Cara Agar Email Tidak Masuk ke Spam Penerima

Bagikan

Mungkin anda Pernah  mencoba mengirim email berbentuk marketing,informasi maupun penawaran namun email yang anda kirim masuk ke bagian spam penerima.

seperti yang kita tahu hampir semua pengguna email sangat jarang atau bahkan tidak pernah memeriksa spam email mereka.

Pada panduan kali ini kita akan mencari tahu penyebab dan cara mengatasi email yang masuk ke spam penerima.

1. Buat Agar Identitas pengirim terpercaya.

Yang pertama untuk mengatasi ini adalah kita harus membuat identitas dalam pengiriman kita di percayai oleh pihak email, perlu anda ketahui untuk identitas pengirim terdiri dari alamat IP pengirim dan nama domain pengirim oleh sebab itu anda harus Sebisa mungkin membuat IP dan domain anda memiliki kredibilitas yang baik, Berikut beberapa langkah membuat IP dan Domain anda memiliki Kredibilitas baik :

Menggunakan IP address terpercaya untuk mengirim email.

Ip address adalah sekumpulan angka unik yang ditetapkan ke pengirim oleh Penyedia Layanan Internet (ISP). yang terdaftar di sistem domain dan digunakan untuk mengirim email atas nama nama domain Anda.

Ada dua tipe IP address :

  •  Ip adddress jenis Shared : Shared ip adddress adalah alamat ip yang digunakan secara bersamaan dengan pengguna lainya. Oleh sebab itu banyak IP jenis shared ini memiliki kredibilitas atau reputasi buruk untuk pengiriman email.
  •  Ip address jenis Dedicated : untuk  ip ini biasanya digunakan oleh satu orang saja tanpa di bagi-bagi dengan pengguna lainya.

Anda sudah mengetahui jenis ip diatas, jadi silahkan anda pilih menggunakan jenis IP mana yang akan anda gunakan dan pastikan Menghindari pengiriman email dari beberapa IP agar kredibilitas pengirim tetap baik.

Mengirim email dari domain anda.

Berikutnya adalah mengirim email menggunakan nama domain pribadi anda sendiri. untuk membuat email menggunakan nama domain anda dapat mengikuti panduan berikut :

Cara Membuat Email di Cpanel

Saat menentukan reputasi domain, penyedia email akan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Rata-rata email masuk : persentase email yang dikirim dari domain tertentu yang dikirim ke kotak masuk.
  • Rata-rata Email spam : email yang dikirim dari domain yang masuk ke folder spam karena masalah alamat IP atau reputasi domain.
  • Menandai “ini bukan spam”  : persentase penerima yang menerima email dari domain ini ke folder spam mereka dan menandainya sebagai “bukan spam.”
  • Rata-rata Komplain penerima : persentase penerima yang melaporkan email dari domain tertentu sebagai email spam.

Secara umum, untuk mencegah email masuk ke spam, tugas Anda adalah mempertahankan tingkat keluhan dari client di bawah 0,1%.

2. Authentikasikan email dengan SPF, DKIM, Dan DMARC.

Kebanyakan pemilik email juga mementingkan beberapa penting kredibilitas keamanan dari pengirim email, Untuk itu anda harus memperhatikan beberapa keamanan berikut :

  • SPF (Sender Policy Framework) adalah metode autentikasi berbasis alamat IP yang digunakan untuk membandingkan IP pengirim yang ditunjukkan dalam data DNS domain dengan daftar IP yang diotorisasi untuk mengirim dari domain tersebut.
  • DKIM (Domain Keys Identified Mail) adalah metode untuk memvalidasi domain melalui tanda tangan kriptografi yang tersedia untuk umum. Tanda tangan ini diverifikasi di sisi penerima menggunakan data DNS.
  • DMARC (Domain-based Message Authentication, Reporting, and Conformance) adalah protokol yang ditujukan untuk mengurangi phishing dan spoofing email. Ini memungkinkan pengirim untuk menentukan bahwa email mereka diautentikasi dengan benar menggunakan data DKIM dan SPF.

Untuk SPF dan DKIM biasanya sudah otomatis aktif di layanan hosting, jadi anda hanya perlu menambahkan DMARC record. anda dapat mengikuti panduan berikut untuk mengaktifkan DMARC.

Panduan Cara Menambah DMARC Records di Cpanel

3. Memantau Reputasi Email pengirim.

Untuk mencegah agar email tidak masuk ke bagian spam, maka anda harus sesering mungkin memeriksa reputasinya agar tidak di blok oleh email dan Pesan anda akan masuk ke bagian spam.

Anda dapat menggunakan tool  gratis dari https://reputationauthority.org untuk memeriksa reputasi email anda.

Untuk hijau berstatus baik untuk kuning bermasalah dan untuk merah maka keadaan reputasi sangat buruk.

4. Periksa IP dan domain pengiriman Anda terhadap Blacklist.

Email BLacklist adalah Database dari domain dan IP yangtelah dilaporkan dan sudah di anggap spam, OLeh karena itu Jika domain dan Ip anda sudah masuk blakclist maka reputasinya sudah sangat buruk.

Untuk memeriksa apakah domain anda sudah masuk ke daftar blacklist, anda bisa menggunakan beberapa tool gratis berikut :

  • MXtoolbox
  • What Is My IP Address
  • DNSBL
  • Multirbl
  • RBL Watcher

Untuk mengurangi risiko Blacklist, pertimbangkan untuk menggunakan langganan subcriber pada email anda,  ini akan melindungi milis Anda dari bot dan alamat email yang tidak valid atau disebabkan oleh kesalahan ketik manusia dan Spam trap.

5. Verifikasi alamat email di mailling list Anda.

Alamat email yang tidak valid di mailling list Anda dapat menyebabkan peningkatan spam yang tinggi. Penyedia email lebih cenderung memblokir alamat IP pengiriman jika Terus melakukan pengiriman berulang dan terus mengirim email ke penerima yang tidak valid.

Email validator dapat membantu anda mempertahankan mailling list yang bersih.

Misalnya, Snov.io Email Verifier mengembalikan daftar kontak yang ditandai dengan ikon dengan warna berbeda: hijau untuk alamat email yang valid, kuning untuk semua, dan oranye untuk yang tidak valid.

Anda juga dapat menggunakan validator lainya seperti di bawah ini :

  • DataValidation
  • BriteVerify
  • Bounceless.io
  • Email Checker by Correct Email
  • QuickEmailVerification

6. Kelola Email yang Terkena Bounce.

Ketika email anda tidak sukses terkirim ke alamat tujuan biasanya hal tersebut akan memunculkan pesan otomatis yang disebut bounce. biasanya untuk pesan yang tidak terkirim maka akan terdapat kode alasan mengapa pesan tersebut tidak dapat terkirim ke tujuan

Untuk mengatasi bounce ini anda dapat memeriksa email yang anda kirim biasanya untuk email penerima bagian penyimpanan penuh atau juga anda salah mengetik untuk email penerima.

7. Menggunakan SpamExpert.

Salah satu cara utama bagi anda yang tidak ingin ribet dengan cara-cara diatas adalah menggunakan spamExpert.

Dalam pengiriman email, terkadang email yang dikirmkan melalui email yang ada di cpanel, tidak masuk ke inbox melainkan masuk ke spam folder. Ini dikarenakan pengiriman email melalui hosting yang bersifat shared, dimana penggunaan email digunakan bersama-sama oleh pengguna lain.

Dengan menggunakan SpamExpert Filtering, email anda bisa dipastikan akan masuk ke inbox penerima, tidak lagi ke spam folder. Dengan catatan bahwa konten atau isi email anda bukan berisi konten spam.

Jika anda berminat menggunakan spamExpert ini anda dapat langsung memesanya melalui tautan berikut Spamexpert email filtering.

8. Menggunakan email Khusus yakni Email hosting.

Email hosting adalah sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki email dengan domain sendiri di server yang terpisah dari server web hosting.

Jadi untuk email hosting terdapat server khusus yang berguna untuk melakukan pengiriman email.

Dan untuk email hosting sendiri memiliki manfaat yang sangat luar biasa diantaranya sebagai berikut :

  • Virus/malware scan.
  • Network protection abuse.
  • Webmail clinet.
  • in dan out email filtering.
  • reliable delivery.

Pada intinya jika anda menggunakan email hosting ini maka anda tidak perlu khawatirkan tentang reputasi email dan blacklist email, Asalkan isi email anda tidak tentang ilegal maka pengiriman email tidak masalah.

Untuk anda yang berminat menggunakan layanan ini, anda dapat langsung membeli email hosting ini.

Kesimpulan

Memang jika kita hanya memanfaatkan sumber daya yang ada dari cpanel mungkin kita memerlukan tenaga ekstra untuk menjaga kredibilitas email yang kita gunakan.

Namun jika anda miliki budget lebih saya lebih menyarankan anda untuk langsung membeli Email hosting, selain lebih mudah anda juga tidak memikirkan lagi tentang reputasi dan mensetting email agar memiliki kredibilitas tetap baik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Comment