Apa Itu Shared Hosting dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Shared hosting adalah pilihan populer bagi banyak pemilik website karena seringkali merupakan pilihan yang paling terjangkau dan mudah digunakan. namun kenyataannya adalah bahwa jenis pengaturan hosting yang berbeda dirancang untuk kebutuhan dan fungsi yang berbeda. nah shared hosting ini di rancang untuk kebutuhan bersama.

Menghostingkan web di shared hosting dilengkapi dengan kekuatan uniknya sendiri serta keterbatasan yang dapat menghambat kinerja website, jika Anda melakukannya tanpa terlebih dahulu memahami cara kerjanya dan untuk apa website itu dimaksudkan.maka menggunakan shared hosting adalah pilihan yang kurang tepat.

Apa Itu Shared Hosting ?

Seperti namanya, shared hosting adalah sebuah layanan hosting server yang mana untuk resource nya mulai dari ram, disk space dan CPU di gunakan secara bersamaan oleh beberapa pengguna atau lebih.

Singkatnya shared hosting adalah layanan bersama yang artinya jika anda memiliki sebuah rumah, di dalamnya ada beberapa kamar yang nantinya akan anda sewakan.

Jelas penggunaan resource secara bersamaan akan berpengaruh kepada Experience dan juga kualitas kerja website yang anda miliki.

Namun di beberapa penyedia melakukan pembagian resource secara merata sehingga tidak terjadi over resource pada server shared hosting tersebut. sehingga tidak terjadinya penurunan kualitas pada setiap user.

Seperti di jetorbit, kami tidak pernah melakukan overselling pada layanan shared hosting, jadi kinerja dan performa shared hosting masih cukup bisa di handalkan.

Cara Kerja Shared hosting

Shared hosting adalah pengaturan di mana beberapa situs web dihosting di satu server. resource seperti disk space, CPU, dan memori digunakan bersama, dan biaya dibagi antara semua pengguna di server tersebut.

Server bersama dapat menampung ratusan situs web, tetapi karena resource digunakan bersama, ini merupakan opsi yang paling cocok untuk web kecil yang tidak menerima banyak traffic atau memerlukan ruang yang cukup besar.

Cara kerja shared hosting secara umum jika di jelaskan adalah penyedia menyediakan satu server kemudian di dalamnya untuk setiap resource di bagi untuk setiap user yang ada di dalam Server tersebut.

Apa perbedaan Shared Hosting dengan dedicated hosting atau VPS ?

Untuk memahami apakah shared hosting cocok untuk Anda, penting juga untuk mempertimbangkan jenis hosting lainnya. Di luar shared hosting, dedicated dan Virtual private server (VPS) adalah dua pengaturan hosting umum lainnya. Apa perbedaan di antara mereka? Mari kita jelaskan:

  • Dedicated Hosting : berarti web dihosting di servernya sendiri. Ini memberi pelanggan kendali penuh atas bagaimana server mereka digunakan, dan ini menjamin kinerja yang luar biasa karena Resource tidak dibagikan dengan orang lain. Meskipun memiliki kontrol penuh berarti Anda dapat mengonfigurasi server sesuai kebutuhan dan preferensi, itu juga berarti Anda memerlukan pengetahuan teknis dan pemahaman yang baik tentang manajemen server. Dedicated hosting diarahkan untuk bisnis besar yang mendapatkan traffic substansial dan memiliki akses ke tim teknis/development.
  • VPS hosting : mirip dengan shared hosting di mana server digunakan bersama dengan pengguna lain, tetapi dialokasikan resource mereka sendiri dan ruang khusus di server. Hosting web di VPS menawarkan beberapa keuntungan, seperti memiliki akses root ke server. Akses root memungkinkan pemilik web untuk menginstal software dan sistem operasi mereka sendiri dan pada akhirnya memiliki kontrol lebih besar atas web mereka. Mengelola dan memelihara resource memerlukan pengetahuan teknis, tidak seperti shared hosting, yang lebih dikontrol sepenuhnya oleh perusahaan hosting. Hosting VPS ideal untuk bisnis skala menengah dan pemilik web yang memiliki keahlian teknis atau akses ke tim teknis/development.

Jetorbit memiliki layanan-layanan di atas, Jika anda ingin dedicated hosting maka anda bisa mengunjungi cloud hosting dan VPS.

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Shared Hosting

Ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan ketika menggunakan shared hosting, dan berikut adalah keuntungan serta kekurangan ketika anda menggunakan shared hosting untuk website.

Keuntungan Menggunakan Shared Hosting

Ada banyak keuntungan menggunakan Shared Hosting, terutama jika anggaran Anda terbatas dan tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu mengkhawatirkan aspek teknis pengelolaan web. Berikut adalah empat manfaat terbesar menggunakan shared hosting.

  1. Low maintenance
    Salah satu hal yang paling menarik tentang shared hosting adalah bahwa hal itu memerlukan sedikit usaha di pihak Anda. Sebagian besar perusahaan menawarkan penyiapan email sekali klik dan pemasangan WordPress dan semua admin dan maintenance teknis server ditangani oleh penyedia.
  2. Sangat terjangkau
    Manfaat utama lain dari shared hosting adalah harganya. Shared hosting sangat terjangkau karena banyak web berbagi biaya penggunaan server itu. Ini secara dramatis mengurangi biaya hosting dan memberi Anda lebih banyak uang untuk dituangkan ke dalam bisnis dan menjaga agar web tetap terlihat fresh.
  3. User friendly
    Hosting web di shared hosting sangat populer di kalangan pemula karena tidak memerlukan pengetahuan teknis atau pengalaman sebelumnya. Itu dirancang agar mudah diatur dan dinavigasi sehingga pengguna tidak perlu stres karena harus mempelajari seluk beluk web hosting.
  4. Mudah untuk Upgrade
    Meskipun Shared hosting adalah opsi paling dasar yang tersedia untuk web hosting, ini juga berarti ada banyak peluang untuk meningkatkan. Jika Anda mulai mendapatkan lebih banyak traffic atau ingin memperluas web, Anda dapat dengan mudah upgrade ke tingkat hosting berikutnya. Ini sesederhana mengirim email ke host Anda.

Kekurangan Menggunakan Shared Hosting

Sebaliknya, menghosting web di shared hosting memiliki beberapa kelemahan. Jika Anda berhati-hati dengan penyedia dan paket yang Anda pilih, ini tidak harus menjadi masalah besar.

  1. issue keamanan
    Keamanan dapat menjadi masalah dengan shared hosting karena setiap web memiliki direktori sendiri tempat file disimpan, semua orang di server berbagi direktori yang sama. Jika seorang hacker berhasil menyusup ke direktori, mereka akan memiliki akses ke file semua orang.
  2. Resource terbatas
    Meskipun berbagi resource berarti biaya yang lebih rendah, hal itu juga membuat rentan terhadap kinerja yang lamban dan kerusakan sistem. Jika semua orang di server memaksimalkan resource mereka, maka akan berdampak pada kinerja web anda yang akan menurun dalam performa kecepatan dan kestabilan.
  3. Dampak potensial pada SEO
    Ini adalah topik yang diperdebatkan dengan hangat sampai dengan saat ini, tetapi percobaan baru-baru ini tentang shared hosting jangka panjang mengungkapkan bahwa hosting web di shared hosting dapat berdampak negatif pada Search engine optimization jika Anda berada di ‘server yang buruk’ dengan situs web berisi spam.

Kesimpulan

Di atas sudah kami bahas Terkait shared hosting mulai dari apa itu shared hosting,cara kerja hingga kekurangan dan kelebihan nya.

Pada intinya shared hosting sangatlah cocok untuk anda yang seorang pemula dalam dunia hosting dan belum memiliki pengetahuan lebih terkait hosting.

Demikian panduan terkait Apa Itu Shared Hosting dan Bagaimana Cara Kerjanya ?, semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *