memilih-sertifikat-ssl

Bagaimana Cara Memilih Sertifikat SSL yang Benar?

Sharing is caring!

Dalam dunia belanja online yang sedang berkembang, menemukan produk di web dan membelinya merupakan proses yang cepat dan mudah. Namun, sebelum pengguna melakukan klik tombol beli, seringkali pengguna mempertanyakan apakah informasi mereka akan aman atau tidak. Dalam hal keamanan online, solusi yang paling populer dan meningkat pesat untuk pemilik dan operator adalah pemasangan sertifikat SSL. Yuk baca sampai selesai Bagaimana Cara Memilih Sertifikat SSL yang Benar?

Sekarang, ketika membeli sertifikat SSL, ada banyak pertanyaan yang harus dipertimbangkan oleh pemilik situs atau operator sebelum memilih solusi keamanan sertifikat SSL yang tepat untuk situs mereka. Disarankan agar pembeli SSL, untuk pertama kalinya agar menghubungi penyedia SSL guna menjelajahi berbagai solusi dan memahami detail untuk memilih brand dan solusi SSL paling terpercaya untuk situs mereka.

Lantas, bagaimana cara memilih yang benar? Mari kita cari tahu.

Cara Memilih Sertifikat SSL yang Benar

Tingkat Validasi Mana yang Harus Dipilih?

Setiap jenis sertifikat SSL melakukan satu pekerjaan, yaitu mengenkripsi informasi yang diperdagangkan antara browser dan server. Pada dasarnya, sertifikat SSL dapat dikategorikan menjadi tiga kategori utama berdasarkan proses validasi yang dilakukan sebelum menerbitkan sertifikat.

Otoritas sertifikat atau certificate authority (CA) melihat seluruh prosedur dengan meminta dokumen/bukti dari penerbit. Validasi adalah proses penting dari sudut pandang keamanan cyber karena memastikan bahwa sertifikat dikeluarkan hanya untuk pemilik/organisasi yang sah.

Ada tiga jenis sertifikat SSL, yakni sertifikat domain validation (DV), sertifikat organization validation (OV), dan sertifikat extended validation (EV).


Jenis Sertifikat SSL

Sertifikat SSL Domain Validation (DV)

Sertifikat SSL DV adalah jenis sertifikat SSL paling dasar karena membutuhkan tingkat yang paling minimal dari proses verifikasi. Sertifikat DV hanya melibatkan konfirmasi kepemilikan domain. Oleh karena itu, setelah Anda mendemonstrasikan kepemilikan domain ke CA, maka Anda akan mendapatkan sertifikatnya.

Sertifikat DV dimaksudkan untuk situs yang tidak berurusan dengan data sensitif apapun. Umumnya, situs dan blog kecil menggunakan DV SSL karena harganya paling murah di antara semuanya.

Sertifikat SSL Organization Validation (OV)

OV SSL juga dikenal sebagai ‘otentikasi bisnis’. Berbeda dengan sertifikat DV SSL, OV SSL menampilkan informasi perusahaan namun dengan batasan. Pengunjung situs harus membuka detail sertifikat untuk mengetahui detail perusahaan. Pengguna biasa mungkin tidak dapat menemukannya.

Validasi bisnis bersama dengan validasi domain dijalankan oleh certificate authority (CA) sebelum menerbitkan sertifikat. Penerbit harus menyerahkan dokumen yang membuktikan keabsahan organisasi.

Sertifikat SSL Extended Validation (EV)

Dalam hal menyediakan tingkat otentikasi tertinggi, sertifikat SSL EV lah yang tertinggi. Inilah alasan mengapa sertifikat SSL EV dipercayakan oleh perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Saat memasang SSL EV, situs ini dilengkapi dengan tanda kepercayaan (trust-signs) yang mudah dikenali, seperti address bar berwarna hijau, gembok hijau, dan yang terpenting dari semua adalah segel situs dinamis. Terlepas dari tanda-tanda ini, nama perusahaan ditampilkan secara jelas di address bar.

Berapa Banyak Domain yang Ingin Anda Amankan?

Faktor lain yang memainkan peran kunci terkait cara memilih sertifikat SSL yang tepat adalah jumlah domain yang ingin Anda lindungi menggunakan SSL. Membeli satu sertifikat sangatlah mudah jika Anda ingin mengamankan satu domain. Namun seringkali pemilik situs perlu mengamankan lebih dari satu domain. Domain tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu DOMAIN YANG MEMENUHI SYARAT dan SUB-DOMAIN.

Untuk pemahaman yang lebih baik, lihat bagian di bawah ini sehingga Anda dapat membuat pilihan tanpa banyak keributan.

Wildcard SSL Certificate

Sertifikat SSL Wildcard memungkinkan Anda untuk melindungi subdomain dalam jumlah yang tidak terbatas bersama dengan domain utama menggunakan satu sertifikat SSL. Anda dapat mengamankan domain berikut ini dengan menggunakan Wildcard SSL.

  • domain.com (domain utama)
  • mail.domain.com
  • login.domain.com
  • ftp.domain.com

Sertifikat SSL Wildcard menguntungkan dalam dua aspek. Pertama, menyelamatkan Anda dari masalah pembelian dan pemasangan sertifikat individu untuk setiap domain Anda. Jadi, Anda tidak harus melalui seluruh proses validasi untuk membeli sertifikat SSL sehingga menghemat banyak waktu. Kedua, menghemat banyak uang karena Anda tidak perlu membayar untuk setiap sertifikat SSL.

Hal penting yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa sertifikat Wildcard dilengkapi dengan dua validasi domain, yaitu domain validation (DV) dan organization validation (OV).

Sertifikat SAN SSL /Multi-domain

Sertifikat SAN SSL/multi-domain memberikan gradasi atas sertifikat SSL Wildcard. Tidak seperti sertifikat SSL Wildcard, Multi-domain memfasilitasi pengguna untuk mengamankan beberapa domain yang sepenuhnya memenuhi syarat bersama dengan beberapa sub-domain. Oleh karena itu, sertifikat SAN SSL adalah cara terbaik jika Anda ingin mengamankan lebih dari satu domain primer.

Jumlah Garansi

Jumlah jaminan yang diberikan dengan sertifikat SSL berbeda dari satu sertifikat ke sertifikat lainnya. Semakin tinggi tingkat validasi, semakin tinggi jumlah jaminan. Jika terjadi penipuan dengan pelanggan Anda, otoritas sertifikat menawarkan uang sebagai pembayaran kembali. Idealnya, ini tidak boleh terjadi dan hampir tidak pernah terjadi tetapi selalu baik untuk tetap berjaga-jaga.

Reputasi dari Certificate Authority (CA)

Saat ini, ada banyak opsi untuk dipilih menyangkut CA. Bagaimana Anda bisa tahu mana yang terbaik? Nah, reputasi CA adalah hal yang harus Anda perhatikan. Pangsa pasar CA merupakan indikasi utama untuk itu.

Sejarah CA yang terbaru adalah pertimbangan penting lainnya untuk Anda cari. Dulu, beberapa CA telah dilarang oleh web browser. Hal ini berarti browser tertentu berhenti mendukung sertifikat SSL yang disediakan oleh CA tersebut. Anda tidak ingin itu terjadi, bukan?

Waktu Penerbitan

Prosedur validasi berbeda untuk berbagai tingkatan. Jika Anda ingin sertifikat diterbitkan dalam beberapa menit, Anda harus melakukan validasi domain jika sesuai dengan persyaratan Anda. Untuk SSL OV, diperlukan waktu 2-3 hari untuk menerbitkannya. EV SSL membutuhkan waktu sekitar 2-4 hari karena membutuhkan banyak pengawasan. Waktu yang disebutkan tersebut adalah waktu yang ideal. Jika CA memiliki ketidakpastian, mereka mungkin meminta lebih banyak bukti dari pihak Anda yang dapat membuat proses penerbitan sedikit lebih lama.

Harga

Faktor ini akan selalu menjadi faktor penting ketika harus memilih sertifikat SSL yang tepat. Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga sertifikat SSL. Faktor-faktor ini, termasuk brand, jenis SSL, periode validasi, dan lain-lain. Anda harus mempertimbangkan semua faktor tersebut. Jika Anda ingin menginstal sertifikat SSL selama lebih dari satu tahun maka memilih opsi multi-year akan memberikan keuntungan besar sejauh menyangkut harga.

Elemen Keamanan Tambahan

Beberapa CA menawarkan elemen keamanan tambahan dengan sertifikat SSL. Alat-alat ini terbukti bermanfaat untuk keamanan situs Anda. Jadi, carilah elemen-elemen ini sebelum Anda membuat pilihan.

Customer Support

Jika terjadi masalah, akan lebih baik jika memiliki seorang ahli untuk membimbing Anda. Memiliki akses ke customer support dapat menyelamatkan Anda dari masalah. Cari penyedia SSL yang membantu Anda dengan dukungan pelanggan 24/7. Dukungan bisa dalam bentuk obrolan, email, panggilan, dan sebagainya.

Sertifikat SSL yang Mana yang Tepat untuk Saya?

Memilih SSL yang tepat bisa menjadi tugas yang membingungkan jika Anda tidak tahu banyak tentang SSL. Untuk membuatnya lebih mudah, kami sarankan untuk bertanya pada diri sendiri tentang tiga pertanyaan berikut ini:

  • Apa tujuan saya di balik pemasangan sertifikat SSL?
  • Tingkat validasi yang mana yang saya butuhkan berdasarkan tujuan saya?
  • Berapa banyak domain primer dan sub-domain yang ingin saya amankan?

Lihat infografik berikut yang disediakan oleh CACS.

memilih-sertifikat-ssl-1

Jetorbit menyediakan SSL free dari cPanel di semua paket hosting, yang mana aktivasi SSL gratis membutuhkan waktu up to 24 jam. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir lagi terkait fitur SSL. Apabila Anda ingin membeli sertifikat SSL sesuai kebutuhan situs Anda, Anda dapat menilik lebih jauh di client area.

Sedangkan bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Cara Memilih Sertifikat SSL yang Benar?
Artikel
Bagaimana Cara Memilih Sertifikat SSL yang Benar?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Dalam hal keamanan online, solusi terpopuler adalah pemasangan sertifikat SSL. Yuk baca Bagaimana Cara Memilih Sertifikat SSL yang Benar?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo