Mengenal Lebih Dekat dengan Comodo SSL

Mengenal Lebih Dekat dengan Comodo SSL

Sharing is caring!

Comodo SSL yang sekarang rebranding menjadi Sectigo SSL merupakan salah satu produk sertifikat SSL yang cukup populer. Sertifikat SSL dari brand ini memang sudah cukup tepercaya. Apabila kalian menggunakannya juga, user yang mengakses web kalian pasti lebih percaya untuk memberikan datanya. Nah, kalian perlu nambah pengetahuan kalian terkait salah satu market leader sertifikat SSL di artikel Mengenal Lebih Dekat dengan Comodo SSL

Apa Itu Comodo SSL?

Comodo SSL adalah salah satu merek penyedia sertifikat Secure Socket Layer (SSL).  SSL  sendiri adalah teknologi yang dibutuhkan untuk mengamankan komunikasi dan transfer data di antara  web server dan user

Dengan SSL, informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, password, dan data penting lain dapat terlindungi. Hal ini karena SSL melakukan enkripsi alias sengaja mengacak susunan data. Jadi, hacker sulit mengetahui data yang benar.

Berikut ini cara kerja enkripsi SSL dalam mengamankan website:

  1. Browser meminta informasi sertifikat SSL halaman website ke server.  Biasanya dalam bentuk https://.
  2. Server membalas dengan mengirimkan informasi sertifikat SSL dan public key yang sama. 
  3. Browser memeriksa apakah sertifikat tersebut valid. Apakah sertifikat dikeluarkan oleh pihak tepercaya? Apakah sertifikatnya masih berlaku? Dan, apakah sertifikat itu terkait dengan situs yang dimaksud?
  4. Browser menggunakan public key untuk membuat kode enkripsi khusus dan mengirimkannya ke server. 
  5. Server web memecahkan kunci enkripsi atau istilahnya melakukan “dekripsi”.
  6. Setelah itu, server dan browser bisa saling berkirim data dengan aman. Server mengirimkan kembali data dalam bentuk acak atau terenkirpsi.
  7. Browser kembali mendekripsi data agar informasi dapat ditampilkan ke user.

Kalian penasaran kah, apa yang membuat Comodo istimewa dan jadi salah satu brand penyedia SSL terbesar? Berikut ini jawabannya:

  • Otentikasi. Comodo melakukan verifikasi identitas individu, bisnis dan organisasi pemilik website. Dengan begitu, pengunjung website bisa memastikan integritas website dengan lebih mudah. 
  • Keamanan informasi. Comodo menggunakan Public Key Infrastructure yang tepercaya secara universal untuk mengenkripsi data pada semua tahap transfer data. 
  • Keamanan situs web. Dengan cWatch keluaran Comodo SSL, kalian bisa menjaga website dari berbagai ancaman keamanan sekaligus meningkatkan performa website. 
  • Keamanan transaksi data kartu kredit. Dengan PCI (Payment Card Industry) signing, kalian bisa menjaga keamanan pada transaksi dan data kartu kredit. 
  • Code signing. Comodo melakukan praktik penandatanganan software secara kriptografis sehingga sistem operasi dan penggunanya dapat memverifikasi keamanannya.
  • Malware signing. Comodo menggunakan code signing certificates yang digunakan untuk mencegah serangan malware.
  • Vulnerability assessment. Comodo menggunakan proses ini untuk mengidentifikasi kerentanan dalam sistem komputer, aplikasi, dan infrastruktur jaringan.

Kategori Produk Sectigo atau Comodo SSL Certificates

Mengingat beragamnya kebutuhan konsumen, Comodo atau Sectigo menyediakan opsi sertifikat yang cukup variatif. 

Begitu banyaknya kategori sehingga kami mengkategorikannya menjadi 3, yaitu berdasarkan level validasi, fungsi sertifikasi, dan nama layanan.

Berdasarkan Level Validasi

1. Domain Validation (DV) 

Fungsionalitas: Website rintisan yang sedang mulai berkembang.

Jenis ini bagi kalian yang hanya butuh enkripsi dasar. Tipe ini bisa diaktivasi dengan cepat, hanya dalam hitungan menit setelah pembayaran.

mengenal comodo ssl 1

Tanda yang muncul di address bar berupa tanda gembok dan ekstensi HTTPS. Kalian yang ingin beli SSL murah, bisa membeli tipe ini karena fitur keamanannya ada di level basic, harganya cukup murah.

Untuk mendapatkan sertifikat ini, kalian hanya perlu menunjukan bukti kepemilikan domain.

2. Organization Validation (OV) 

Fungsionalitas: Website milik perusahaan atau organisasi berskala menengah.

Untuk bisa mendapatkannya, penyedia layanan SSL akan melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan atau organisasi kalian. Informasi ini nanti akan muncul pada detail sertifikat.

Proses validasinya butuh waktu setidaknya 3 hari kerja. Ciri penggunaan SSL ini di address bar, sama dengan Domain Validation.

3. EV (Extended Validation) 

Fungsionalitas: Website milik perusahaan atau organisasi yang sudah sangat mapan dan berskala besar. 

Jenis ini memberikan otentikasi tingkat tinggi. Oleh karena itu, harganya cukup mahal dan lebih cocok untuk perusahaan atau organisasi skala besar yang sudah sangat mapan.

ev 2

Penyedia SSL akan memverifikasi kepemilikan domain dan status hukum perusahaan atau organisasi. Validasinya pun cukup ketat 

Dengan tipe ini, nama perusahaan bisa tampil di address bar berbalut blok warna hijau (sekarang warnanya tidak selalu hijau).

Berdasarkan Fungsi Sertifikasi

1. Single Domain

Tipe ini hanya bisa digunakan untuk mengamankan satu domain, satu IP address, dan individual subdomain. 

Namun, kalian masih bisa menerapkannya di semua level validasi. Ini biasanya menjadi paket termurah pada setiap level validasi.

2. Multi-Domain

Hanya dengan satu sertifikat ini, kalian bisa mengamankan beberapa domain utama, alamat IP, dan sub-domain sekaligus. Kalian bisa memasukan sampai 250 Subject Alternative Name (SAN). kalian bisa menambahkannya seiring waktu.  

3. Wildcard

Dengan satu sertifikat ini kalian bisa mengamankan satu domain, termasuk semua subdomain yang mengikutinya. Kalian juga bisa menambahkan sub-domain seiring waktu.

Tipe ini hanya ada di level validasi DV dan OV.

4. Multi-Domain Wildcard 

Tipe ini adalah kombinasi antara Multi Domain dan Wildcard. Oleh sebab itu, fungsionalitasnya juga mengikuti.

Jadi, kalian bisa mengamankan beberapa domain utama dan seluruh subdomain pada masing-masing domain utama.

Berdasarkan Nama Layanan

1. Sectigo atau Comodo Positive SSL

Sectigo atau Comodo Positive SSL merupakan layanan enkripsi standar industri dengan harga paling terjangkau. Kalian bisa menerapkannya hanya dalam hitungan menit. Selain itu, kalian akan mendapat badge seperti gambar di bawah ini.

comodo positive ssl 3

Layanan ini memiliki kekuatan enkripsi mencapai 256 bit dan 2048 signature key. Kalian yang memilih layanan ini akan mendapat garansi hingga $50,000 atau sekitar 700 juta.

2. Sectigo atau Comodo Essential SSL

Semua pengamanan yang penting untuk UKM tersedia dalam layanan ini. Domain kalian akan terlindungi dengan kekuatan enkripsi mencapai 256 bit dan 2048 RSA signature key.

Jika kalian menggunakan ini, website kalian akan mendapatkan Sectigo Secured seal yang sudah sangat terpercaya. Secara sekilas layanan ini tidak terlalu berbeda dengan Positive SSL tapi layanan ini memberikan beberapa add on tambahan. 

Oia, karena value dari merek ini lebih tinggi, harganya pun lebih tinggi dari Positive SSL. Sayangnya, garansinya lebih kecil yaitu $10,000 atau sekitar 140 juta.

3. Sectigo SSL

Jika kalian bandingkan dengan Positive SSL dan Essential SSL, produk ini harganya lumayan mahal. Untuk versi standar DV selisihnya mencapai sekitar Rp 630.000an dengan layanan Essential dan sekitar Rp 880.000an dengan Positive.

Garansinya juga lebih tinggi yaitu sekitar 7M.

Untuk site seal-nya sama dengan Essential. Menggunakan logo Secure by Sectigo. Produk ini turunannya juga lebih banyak. Setidaknya ada 12 produk turunan mencakup semua level validasi dan semua fungsi.

4. Sectigo atau Comodo Instant SSL

Produk ini khusus hanya untuk level validasi OV dengan fungsi DV maupun Wildcard. Untuk garansinya sekitar 700 juta.

comodo ssl 4

Jika menggunakan layanan ini, kalian akan mendapatkan seal site seperti gambar di atas.

4. Enterprise SSL

Produk ini ideal untuk melindungi jaringan intranet perusahaan. Ini adalah produk high-end dari Sectigo. Perlindungannya bahkan melampaui standar enkripsi dari NIST and CA/B Forum.

Harganya tentu saja cukup mahal. Versi standarnya saja sekitar Rp 4.6000.000an dan garansinya juga sangat berani, yaitu sekitar 21M.

7 Manfaat Comodo SSL

Berikut ini rangkuman beberapa manfaat Comodo SSL bagi kalian:

Mengamankan transfer data website dengan enkripsi

Semua Comodo SSL dilengkapi dengan enkripsi simetris 256-bit. Enkripsi 256-bit mengacu pada panjang kunci enkripsi yang digunakan untuk mengenkripsi data. 

Hal itu berarti hacker atau cracker membutuhkan 2256 kombinasi berbeda untuk menembus enkripsi 256-bit tadi. Bisa dibilang, hampir tidak mungkin enkripsi Comodo SSL bisa di-crack. Waow, super aman!

Meningkatkan reputasi website

Segel aman pada Comodo SSL adalah salah satu logo yang paling dikenali di internet. Jika logo ini tampak di sebuah situs, artinya situs tersebut adalah situs yang tepercaya. Dengan begitu, reputasi website kalian pun meningkat.

Melakukan otentikasi agar pemilik website makin tepercaya

Layanan otentikasi yang dimiliki Comodo SSL membuat website kalian lebih dipercaya oleh pelanggan. Itu karena bisnis kalian telah terverifikasi sebagai bisnis yang sah. Pelanggan juga bisa melihat informasi tentang bisnis atau organisasi kalian yang telah diverifikasi.

Melindungi Ad Revenue website 

Enkripsi menjadikan keamanan website kalian menjadi sulit ditembus. Selain itu, juga untuk menghindari ISP (Internet Service Provider) kalian di-inject ads. Dengan begitu Ad revenue kalian tetap aman.

Meningkatkan kualitas SEO

Mulai tahun 2014 Google memberikan preferensi yang lebih tinggi ke situs web HTTPS sebagai bagian dari misinya untuk mengenkripsi seluruh web. Itu artinya, kalian punya kesempatan lebih besar untuk berada di peringkat atas jika menggunakan Comodo SSL.

Lebih Hemat

Dengan menggunakan Comodo SSL, kalian bisa lebih hemat karena sertifikat SSL ini memang terkenal murah. Bahkan bisa dibilang bahwa harganya paling terjangkau di antara solusi keamanan yang lain. Dengan hanya membayar 115.000/ tahun, keamanan website sudah terjamin. 

Sectigo atau Comodo memiliki banyak opsi layanan. Silakan kalian bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget kalian. Oia, kalian bingung caranya pasang SSL di website? Tak usah khawatir. Kami punya tutorial pasang SSL di website. Cek aja ya di sini => Cara Install SSL di cPanel Jetorbit. Semoga artikel tentang Comodo SSL ini membantu, ya.

Oia, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit, Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir, dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS, dan juga web. Kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya mudah! 

Selain itu, kami juga menyediakan VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Lebih Dekat dengan Comodo SSL
Artikel
Mengenal Lebih Dekat dengan Comodo SSL
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian perlu nambah pengetahuan kalian terkait salah satu market leader sertifikat SSL di artikel Mengenal Lebih Dekat dengan Comodo SSL
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like