Apa Itu CDN?

Sangat penting untuk memahami arti CDN atau Content Delivery Network bagi Anda yang sedang berusaha meningkatkan performa kinerja aplikasi cloud dan media streaming sebagai sarana untuk meningkatkan performa kestabilan dan kecepatan akses ke konten aplikasi atau web media streaming Anda.

CDN adalah teknologi yang mampu memastikan keberadaan content static Anda, seperti gambar, CSS, JavaScript, video, dan sebagainya agar dapat diakses lebih cepat. Caranya dengan menyalurkan dari lokasi yang paling dekat dengan pengunjung Anda sehingga dapat meningkatkan waktu respon server.

Content Delivery Network sangat berguna untuk website yang berskala besar, yakni yang memiliki banyak konten. Sebenarnya semua website tetap dapat menggunakan CDN untuk meningkatkan performa website.

CDN adalah …..

CDN adalah sebuah sistem jaringan server untuk mendistribusikan konten yang ada di dalam sebuah aplikasi atau web ke berbagai pengakses di berbagai belahan dunia agar data atau konten yang dikirim dapat diterima dengan lebih cepat.

CDN diperuntukkan untuk website atau aplikasi yang pengaksesnya dari berbagai belahan dunia. Meskipun server berada di Indonesia, jika ada pengunjung dari Eropa maka dengan menggunakan CDN bukan lagi server Indonesia (tempat web Anda) yang melakukan respon tetapi server CDN yang berada di Eropa.

Begitu juga jika ada pengunjung yang berasal dari USA maka server CDN USA yang melakukan repon ke pengunjung tersebut. Hal ini menggambarkan bahwa secara otomatis server CDN akan merespon dengan server yang terdekat dengan pengunjung.

Apa Fungsi CDN?

Fungsi Content Delivery Network dalam hal ini adalah meminimalisir waktu unduh yang dibutuhkan oleh klien. Hal ini dikarenakan CDN sendiri adalah jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, server yang terdekat dengan klien akan diprioritaskan untuk mengirimkan file yang diminta.

Fungsi CDN cocok bagi Anda yang menginginkan:

  1. Mempunyai website dengan pengunjung dari berbagai negara di belahan dunia manapun.
  2. Mempunyai website yang dapat dibuka dari negara manapun dengan sangat cepat.
  3. Mempunyai web dengan pemakaian resources yang minim tanpa suspend meskipun limitasi provider hosting.
  4. Layanan CDN baik digunakan untuk website corporate atau personal yang ingin konten website, file download, dan streaming dapat berjalan lebih lancar dan lebih cepat.

Kegunaan CDN secara umum adalah:

  • Mengurangi penggunaan bandwidth baik dari sisi pengguna maupun penyedia konten.
  • Menyeimbangkan beban kerja di antara beberapa server.
  • Memblokir spammer, scraper, dan bot negatif lainnya.
  • Melokalisasi cakupan pengguna tanpa biaya.
  • Melindungi website dari serangan DDos.
  • Menangani beban traffic yang tinggi.

Lalu Apa Sih Kelebihan dari CDN?

  • Mempercepatakses sebuah website.
  • Dapat menekan penggunaan bandwith.
  • Menampungtraffik yang tinggi (berguna bagi yang pengunjungnya sampai ribuan atau jutaan perhari).
  • Mengurangiresiko down.

3 Jenis Blok CDN

Berikut beberapa blok CDN yang wajib diketahui agar dapat lebih memahami arti CDN:

  1. Point of Presence (PoP)

PoP CDN merupakan server cache yang secara strategis ditempatkan pada data center sesuai geografis para pengguna yang berperan untuk melakukan penyampaian konten ke pengguna di lokasi geografis di mana data center tersebut berada. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi waktu round-trip dengan mengalihkan akses yang diminta pengguna ke lokasi server di data center terdekat dengan lokasi pengguna tersebut.

  1. Server Cache

Berperan sebagai penyimpanan duplikasi konten dari server pusat yang akan diakses oleh para pengguna di lokasi geografis tertentu. Hal ini agar akses membuka tiap halaman website atau aplikasi dapat lebih cepat dan tentunya mengurangi penggunaan bandwidth dari sisi pengguna maupun dari sisi penyedia content.

  1. SSD/HDD + RAM

Dalam Server Cache CDN, file disimpan pada sebuah hard disk jenis solid-state atau di sebuah RAM. RAM yang paling baik digunakan untuk performa kecepatan.

CDN tidak hanya merujuk pada salah satu tipe website atau hosting saja. Melainkan semua layanan hosting dapat menggunakan CDN untuk memaksimalkan kinerja website mereka. Jadi Anda tidak perlu khawatir apakah hosting Anda dapat atau tidak untuk menggunakan CDN.

Di Jetorbit sebagai penyedia hosting yang telah berdiri sejak 2012 menyediakan berbagai macam paket hosting yang dapat Anda gunakan dengan harga terjangkau. Kami menyediakan hosting dengan teknologi SSD dan Webserver Litespeed yang menjamin website Anda lebih cepat diakses. Selain itu, disertai dengan garansi uptime 99,9% dan cloud backup sehingga menjadikan Anda lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas pada website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Bagikan