Cara Install SSL di Cpanel

Bagikan

Menggunakan sertifikat SSL membuat sambungan terenkripsi antara browser web pengguna dan web server. Ini berarti setiap data yang dikirimkan antara server web dan browser web tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi. hal ini berfungsi untuk melindungi data agar tidak dapat di mata mata oleh orang lain di Internet karena mereka tidak dapat memahami data yang di enkripsi.

Pada panduan kali ini kita akan membahas cara instalasi SSL pada cpanel hosting.Namun sebelum kita memulai instalasinya ada beberapa hal yang harus anda siapkan, yakni sebagai berikut :

Yang Di butuhkan sebelum Instalasi SSL

1. Akses ke Cpanel Hosting anda.

Yang pertama anda harus memiliki akses ke cpanel hosting, karena pada proses instalasi kita harus menggunakan salah satu fitur yang ada di cpanel.

2. Memiliki Sertifikat SSl.

Ada beberapa Penyedia SSL yang memberikan secara gratis kemudian mereka memberikan akses sertifikatnya untuk dapat di install sendiri. Namun Biasanya Penyedia hosting pun sudah menyediakan sertifikat SSL, jadi anda tinggal generate saja.

3. Menggunakan SSl Premium.

Berikutnya adalah menggunakan SSL premium atau berbayar namun untuk opsi ini sebenarnya tidak wajib hanya saja ketika menggunakan SSL premium ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan diantaranya adalah perlindungan yang powerfull, membuat website lebih berkelas dan juga meningkatkan SEO website, Jika anda memerlukan SSL premium anda bisa membelinya langsung mellaui tautan berikut SSL premium jetorbit

Cara install SSL di Cpanel.

1. Login Ke Cpanel.

Untuk login ke cpanel anda bisa menggunakan namadomainanda.com:2083 maka secara otomatis anda akan di arahkan ke halaman login cpanel anda

Note : jika ada kesalahan “Your connection is not private” atau sesuatu yang sama ketika mencoba mengunjungi halaman login cPanel. Hal ini disebabkan karena halaman login Anda menggunakan self-signed certificate by default. Anda bisa mengabaikan pesan ini dan lanjutkan

Setelah di arahkan ke halaman login jangan lupa masukan username dan password anda, kemudian klik login

2. Pilih Menu SSL/TLS.

Beriktunya anda akan di hadapkan oleh banyak fitur dari cpanel, untuk mempermudah menemukan fitur SSL/TLS anda bisa memanfaatkan fitur pencarian kemudian ketikan SSL. setelah itu klik fitur SSL/TLS.

Klik fitur tersebut.

3. Pilih “Manage SSL Sites”.

Anda akan di hadapkan beberapa fitur dari SSL/TLS untuk dapat menginstall SSL silahkan pilih fitur “Manage SSL Sites” yang ada bagian paling bawah.

4. Pilih Nama Domain.

Jika anda memiliki beberapa domain maka silahkan anda pilih domain yang akan anda install SSL, untuk menemukan fitur ini anda harus scrooll ke bawah sedikit.

5. Copy dan Pastekan sertifikat SSL Anda.

Setelah itu anda pastekan sertifikat SSL CRT, KEY, dan CABUNDLE yang sudah anda miliki, Biasanya ketika anda diberikan Sertifikat SSL maka file tersebut berbentuk .zip maka anda harus mengekstrak file tersebut terlebih dahulu

6. Klik Install Certificate Untuk Mulai Menginstal SSL

Setelah Anda memastikan file yang anda pastekan sudah benar maka langsung saja anda klik tombol “Install Certificate”

Kesimpulan

Disini anda telah berhasil menginstall Sertifikat SSL, Untuk memastikan bahwa SSL sudah benar-benar terinstall anda bisa mencoba mengakses nya menggunakan protokol https, contoh : https://domain.com.

Anda juga bisa menggunakan Tool https://www.thesslstore.com/ssltools/ssl-checker.php untuk memastikan bahwa sertifikat SSL sudah terinstall

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Comment