perkembangan microsoft

Hampir semua orang yang menggunakan komputer menggunakan sistem operasi Windows. Sejak awal diciptakan, Windows selalu mengalami perkembangan ke versi lainnya dengan kualitas yang semakin ditingkatkan. Tidak ada salahnya Anda memahami terkait perkembangan Microsoft Windows itu sendiri.

Berikut ini merupakan perkembangan Micorosft Windows dari masa ke masa:

  1. Windows 1.0 (1985)

Windows ini merupakan versi pertama dan dirilis pada 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas sehingga kurang populer di pasaran. Windows 1.0 bukan sebuah sistem operasi yang lengkap namun hanya memperluas kemampuan MS DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Windows 1.0 pun memiliki masalah dan kelemahan yang sama dengan MS DOS.

  1. Windows 2.0 (1987)

Pada versi ini, penggunaan kartu grafis VGA mulai diperkenalkan sehingga Windows 2.0 mampu menampilkan resolusi lebih baik dari versi sebelumnya. Program aplikasi tambahan yang disertakan adalah Microsoft Excel dan Microsoft Word.  Program aplikasi yang dapat diinstal di sistem operasi ini adalah Corel Draw dan Pagemarker.

  1. Windows 3.0 dan 3.1 (1990 dan 1992)

Windows 3.0 menawarkan peningkatan performa, advanced graphic dengan dukungan 16-colors, dan dukungan penuh processor yang lebih kuat dari Intel 386. Selanjutnya versi update Windows 3.1, dirilis pada tahun 1992. Versi ini dilengkapi dengan font TrueType. Hal ini membuat Windows pertama kalinya menyediakan sebuah desktop publishing platform yang fungsional.

  1. Windows for Workgroups (1992)

Ide untuk mengeluarkan system operasi berbasis workgroups sudah dimunculkan pada Windows 3.1. Namun pengembangan lebih lanjut dilakukan di versi 3.1.1. Versi ini merupakan pioneer dari sistem operasi Windows yang berbasis jaringan (network).

  1. Windows NT

Pengembangan Windows kemudian berlanjut ke Windows NT. Arsitek utama dari Windows NT adalah Dave Cutler, merupakan salah satu dari pemimpin arsitek sistem operasi VMS di perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC). DEC sendiri kemudian dibeli oleh Compaq, yang sekarang bagian dari Hewlett-Packard.

  1. Windows 95 (1995)

Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP (Transmission Control Protocol) / IP (Internet Protocol) serta sudah mendukung jaringan Internet, dial-up networking, dan dukungan Plug and Play yang mana kita bisa menginstall device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya. Versi 32-bit dari Windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multimedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan networking yang sudah diintegrasikan.

  1. Windows 98 (1998)

Windows 98 mulai dipasarkan pada 25 Juni 1998. Di versi inilah Windows mulai support dengan port USB secara besar-besaran, seperti USB hub, USB scanner, USB mouse, USB keyboard, USB joystick, dan berbagai device USB lainnya.

  1. Windows Millenium Edition (ME) (2000)

Windows ME dirancang khusus bagi pengguna komputer rumahan. Namun versi ini kurang disukai oleh masyarakat karena banyak isu yang beredar bahwa windows ME tidak sekompatibel Windows 98 SE dalam menjalankan beberapa aplikasi tambahan.

  1. Windows Experience (XP) (2001)

Windows XP merupakan peningkatan dari Windows 2000, membawa reliabilitas tinggi, keamanan, dan performa. Windows XP memiliki fitur untuk bisnis dan home computing, termasuk remote desktop connection, file system yang dapat di-enkrip, System Restore, dan advanced networking. Untuk pengguna Mobile terdapat dukungan wireless 802.1x network, Windows Messenger, dan Remote Assistance.

  1. Windows Vista (2007)

Fitur-fitur pada Windows Vista telah banyak dikembangkan, terutama bagian user interface. Kemampuan sekuritas juga ditambahkan sehingga Microsoft mengklaim versi terbarunya ini lebih stabil, aman, dan memanjakan pengguna komputer meskipun menurut orang-orang, hal itu sudah ada di Windows XP.

  1. Windows 7 (2010)

Microsoft membuat Windows 7 lebih handal dibandingkan dengan Windows Vista. Selain itu, tingkat responsivitas Windows 7 lebih ditingkatkan serta membuat proses booting dan shutdown lebih cepat lagi. Pengguna komputer diharapkan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas sehari-hari, membuat koneksi dan sikronisasi antarperangkat dengan lebih mudah, dan menjelajah dunia internet dengan lebih memuaskan.

  1. Windows 8 (2009)

Windows 8 sebenarnya sudah mulai dikembangkan pada tahun 2009 (sebelum Windows 7 dirilis). Tanggal 13 September 2011, build 8102 (Windows 8 Developer Preview) dirilis ke publik. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro, dan sejumlah sampel aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft. Pada tanggal 29 Februari 2012, Microsoft meluncurkan Windows 8 Consumer Preview, versi beta dari Windows 8, build 8250. Untuk pertama kalinya sejak Windows 95, tombol Start tidak lagi muncul di taskbar meski layar Start masih harus dibuka dengan mengklik sudut kiri bawah layar dan tombol Start di kotak Charm.

  1. Windows 8.1 (2013)

Rilis selanjutnya adalah Windows 8.1, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blue. Tanggal 26 Juni 2013, build 9431 (Windows 8.1 Free Preview) dirilis ke publik. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi dengan tombol Start baru, booting langsung ke desktop, layar kunci yang disempurnakan, dan sejumlah aplikasi Metro yang baru.

  1. Windows 10 (2015)

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan terkait antarmuka pengguna saat  pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8, dengan cara menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop).

Termasuk dengan kembalinya menu Start yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela di desktop daripada modus layar penuh.

Bagi Anda yang sehari-hari berkutik di depan komputer, Anda harus paham terkait jenis virus komputer berbahaya demi keamanan data dan kenyamanan Anda tentunya dan Anda bisa klik https://www.jetorbit.com/blog/mengenal-jenis-virus-komputer-berbahaya/

Dewasa ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki website, ada berbagai jasa pembuatan website dengan harga bersaing. Perusahaan dapat menggunakan jasa tersebut untuk membangun sebuah website.

Meski harga pembuatan website saat ini bisa dikatakan harganya bersaing namun pengeluaran dana untuk memajukan perusahaan akan terasa worth. Apalagi untuk perusahaan yang cukup besar, sangat disayangkan jika tidak memiliki website karena manfaat besar yang diperoleh jika memiliki website.

Ketika membuat website, akan dibutuhkan domain dan hosting.

Jetorbit adalah salah satu perusahaan jasa penyediaan domain dan hosting dengan harga terjangkau. Pelayanannya bagus, cepat, dan 24 jam. Jika sudah membeli domain, Anda akan mendapatkan email sendiri, seperti [email protected] dan ini lebih professional daripada memakai Gmail atau Yahoo.

Jetorbit menyediakan ragam pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di Jetorbit, apabila membeli paketan maka akan mendapatkan domain gratis. Jadi, bisa sekalian hosting dengan harga murah dan mendapatkan domain gratis. Ini cocok sekali digunakan untuk pemula, UKM, dan profil.

Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.1 / 5. Jumlah rate 7

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “Perkembangan Microsoft Windows dari Masa ke Masa”

  1. […] Hard Disk Drive pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan komputer bernama IBM dalam rangka untuk menyimpan file di sebuah komputer yang mana akan menggunakan piringan magnetik yang berputar untuk menulis dan menyimpan data tersebut. Terkait komputer, kami kasih link tentang perkembangan komputer sebagai referensi tambahan https://www.jetorbit.com/blog/perkembangan-microsoft-windows-dari-masa-ke-masa/ […]

  2. […] yang ingin tahu perkembangan Microsoft Windows dari masa ke masa, langsung saja klik link berikut https://www.jetorbit.com/blog/perkembangan-microsoft-windows-dari-masa-ke-masa/ […]

Leave a Comment