Pengertian Iklan Display, Jenis, Keuntungan, dan Contoh

Pengertian Iklan Display, Jenis, Keuntungan, dan Contoh

Sharing is caring!

Dewasa ini para pelaku usaha baik bisnis kecil, menengah atau skala perusahaan tengah berlomba-lomba bersaing dalam dunia periklanan. Tentunya konten iklan yang berkualitas sangat penting dibuat demi meraih perhatian dari pelanggan atau pembaca. Tak usah lama-lama, simak sampai tuntas yuk Pengertian Iklan Display, Jenis, Keuntungan, dan Contoh

Pengertian Iklan Display

Ada banyak definisi terkait apa ituiklan display. Salah satunya menyebut bahwa iklan display adalah iklan yang ditampilkan pada web, aplikasi atau media sosial, melalui spanduk atau format iklan lainnya. Bentuk iklannya bisa disusun atas gambar, video, audio, teks atau gabungan di antaranya.

Iklan display biasanya menyimpan link yang diarahkan ke halaman tertentu. Ketika ada seseorang yang mengklik gambar display tersebut maka akan langsung otomatis menuju halaman yang sudah di-setting oleh pembuatnya.

Tujuannya beragam, misalnya untuk melakukan suatu tindakan tertentu seperti membeli produk atau menggunakan jasa. Selain itu, salah satu tujuan dibuatnya iklan display, yaitu untuk membangun sebuah brand awareness kepada calon pembeli.

Jenis-jenis Iklan Display

Display advertising biasanya ditempatkan di situs web pihak ketiga yang relevan dalam bentuk banner advertising, gambar, dan teks. 

Display advertising adalah istilah umum yang mencakup setiap iklan visual yang ditempatkan di situs web tetapi dapat dibagi menjadi tiga kategori dasar:

Site Placement Advertising 

Dalam jenis iklan bergambar ini, pengiklan atau pemasar memilih situs web tempat mereka ingin menjalankan iklan bergambar.

Contextual Advertising 

Dalam jenis iklan bergambar ini, jaringan akan menempatkan iklan di situs web yang relevan, misalnya menampilkan iklan makanan sehat di situs web pola hidup sehat.

Remarketing 

Display advertising dalam remarketing muncul di depan pengguna yang telah mengunjungi situs web atau post-click landing page kalian tetapi langsung pergi tanpa menyelesaikan sasaran konversi yang tepat baginya.

Biasanya iklan pencarian yang menggunakan pendekatan pull di saat pengguna secara aktif mencari produk atau layanan yang serupa dengan milik kalian.

Nah, display advertising menggunakan pendekatan push agar pengguna yang melihat iklan bergambar milik kalian ditargetkan secara sengaja untuk iklan tersebut. Hal ini bisa terjadi baik karena kampanye remarketing atau mungkin mereka telah menjelajahi situs web yang relevan dengan penawaran kalian.

Keuntungan Menggunakan Iklan Display

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari iklan display, terutama jika kalian adalah penjual. Di antara kegunaan iklan display adalah:

1. Lebih menarik

Seiring perkembangan zaman, banyak orang yang bosan dengan model iklan yang biasa. Iklan display lebih menarik audiens karena kombinasi advertising yang digunakan, dari gambar, teks, hingga URL. Apalagi saat ini banyak pembuat iklan display yang diberi warna dan gambar yang serasi, berwarna, dan eye-catching.

2. Iklan variatif

Iklan display tersedia pada berbagai ukuran, bentuk, dan format. Bisa memilih gambar dan URL saja atau perpaduan antara gambar, teks yang memikat dan URL. Bisa hanya iklan statis atau justru video singkat yang memikat calon pembeli. Kalian bisa menyesuaikan format dan gaya iklan display sesuai dengan tujuan awal membuat iklan.

3. Pesan langsung tersampaikan

Dengan bahasa yang singkat dan padat sekaligus mampu memikat audiens dan langsung pada tujuannya atau informasinya, tanpa bertele-tele. Iklan audiens adalah sajian dengan jumlah teks yang sedikit sehingga pesan tetap tersampaikan dan audiens tidak bosan membaca.

4. Jangkauan luas

Kehadiran Google Display Network (GDN) sangat menguntungkan. Sebab, bisa mengakses banyak situs hanya melalui akun Google Ads yang kalian miliki. Selain itu, kalian juga terhubung dengan calon pembeli di luar negeri. Ketika kalian bisa membuat iklan display dan setting yang benar, bukan tidak mungkin iklan tersebut menjangkau ke seluruh dunia.

5. Ketepatan penargetan

Luasnya jangkauan GDN juga menjadi keuntungan yang lebih karena kalian bisa menargetkan audiens yang sesuai serta penempatan iklan di situs yang lebih tepat. Kalian bisa melakukan penargetan sesuai segmen yang dipilih. Bisa berdasarkan demografis maupun geografisnya, interaksi, perilaku, bahasa, dan sebagainya bahkan berdasarkan minat spesifik pada target audiens yang ditentukan.

Kalian juga bisa melakukan penargetan dengan mempersempit audiens sehingga akan mendapatkan audiens yang lebih tepat dengan tujuan. Menurut penelitian, ketepatan penargetan meningkatkan 70% audiens untuk membeli produk kalian.

6. Hasil bisa dilacak dan lebih terukur

Jika iklan biasa tidak bisa dilihat bagaimana progress yang terjadi maka tidak dengan iklan display. Iklan display lebih terukur, dari mulai berapa tayangan, konversi, jumlah klik hingga cost per click (CPC). Iklan display lebih terukur berkat adanya Google Ads, Google Analytics, dan media sejenis. Jika kalian membuat beberapa iklan display untuk satu produk, bisa lebih terukur, iklan mana yang lebih potensial dan menghasilkan pembelian.

7. Engagement meningkat

Dikarenakan iklan display menarik, menjangkau luas, dan tepat dalam penargetan maka interaksi audiens (engagement) juga akan meningkat. Misalnya, like, comment, hingga direct messenger. Dengan iklan display, engagement bisa meningkat sampai dengan 60%.

8. Membangun kesadaran merek (brand awareness)

Salah satu keuntungan iklan display yang kurang diperhatikan adalah membantu audiens atau calon pembeli dalam membangun kesadaran merek. Iklan display memungkinkan untuk membuat seseorang yang tidak pernah membutuhkan sebuah produk, sebelum mengingat mereknya.

Dengan iklan display, kalian bisa membuat orang-orang tersebut menjadi ingat dengan merek kalian, terutama saat mereka butuh, loh. Produk dan merek kalian akan lebih dikenal. Seperti menurut hasil riset, iklan display mampu membangun awareness hingga 1046%.

7 Contoh Iklan Display Beserta Gambar dan Penjelasannya

Agar lebih paham bagaimana bentuk iklan display, kalian bisa melihat banyak contohnya. Berikut ini 7 contoh iklan display :

1. Produk Makanan

Untuk menawarkan sebuah produk makanan maka diperlukan gambar produk makanan yang menarik. Mulai dari tampilan, bentuk makanan hingga pembugkus makanan tersebut. Dalam produk makanan biasanya dicantumkan pula label halal.

pengertian iklan display

Silakan berikan kesan yang menarik pada saat membuat contoh iklan display makanan. Bisa dengan memberikan tips makanan yang sehat, kandungan dari produk makanan yang di iklankan. Serta berikan promo menarik pada awal launching makanan tersebut.

Contoh iklan display produk makanan bisa ditampilkan dengan posisi vertikal, dengan komposisi gambar serta tulisan yang hampir sama banyaknya, misalnya, “Crepez Crezzy, Yumyy dan Kriuk Saat Digigit.” Dibutuhkan kalimat yang mengundang masyarakat untuk membeli produk tersebut.

2. Produk Minuman

Berbagai macam jenis minuman yang dikemas dalam botol dengan berbagai varian rasa pula menjadikan persaingan di dunia bisnis minuman. Harus memiliki inovasi dan ide yang kreatif dalam hal penyajian minuman.

produk minuman

Pada contoh iklan display minuman yang akan ditampilkan adalah visualisasi kemasan minuman tersebut apakah terlihat menarik serta tulisan pendukung wajib dicantumkan agar masyarakat semakin tertarik untuk membeli.

3. E-commercial Produk Promosi

Maraknya E-commercial pada berbagai macam situs online, menjadikan contoh iklan display sangat penting untuk dipajang ke khalayak. Poin paling utama dalam menonjolkan situs E-commerce adalah promo yang ditawarkan ditulis besar dan dominan.

produk promosi

Masyarakat akan melihat informasi yang didapat secara langsung kemudian akan memanfaatkan diskon tersebut untuk masuk ke web e-commerce. Maka penampilan iklan bisa dengan versi gambar dipadukan dengan tulisan disusun secara horizontal.

4. Produk Kendaraan

Semakin gencarnya pengguna kendaraan di masyarakat semakin banyak produksi yang dihasilkan oleh perusahaan untuk menciptakan inovasi kendaraan-kendaraan baru, seperti, mobil, motor hingga sepeda listrik. Masyarakat kini cenderung harus memiliki kendaraan pribadi untuk dipakai sehari-hari.

produk kendaraan

Pentingnya contoh iklan display bagi produk kendaraan biasanya untuk meningkatkan layanan penjualan unit. Pada iklan display kendaraan akan dibuat sedetail dan semenarik mungkin memvisualisasikan gambar kendaraan dengan berbagai detail keterangan serta kelebihannya.

5. Properti

Pada pemasangan contoh iklan display yang paling sering digunakan adalah bisnis properti. Hal ini karena dalam mengiklankan properti diperlukan visualisai gambar yang menarik, seperti bangunan rumah dengan denah, serta bagian-bagian rumah pun ditampilkan di iklan tersebut.

properti

Biasanya dalam tampilan display iklan properti juga dicantumkan detail ukuran rumah, fasilitas serta harga rumah dan DP. Bahkan jika ada promosi menarik pun menjadi nilai plus untuk dilirik masyarakat.

6. EO dan Wedding Organizer

Bisnis paling laris yaitu EO dan Wedding Organizer. Bisnis ini juga membutuhkan iklan display sebagai bahan promosi kepada masyarakat. Dengan adanya contoh iklan display wedding organizer, tentu membantu masyarakat dalam memilih serta merencanakan pernikahan dengan low budget.

WO


Penampilan iklan EO dan Wedding Organizer biasanya menekankan pada tampilan tema pernikahan, catering hingga busana pengantin yang begitu beragam. Visualisasi tersebut juga menampilkan detail harga paket EO dan WO menjadi satu, dengan harapan masyarakat akan tergiur dengan harga paketan pernikahan yang ditawarkan.

7. Tour dan Travel

Bisnis Tour dan Travel akan semakin berkembang jika memasang iklan pada media cetak serta media online. Hal ini karena dengan pemasangan iklan diharapkan masyarakat mengenal dan tertarik menggunakan jasa tour dan travel yang ditawarkan.

pengertian iklan display

Dengan adanya contoh iklan display memudahkan pengelola tour dan travel untuk mempromosikan produk jasanya ke masyarakat. Misalnya saja dengan memberikan visualisasi gambar yang menarik pada iklan display.

Selanjutnya, silakan berikan promo bagi rombongan atau diskon voucher akomodasi. Dengan begitu, masyarakat akan tertarik dengan paket tour yang ditawarkan serta menggunakan unit travel yang diiklankan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa di era digital seperti sekarang ini, iklan display adalah salah satu bentuk promosi yang bagus karena bisa langsung tertuju ke calon konsumen yang tepat. Tak hanya produk, jika kalian punya keahlian dalam bidang digital, kalian juga bisa mengiklankan diri kalian, loh.

Siapa nih yang mau dapat uang jajan tambahan? Wah, kalian mesti  gabung ke Afiliasi Jetorbit. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Iklan Display, Jenis, Keuntungan, dan Contoh
Artikel
Pengertian Iklan Display, Jenis, Keuntungan, dan Contoh
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Konten iklan berkualitas sangat penting dibuat demi meraih perhatian konsumen. Baca ya Pengertian Iklan Display, Jenis, Keuntungan, dan Contoh
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like