8 Tips Memilih Nama Domain

Sharing is caring!

Adakah poin penting selain pembuatan desain website baru? Apakah mencari dan memilih nama domain website? Nama domain memiliki makna dan kekuatan. Hal ini semakin penting di era internet marketing saat ini. Oleh karena itu, kali ini Jetorbit akan sedikit mengulas terkait Tips Memilih Nama Domain.

Mengetahui tips memilih nama domain yang tepat itu tidak kalah pentingnya, tidak peduli apa jenis web atau blog yang dibangun. Jangan sampai terjebak dalam proses pembuatan desain website sampai melupakan nama domain yang mana akan pertama kali pengunjung lihat dan diingat oleh pengunjung.

Tips Memilih Nama Domain Website

Jetorbit mencoba merangkum tips-tips dalam mencari dan memilih nama domain yang baik untuk website atau blog

  1. Buat Agar Mudah Diingat

Banyak pembeli melihat-lihat sebelum membeli dan mungkin diperlukan beberapa kunjungan ke website Anda. Jika mereka kembali, sangat penting jika pengunjung dapat dengan mudah mengingat nama website Anda.

Jika Anda ingin membangun website yang berisi hal-hal bermanfaat kepada para pembaca, Anda harus membuat nama domain yang mudah diingat agar memudahkan para pembaca yang ingin kembali berkunjung.

Saat ini pun Google lebih memilih untuk mengirimkan trafik ke website dengan domain yang branded.

  1. Buat Sependek Mungkin

Nama pendek sangat mudah untuk diketik, mudah diingat, dan mudah untuk dibagikan. Nama domain yang pendek akan masuk dan muncul ke dalam hasil pencarian. Google akan memotong nama domain yang terlalu panjang dalam hasil pencarian, sehingga membuat calon pembaca tidak bisa mengetahui nama lengkap domain tersebut di hasil pencarian.

  1. Mudah Dieja dan Diucapkan

Saat Anda menyampaikan nama domain kepada orang lain, nama domain tersebut harus jelas didengar dan juga bagaimana mengejanya. Jika tidak, Anda akan kehilangan trafik ketika calon pengunjung salah ketik alamat website.

  1. Hindari Kata Sambung dan Nomor

Sebisa mungkin buatlah domain yang mudah diingat dan diucapkan. Dengan menambahkan kata sambung atau nomor, akan memungkinkan terjadi kesalahan dalam mengetikkan nama domain.

  1. Sertakan Kata Kunci

Memiliki kata kunci yang relevan dalam nama domain akan dapat membantu ketika situs Anda terdaftar dalam hasil pencarian. Kata kunci dapat membantu meningkatkan rasio klik per tayang.

  1. Buat Agar Bermerek

Dengan domain yang bermerek, itu artinya kita sudah membuat nama domain itu unik dan tentu saja dalam membuat nama domain harus tetap mengikuti tips-tips sebelumnya, menjadikan domain simple dan mudah diingat.

Pada saat membuat domain kita bermerek alias branded, Anda tidak boleh jahil dengan domain branded yang sudah terkenal. Biasanya domain branded memiliki kekuatan hokum jadi hindari membuat domain yang mengandung domain branded yang lain.

  1. Buat Dengan Makna yang Luas

Anda tidak pernah tahu jika bisnis Anda mungkin akan menjadi semakin berkembang jadi hindari nama yang terlalu khusus. Misalnya, tehhijau.com itu bagus tetapi bagaimana jika Anda ingin menjual teh jenis lain?

Tetap perlu diingat untuk selalu mengetahui arah perkembangan bisnis Anda. Jadi jangan sampai nama domain yang dibuat mempunyai makna yang terlalu luas.

  1. Gunakan ekstensi domain yang tepat

Sebagian besar saat browsing pengguna internet menganggap semua nama website akan berakhiran dengan .com. Memilih domain .net atau ekstensi lain akan mempengaruhi dan memberikan sedikit hambatan dalam proses pencarian website.

Tenang, saat ini sudah banyak generic Top-Level Domains (gTLD), seperti .photography, .guru, atau .id. Mungkin ekstensi seperti ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan nama domain yang pendek dan relevan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa ekstensi yang sering digunakan dan fungsinya:

  • .com – biasanya digunakan untuk perusahaan, website komersial, dan komunitas
  • .info – biasanya digunakan untuk website-website yang bersifat informatif
  • .net – biasanya digunakan untuk website yang membahas atau menyediakan hal-hal teknis atau infrastuktur internet
  • .org – biasanya digunakan untuk website organisasi nonkomersial dan non-profit
  • .biz – biasanya digunakan untuk website bisnis dan komersial, seperti website e-commerce
  • .me – biasanya digunakan untuk website personal, blog, atau resume.
  1. Pastikan identitas di website sama dengan media sosial

Agar dapat membangun kredibilitas branding, baik untuk bisnis, organisasi, maupun personal, silakan pastikan nama domain mirip dengan nama akun di media sosial. Selain meningkatkan kredibilitas, identitas online Anda juga dapat semakin dikenal.

10. Pastikan Domain Belum Digunakan Pihak Lain

Anda tidak boleh menggunakan domain yang sudah digunakan situs lain. Selain itu, Anda juga perlu menghindari nama domain yang mirip dengan milik brand atau perusahaan lain. Apalagi jika brand tersebut sudah mematenkan nama domainnya karena Anda bisa berurusan dengan hukum jika nekat.

Hal Yang Harus Dihindari

Beberapa elemen mungkin berdampak negatif pada persepsi orang terhadap nama domain Anda, seperti:

  • Angka atau tanda pisah dalam nama domain. Karakter ini sulit diketik dan dapat menurunkan kredibilitas situs serta bisnis Anda.
  • Ejaan yang lucu atau kata-kata yang dapat dieja secara berbeda (misalnya “way” atau “too”) karena dapat menyulitkan orang untuk menemukan situs Anda.
  • Salah eja. Hal ini dapat menyebabkan situs Anda tampak mencurigakan dan membuat orang menduganya sebagai situs phishing atau malware.
  • Nama brand dan merek dagang yang digunakan oleh perusahaan lain. Hal ini sama sekali tidak boleh digunakan dalam nama domain Anda. Jika mencoba melakukannya, Anda dapat terkena tindakan hukum dan domain Anda akan ditangguhkan.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
8 Tips Memilih Nama Domain
Artikel
8 Tips Memilih Nama Domain
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Nama domain memiliki makna dan kekuatan. Hal ini semakin penting di era internet marketing saat ini. Yuk baca terkait Tips Memilih Nama Domain
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “8 Tips Memilih Nama Domain”

Leave a Comment