Salah satu penyebab terbesar komputer rusak dan eror adalah saat komputer terkena virus. Virus pada komputer ini tidak hanya menyebabkan komputer atau suatu program eror tapi juga menyebabkan file atau dokumen Anda terancam keberadaannya. Baca sampai selesai yuk tentang Mengenal Jenis Virus Komputer Berbahaya.

Virus komputer biasanya diciptakan untuk tujuan yang yang buruk. Efek buruk yang ditimbulkan oleh virus komputer dengan ia memperbanyak dirinya sendiri adalah memori hardisk dan ram menjadi kecil.

Hal ini menjadikan komputer sering lemot, hang atau freeze lalu mengubah format ekstensi pada file dan program yang membuat program atau file tersebut tidak dapat digunakan serta dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. Selain itu, virus dapat merusak komponen hardware pada komputer.

Berikut penjelasan mengenai jenis nama virus komputer dan malware komputer terbaru serta cara penyebarannya yang bisa Anda ketahui:

  1. Virus Trojan

Virus trojan adalah macam jenis nama virus komputer yang dibuat untuk tujuan mencuri data dan mengendalikan data yang ada di dalam komputer. Pada dasarnya trojan bukan sejenis virus namun karena sifat trojan ini sangat menganggu maka orang-orang memasukkan ke dalam golongan virus komputer.

Lokasi penyebaran yang utama adalah akses yang terhubung ke internet, seperti email dan data pribadi yang tidak dipassword. Untuk mengatasinya yaitu dengan antivirus khusus untuk trojan, seperti Trojan remover dan Trojan hunter.

  1. Virus Worm

Virus worm adalah sejenis program yang dapat menggandakan diri. Secara umum worm tidak menginfeksi namun keberadaannya cukup berbahaya yang mana worm mampu menggandakan diri dengan cepat. Akibatnya, apabila  komputer yang terserang worm dalam waktu cukup lama, dapat membuat sistem komputer menjadi rapuh karena worm akan memenuhi data dalam memori dan hardisk komputer.

Lokasi penyebarannya melalui email dan jaringan internet. Mengatasi virus worm dapat menggunakan antivirus biasa namun akan lebih optimal jika menggunakan antivirus pro.

  1. Memory Resident Virus

Jenis virus komputer ini dibuat untuk menginfeksi RAM. Dengan kata lain, virus ini berada di dalam memori komputer. Memory Resident Virus biasanya akan aktif jika sistem operasi komputer dinyalakan.

Keberadaan virus ini akan mengganggu program komputer yang seharusnya berjalan secara normal. Efek yang ditimbulkan dari keberadaan memory resident virus adalah akan membuat sistem operasi komputer menjadi lemot.

  1. Web Scripting Virus

Web scripting virus adalah sebuah kode program yang digunakan untuk mempercantik konten dalam website. Namun kode ini yang justru akan mengganggu program. Biasanya virus ini akan muncul saat terhubung dengan internet.

Sistem proteksi dapat dilakukan dengan menginstall Microsoft Tool bawaan Windows. Anda hanya perlu melakukan scan secara teratur menggunakan aplikasi ini.

  1. Multipartite Virus

Jenis nama virus komputer ini bersembunyi dalam RAM yang nantinya akan menginfeksi  sistem operasi tertentu kemudian menginfeksi hardisk. Cara mengatasinya dengan cara membersihkan adanya bad sector dan lakukan disk defragmenter (jika menggunakan OS windows).

  1. FAT Virus

FAT (File Allocation Table) adalah jenis virus komputer yang bertujuan untuk merusak file. Biasanya virus ini akan bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi yang mana kemampuan virus ini adalah menyembunyikan file penting sehingga seakan-akan file tersebut hilang karena sulit untuk dicari.

Pencegahannya dengan cara amati saja dan perhatikan data yang tersimpan di dalam hardisk. Apabila Anda mencurigai adanya file yang tidak pernah kita buat untuk disimpan, berarti itu adalah FAT virus.

  1. Companion Virus

Companion virus merupakan jenis virus yang dapat mengganggu data pribadi. Virus ini akan bersembunyi di dalam hardisk yang mana kemampuan virus ini akan membuat ekstensi yang berbeda dari ekstensi file yang asli. Biasanya di dalam hardisk akan berkumpul dengan file baru.

  1. Polymorpic Virus

Polymorpic virus merupakan jenis virus yang berkemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda saat menginfeksi sistem. Virus ini bisa dikatakan virus yang pintar karena virus ini dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga membuat sulit dideteksi oleh antivirus.

  1. Directory Virus

Jenis virus ini memiliki kemampuan menginfeksi file dengan ekstensi exe atau com lalu file tersebut akan dipindahkan. Saat file dijalankan maka secara otomatis virus ini akan terdeteksi dan akan menginfeksi sistem yang lain.

  1. Macro Virus

Macro Virus adalah jenis nama virus yang memiliki tingkah laku yang sama dengan kebanyakan virus. Namun virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman suatu aplikasi, bukan bahasa pemrograman suatu sistem operasi, misalnya macro yang terdapat di dalam microsoft word.

  1. Boot sector Virus

Bad sector adalah jenis virus yang dibuat untuk menginfeksi bagian terkecil dalam hardisk (sektor boot). Boot sector virus biasanya bersembunyi dalam floppy disk.

  1. Overwrite Virus

Overwrite virus adalah jenis virus yang memiliki kemampuan untuk menghapus file atau data tanpa mengubah ukuran file tersebut sehingga pengguna tidak akan merasa curiga terkait keberadaannya.

  1. Direct Action Virus

Direct Action Virus adalah virus yang menginfeksi file AUTOXEC BAT yang mana file ini terletak pada directory hardisk dengan kemampuan menginfeksi perangkat eksternal.

Itulah penjelasan mengenai jenis virus komputer komputer berbahaya. Semoga dapat memberikan manfaat ?

 

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

5 responses to “Mengenal Jenis Virus Komputer Berbahaya”

  1. […] Bagi Anda yang sehari-hari berkutik di depan komputer, Anda harus paham terkait jenis virus komputer berbahaya demi keamanan data dan kenyamanan Anda tentunya dan Anda bisa klik https://www.jetorbit.com/blog/mengenal-jenis-virus-komputer-berbahaya/ […]

  2. […] tidak ada salahnya Anda mengetahui virus-virus berbahaya bagi komputer Anda yang bisa Anda baca di https://www.jetorbit.com/blog/mengenal-jenis-virus-komputer-berbahaya/ […]

  3. […] Selanjutnya, Anda juga perlu tahu terkait jenis virus komputer yang berbahaya. Langsung saja klik link berikut https://www.jetorbit.com/blog/mengenal-jenis-virus-komputer-berbahaya/ […]

  4. […] Perlu diketahui bahwa Trojan tak seperti virus pada umumnya yang mereplikasi dirinya sendiri. Trojan biasanya ‘membuka pintu’ atau celah pada sistem dan bisa mengakibatkan kerusakan besar. Nah, phishing adalah salah satu akibat yang bisa timbul dari virus ini. […]

    1. silvia Avatar

      terima kasih udah mampir ke blog kami 🙂

Leave a Comment