pihak VPS yang akan melakukan pengelolaan pada server.

  1. Data Center Server

Pemilihan data center server ini berkaitan dengan pengunjung website kalian. Kalian harus melihat traffic dan mengetahui lebih banyak dari negara mana yang mengunjungi website kalian. Apabila pengunjung terbanyak dari Indonesia maka sebaiknya gunakan data center server dari Indonesia atau yang terdekat seperti Singapura.

Data center yang dekat dengan pengunjung akan membuat akses website menjadi lebih cepat dan optimal sehingga mampu memaksimalkan sistem yang digunakan.

Gimana, banyak kan manfaat dari VPS bulanan? Apalagi kalian juga sudah tahu bagaimana cara memilih VPS bulanan. Dengan menggunakan layanan hosting ini, kalianmendapatkan sumber daya besar yang terdedikasi dan kebebasan untuk mengatur berbagai komponen hosting, termasuk sistem operasi dan panel kontrol sesuai kebutuhan kalian.

Tertarik menggunakan VPS bulanan Jetobit? Pilih paket kalian sekarang juga!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Manfaat VPS Murah Bulanan dan Cara Memilihnya
Artikel
Manfaat VPS Murah Bulanan dan Cara Memilihnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Memilih VPS murah bulanan perlu diperhatikan dan dilakukan riset dulu. Nah, apa saja Manfaat VPS Murah Bulanan dan Cara Memilihnya? Baca yuk
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like