Panduan Lengkap Setting Litespeed Cache Plugin – Optimize

Optimasi dan Tuning adalah dua tab yang terkait erat. Secara umum, Anda akan menemukan sakelar ON / OFF di Optimize dan penyesuaian yang sejalan dengan sakelar ini di Tuning.

Silakan uji opsi ini secara menyeluruh sebelum mengaktifkannya di situs produksi Anda! optimize-1

CSS Minify

OFF

Extra white space characters, new line characters, dan komentar akan dihapus dari semua file CSS yang disertakan, jika opsi ini diaktifkan.

CSS Combine

OFF

Semua file CSS individu akan digabungkan menjadi satu file CSS.

CSS HTTP/2 Push

OFF

CSS akan dikirim ke browser sebelum diminta.

JS Minify

OFF

Extra white space characters, new line characters, dan komentar akan dihapus dari semua JS, jika opsi ini diaktifkan.

JS Combine

OFF

Semua file JS individu akan digabungkan menjadi satu file JS.

JS HTTP/2 Push

OFF

JS akan dikirim ke browser sebelum diminta.

CSS/JS Cache TTL

604800

File yang diperkecil dan dikombinasikan di-cache. Pengaturan ini menentukan berapa lama. Minimumnya adalah 3600 detik tetapi kami merekomendasikan 604800. Ketika perintah Purge All dikeluarkan, CSS/JS yang diperkecil dan gabungan disertakan dalam pembersihan itu.

HTML Minify

OFF

Extra white space characters, new line characters, dan komentar akan dihapus dari semua HTML, jika opsi ini diaktifkan.

Inline CSS Minify

OFF

Karakter spasi ekstra putih, karakter baris baru, dan komentar akan dihapus dari semua kode CSS sebaris pada halaman HTML, jika opsi ini diaktifkan.

Inline JS Minify

OFF

Extra white space characters, new line characters, dan komentar akan dihapus dari semua Kode JS sebaris di Halaman HTML, jika opsi ini diaktifkan.

Load CSS Asynchronously

OFF

Opsi ini default ke OFF. Ketika OFF, halaman web memuat dengan cara normal, di mana browser memuat CSS dari header HTML sebelum melanjutkan untuk menampilkan konten dalam HTML body.

Ketika Anda mengaktifkan opsi ini ON, CSS dan HTML akan dimuat pada saat yang sama. Halaman ini dapat memuat lebih cepat dengan cara ini tetapi pada awalnya mungkin memuat tanpa memformat. Untuk menghindari masalah itu, Anda harus membuat Critical CSS  dan memuatnya terlebih dahulu. Untuk itulah pengaturan selanjutnya.

Generate Critical CSS

ON

Opsi ini default ke ON tetapi hanya berfungsi jika Load CSS Asynchronously juga ON. Ketika kedua pengaturan diaktifkan, Critical CSS dihasilkan oleh LiteSpeed’s remote CCSS server, dan kemudian dikirim kembali ke LSCache.

CATATAN 1: Beberapa tema sudah menghasilkan Critical CSS untuk Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menonaktifkan opsi ini. CATATAN 2: Untuk menggunakan LiteSpeed’s critical CSS generation service, silakan whitelist ccss.api.litespeedtech.com.

Setelah Critical CSS dibuat, itu akan dimuat lebih dulu, dan kemudian sisa CSS akan dimuat secara asinkron dengan HTML. Halaman tidak akan lagi dimuat tanpa pemformatan.

Begini Cara Kerjanya:

  1. Pengunjung mengirim permintaan ke Client Server
  2. Jika tidak ada Critical CSS, Client Server akan mengirimkan permintaan Critical CSS ke LiteSpeed’s remote Critical CSS (atau CCSS) Server
  3. Server CCSS akan mengambil konten + aset dari Client Server, dan kemudian menghasilkan Critical CSS
  4. CCSS Server kemudian mengirimkan Critical CSS yang dihasilkan kembali ke Client Server
  5. Client Server menyajikan konten dengan Critical CSS untuk Visitor

Ada satu masalah kecil: ketika situs Anda belum memiliki Critical CSS yang dihasilkan (atau setelah Purge All), pengunjung pertama yang meminta halaman perlu menunggu proses di atas untuk menyelesaikan sebelum gaya Critical CSS tersedia. Itu bisa memakan waktu beberapa detik sehingga pengunjung mungkin tidak mau menghabiskan. Ini membawa kita ke pengaturan selanjutnya.

Generate Critical CSS in the Background

ON

CATATAN: Load CSS Asynchronously harus disetel ke ON agar fitur ini berfungsi.

Pengaturan ini menentukan apakah perhitungan itu dilakukan di latar depan atau di latar belakang. Ini ON secara default. Hal itu berarti fungsi latar belakang dan menggunakan antrian cron-based. Ketika halaman dilihat, jika tidak ada critical CSS yang didefinisikan untuk tipe halaman itu, permintaan ditambahkan ke antrian, dan halaman terus memuat tanpa menunggu.

Ini yang mungkin Anda lihat ketika ada halaman menunggu dalam antrian: optimize-2

Jika cron Anda dinonaktifkan (atau Anda tidak sabar), Anda dapat menekan tombol Run Queue Manually untuk mempercepat proses.

Jika Generate Critical CSS in the Background disetel ke OFF maka CSS kritis dihasilkan di latar depan, segera saat halaman diminta. Ini berarti bahwa pengunjung harus menunggu perhitungan kritis CSS sebelum melanjutkan untuk melihat halaman. Ini berpotensi memperlambat pemuatan halaman.

Pisahkan Jenis CCSS Cache Post

Secara default, satu set Critical CSS disimpan untuk setiap jenis posting. Yaitu, CCSS untuk Posts, CCSS untuk Halaman (Pages), CCSS untuk Produk (jika Anda memiliki jenis posting khusus yang disebut “Product”). Jika Anda memiliki tipe posting di mana setiap item dalam tipe posting itu memiliki format yang berbeda maka satu set Critical CSS tidak akan jatuh tempo. Tambahkan tipe posting itu ke kotak (box), dan Critical CSS akan dihasilkan untuk setiap item dari tipe posting itu.

Misalnya, jika setiap Page di situs memiliki format berbeda, masukkan halaman dalam kotak. File critical CSS yang terpisah akan disimpan untuk setiap Halaman (Page) di situs.

 

Separate CCSS Cache URIs

Jika Anda memiliki halaman yang tidak mengikuti aturan pemformatan yang sama dengan sisa dari jenis posting mereka, Anda dapat membuat daftar URI (atau sebagian URI) untuk halaman-halaman dalam kotak ini. File critical CSS yang terpisah akan dihasilkan untuk jalur yang berisi string ini. URI akan dibandingkan dengan variabel server REQUEST_URI. Misalnya, untuk /mypath/mypage?aa=bb, mypage?aa= dapat digunakan di sini.

Untuk mencocokkan awal, tambahkan ^ ke awal item. Untuk melakukan pencocokan yang tepat, tambahkan $ ke akhir URL. Satu per baris.

Inline CSS Async Lib

ON Ini akan mensejajarkan pustaka CSS asinkron untuk menghindari render blocking.

Load JS Deferred

OFF

Pengaturan ini mengambil semua skrip dan memuatnya hanya setelah HTML selesai dimuat.

Exclude JQuery

ON

Pengaturan ini mengecualikan JQuery dari semua langkah optimasi di atas. Disarankan bahwa pengaturan ini tetap ON, terutama jika Anda memiliki inline JavaScript. Jika Anda mengalami kesalahan ketika JS Combine diaktifkan, mengaktifkan pengaturan ini harus menghilangkannya.

DNS Prefetch

Empty List

Dengan pengaturan ini, Anda dapat melakukan resolusi DNS untuk domain yang terdaftar sebelum diminta. Dengan mengambil lebih awal hasil DNS, latensi dapat dikurangi secara signifikan bagi pengunjung Anda saat mereka mengklik tautan eksternal, terutama pada jaringan seluler. Domain harus dimasukkan satu per baris dalam format //www.example.com.

Remove Comments

OFF

Secara default, komentar dipertahankan ketika JS dan CSS diperkecil tetapi komentar ini dapat mengambil ruang yang berharga. Aktifkan opsi ini untuk menghapus komentar dari file yang diperkecil dan membuatnya lebih efisien untuk dikirim.

 

>> Selanjutnya Panduan Tuning Litespeed Cache

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan