SSD vs HDD

Penyimpanan internal komputer atau hardisk pada dasarnya mempunyai jenis yang beragam. Sedikitnya mempunyai dua jenis, yaitu SSD dan HDD. Kedua jenis penyimpanan internal komputer tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Apa Itu SSD?

SSD (Solid State Drive) merupakan inovasi terbaru dalam bidang penyimpanan data komputer pada dewasa ini. SSD juga menjadi salah satu alternatif penyimpanan internal komputer selain HDD (Hard Disk Drive).

Terkait fisik, sekilas SSD terlihat sama dengan flash drive namun yang membedakan hanyalah dimensi SSD tergolong lebih besar dan lebih kompleks dibandingkan dengan flash drive. Chip memori yang terdapat di SSD juga mempunyai kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan flash drive.

HDD menyimpan data di dalam lapisan magnetik sedangkan SSD menyimpan data di chip memori flash yang saling terhubung. Chip memori yang terdapat pada SSD akan tertanam secara permanen pada komponen motherboard meskipun ada sebagian dari SSD yang tersimpan pada kotak yang bentuknya mirip dengan HDD.

Kelebihan SSD

  • Booting Sistem Operasi lebih cepat
  • Aman terhadap gaya magnetic
  • Transfer File Lebih Cepat
  • Kecepatan sangat cepat
  • Multitasking
  • Ringan

Kekurangan SSD

  • Harganya masih terbilang mahal

Apa Itu HDD?

Hard Disk Drive pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan komputer bernama IBM dalam rangka untuk menyimpan file di sebuah komputer yang mana akan menggunakan piringan magnetik yang berputar untuk menulis dan menyimpan data tersebut. Terkait komputer, kami kasih link tentang perkembangan komputer sebagai referensi tambahan https://www.jetorbit.com/blog/perkembangan-microsoft-windows-dari-masa-ke-masa/

Seiring bertambahnya zaman, membuat teknologi perangkat HDD berkembang pesat bahkan yang awalnya menyimpan data dalam satuan bytes (B), sekarang telah berkembang hingga terabyte (TB).

Masih banyaknya produsen komputer dan laptop di dunia yang masih mempercayakan penyimpanan data produknya kepada HDD, hal ini sebenarnya membuktikan bahwa HDD belum tergantikan.

HDD lebih dipercaya karena kapasitas jauh lebih besar dibandingkan SSD. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan HDD sehingga membuat orang lebih banyak memilih HDD dibandingkan SSD.

Kelebihan HDD

  • Harganya murah
  • Kapasitas Besar

Kekurangan HDD

  • Kecepatan tidak secepat SSD
  • Berisik
  • Cepat Rusak

Jadi intinya pemilihan SSD atau HDD bergantung ke selera dan tujuan pengguna masing-masing.

Dewasa ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki website, ada berbagai jasa pembuatan website dengan harga bersaing. Perusahaan dapat menggunakan jasa tersebut untuk membangun sebuah website.

Meski harga pembuatan website saat ini bisa dikatakan harganya bersaing namun pengeluaran dana untuk memajukan perusahaan akan terasa worth. Apalagi untuk perusahaan yang cukup besar, sangat disayangkan jika tidak memiliki website karena manfaat besar yang diperoleh jika memiliki website.

Jetorbit menyediakan ragam pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di Jetorbit, apabila membeli paketan maka akan mendapatkan domain gratis. Jadi, bisa sekalian hosting dengan harga murah dan mendapatkan domain gratis. Ini cocok sekali digunakan untuk pemula, UKM, dan profil.

Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan sukses selalu ?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment